window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Menperin Ungkap Ada Mobil Listrik Baru yang Mau Masuk Indonesia, Siap Bikin Pabrik Juga, Chery?

Adit · 18 Mar, 2022 15:10

Menperin Ungkap Ada Mobil Listrik Baru yang Mau Masuk Indonesia, Siap Bikin Pabrik Juga, Chery? 01

  • Menperin dan Gaikindo mengungkap ada pabrikan mobil listrik baru yang siap masuk Indonesia tahun ini
  • Mereknya masih dirahasiakan, jadi belum bisa terkuak.
  • Salah satu kemungkinannya adalah Chery yang akan memboyong Chery EQ1

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa akan ada pabrikan mobil listrik baru di Indonesia. Merek itu nantinya bahkan akan memiliki fasilitas produksi dalam negeri. 

Sayangnya Menperin belum bersedia mengungkap identitas perusahaan otomotif tersebut. Namun yang pasti, dirinya telah mengetahui komitmen pabrikan tersebut, bahwa bakal berpatisipasi dalam percepatan ekosistem kendaraan ramah lingkungan di Indonesia

Menperin Ungkap Ada Mobil Listrik Baru yang Mau Masuk Indonesia, Siap Bikin Pabrik Juga, Chery? 02

Pemerintah terus genjot populasi mobil listrik

Baca Juga: Masuk Era Elektrifikasi, Sebaiknya Pilih Mobil Hybrid atau Sekalian Mobil Listrik?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

"Saya sudah mendapat laporan dari Gaikindo dan saya sudah bertemu presiden direktur mereka, yang sudah melaporkan bahwa mereka siap produksi mobil listrik mulai akhir 2022," terang Menperin beberapa waktu lalu.

Agus mengatakan juga sudah mengunjungi pabrik mobil setrum yang dimaksud. "Sampai saya mengunjungi fasilitasnya, sampai saya yakin, saya tidak akan menyampaikan kepada publik. Mereka betul akan produksi mobil listrik, baru nanti akan saya sampaikan," lanjutnya. 

Menperin Ungkap Ada Mobil Listrik Baru yang Mau Masuk Indonesia, Siap Bikin Pabrik Juga, Chery? 01

Apakah yang dimaksud mobil listrik Chery?

Baca Juga: 3 Mobil Chery Ini Dipersiapkan Buat Indonesia, Satu Diantaranya Mobil Listrik

Teka-teki Pabrikan Mobil Listrik Baru di Indonesia

Sebelumnya Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi telah mengungkap perihal tersebut di sela-sela pembukaan Jakarta Auto Week 2022. 

"Nanti mulai September 2022 mendatang akan ada mobil listrik produksi dalam negeri lagi, kemudian di Agustus yaitu GIIAS 2022," terang tanpa memberitahukan model maupun pabrikannya. 

Bila menapak tilas sedikit, sebenarnya bisa terungkap beberapa model mobil listrik yang dimaksud. Salah satunya Chery Motor Indonesia yang akan memboyong Chery EQ1, juga berkomitmen ikut andil dalam popularisasi kendaraan listrik. 

Menperin Ungkap Ada Mobil Listrik Baru yang Mau Masuk Indonesia, Siap Bikin Pabrik Juga, Chery? 02

Wuling Mini EV juga siap masuk Indonesia

Model selanjutnya bisa saja datang dari model pabrikan China, yakni Wuling Motors melalui platform GSEV. Beberapa waktu lalu banyak pejabat tinggi negara yang mengunjungi pabrik Wuling di Cikarang, yang siap memproduksi mobil listrik. 

Terakhir adalah Toyota Kijang Innova Hybrid yang sejak lama telah digaungkan Menperin. Kemudian Hyundai Ioniq 5 yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo, kemudian Mitsubishi Xpander Hybrid yang juga bakal diproduksi dalam negeri. 

Beberapa model yang disebutkan terakhir tadi terus menjadi perbincangan jagat otomotif tanah air. Sesuai rencana Ioniq 5 mulai diproduksi pada Maret ini, Kijang Innova Hybrid pada akhir 2022, kemudian Xpander Hybrid pada tahun depan. Jadi, siap-siap mau beli mobil listrik yang mana?

Baca Juga: Listrik Rumah Cuma 2.200 VA Apakah Bisa Ngecas Mobil Listrik?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia