window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Menyibak Ketangguhan Toyota Hilux, Sudah Teruji Puluhan Tahun

Yongki Sanjaya · 18 Jul, 2020 11:00

Menyibak Ketangguhan Toyota Hilux, Sudah Teruji Puluhan Tahun 01

Nama Hilux merupakan legenda hidup dalam jajaran mobil tangguh Toyota. Hilux merupakan mobil truk pikap yang diproduksi untuk menggantikan Toyota Stout, di mana mobil ini sudah hadir sejak 1968 silam. Mobil ini dirancang menggunakan platform IMV yang turut digunakan pada Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner.

Hilux penampilannya gagah dan maskulin dengan hadirnya air dam di bagian kap mesin mobil. Tak hanya itu, Toyota Hilux juga dilengkapi dengan ground clearance yang cukup tinggi sehingga sangat mudah melewati medan off road.

Mobil Pick up Hilux pada pasar Indonesia hadir sebagai mobil bak terbuka, baik itu single atau double cabin. Untuk versi pikap double cabin, menjadi andalan para pekerja tambang dan perkebunan untuk melewati medan terjal.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mobil pick up Toyota Hilux tersedia dalam 6 varian. Secara keseluruhan, harga Toyota Hilux 2020 berkisar dari Rp 259 juta hingga Rp 486 jutaan. Adapun mobil pick up Hilux ini terdiri dari single cabin dan double cabin yang masing-masing berjumlah 3 varian. Harga Hilux double cabin berkisar Rp 427 juta hingga Rp 486 jutaan. Ya, inilah dia harga mobil hilux pick up Indonesia.

Menyibak Ketangguhan Toyota Hilux, Sudah Teruji Puluhan Tahun 01

Kondisi medan jalanan yang seringkali tak terduga, seakan menjadi alasan dibalik maraknya mobil-mobil berjenis pickup SUV dalam satu dasawarsa terakhir. Selain mampu tampil maskulin di segala situasi, mobil berjenis ini pun mampu diandalkan di medan berat.

Adanya bak belakang sekaligus mampu menampung barang bawaan yang cukup banyak atau besar. Berkat konsep pikap SUV yang diusungnya, Toyota Hilux salah satu pick up Indonesia, menjadi sangat berguna bagi para pengusaha atau pekerja di area perkebunan, pertambangan, serta area proyek.

Sejarah Lahirnya Toyota Hilux

Menyibak Ketangguhan Toyota Hilux, Sudah Teruji Puluhan Tahun 02

Toyota Hilux merupakan model global Toyota yang sudah dipercaya untuk digunakan berbagai negara di lima benua, dari Amerika, Eropa, Afrika, hingga Asia-Australia. Dalam sejarahnya, DNA mobil ini dikembangkan dari Toyopet RK23 Truck yang diluncurkan pada tahun 1956 untuk memenuhi kebutuhan konsumen kendaraan komersial.

Tahun 1959, Toyopet RK23 dikembangkan menjadi Toyopet Stout yang menjadi cikal bakal dalam pengembangan Hilux, terutama dalam sisi durabilitas. Generasi pertama Hilux diluncurkan di global pada tahun 1968 dan mendapat sambutan yang baik dari konsumen. Sampai saat ini mobil pick up Hilux sudah memasuki generasi ke delapan dan pengembangannya berada di bawah IMV (Innovative International Purpose Vehicle).

Toyota Hilux Double Cabin, Sangar di Luar Nyaman di Dalam

Menyibak Ketangguhan Toyota Hilux, Sudah Teruji Puluhan Tahun 03

Sisi luar Hilux berpenampilan tangguh, sementara interiornya ternyata tidak berbeda jauh dengan Toyota Fortuner. Toyota Hilux salah satu mobil pick up Indonesia dilengkapi dengan pengaturan tilt steering-teleskopik dan jok elektrik sehingga mampu menghasilkan posisi mengemudi yang nyaman dan ergonomis.

Sementara itu, sistem infotainment sudah memakai layar sentuh dan pengaturan AC Digital sehingga mampu memberikan pengalaman mengemudi yang menyenangkan. Kian mewah, joknya pun sudah terbungkus kulit.

Update Mesin Baru Toyota Hilux Makin Sangar

Menyibak Ketangguhan Toyota Hilux, Sudah Teruji Puluhan Tahun 04

Toyota Hilux generasi terakhir diperkenalkan pada 2015. Toyota Hilux muncul dalam 2 pilihan mesin yaitu 2.0 liter bensin untuk model kabin tunggal, dan 2.5 liter diesel untuk model kabin tunggal serta kabin ganda. Untuk pilihan transmisinya, Hilux kabin tunggal disematkan transmisi manual 5-percepatan, dengan varian extra cabin digunakan transmisi manual 6-percepatan.

Kemudian di tahun 2017 lalu, PT Toyota Astra Motor kembali melakukan penyegaran di sisi teknis. Update yang dilakukan yaitu mengganti mesin diesel 2.5 liter 2 KD-FTV VNT dengan versi 2GD-HI untuk versi Double Cabin.

Ubahan tersebut membuat tenaga Toyota Hilux lebih besar, menjadi 148 Hp dan torsi maksimum 400 Nm. Pada Hilux kabin ganda ini, transmisinya tersedia dua pilihan yaitu manual 6-percepatan dan otomatis 5-percepatan dengan shift sport sequential shiftmatic.

Semua varian Double Cabin 4×4 juga sudah dilengkapi dengan differential lock agar mampu melahap berbagai rintangan jalan. Untuk memudahkan di medan off road, terdapat fitur Hill Start Assist (HSA).

Fitur itu berfungsi membuat kendaraan agar tidak meluncur saat turunan dan tidak mundur saat sedang menanjak. Namun demikian, HSA hanya tersedia khusus pada varian Hilux tipe V saja.

Hilux Single Cab 4X4, Varian Pendukung Kebutuhan Tambang

Menyibak Ketangguhan Toyota Hilux, Sudah Teruji Puluhan Tahun 05

Toyota juga mengembangkan karoseri untuk varian Hilux Single Cabin 4x4 yang didesain khusus bagi kebutuhan di kawasan pertambangan (mining specification). Bagian belakangnya bisa dirombak oleh karoseri sesuai kebutuhan pengguna.

Selain menggunakan ban off road Mud Terrain (MT) 265 R 17, Hilux SC ini juga dilengkapi winch bar forest with LED lamp, heavy duty rear bar, towing mounting, rollbar with strobe and heavy duty reverse alarm dan snorkel menjadikannya sebagai kendaraan yang andal di kawasan pertambangan.

Hilux Sanggup Menerjang Medan Off Road Berat

Menyibak Ketangguhan Toyota Hilux, Sudah Teruji Puluhan Tahun 06

Seperti kebanyakan mobil berjenis pickup SUV, Toyota Hilux juga menggunakan sistem penggerak 4x4 yang bisa diubah menjadi 4x2. Kita bisa mengubahnya melalui transfercase yang terdapat di bagian konsol tengah.

Selain itu, agar menjamin pengendalian mantap di segala kondisi, Toyota juga menyematkan sistem power steering. Untuk kaki-kaki didukung dengan sistem suspensi double wishbone (depan) dan per daun (belakang) yang terbukti tangguh di segala medan.

Fitur lainnya yang sangat membantu di medan off road yaitu rear differential lock atau RDL. Fitur ini bekerja dengan mengunci gardan belakang, tujuannya untuk mencegah distribusi tenaga ke roda belakang hanya pada satu bagian tertentu.

Menyibak Ketangguhan Toyota Hilux, Sudah Teruji Puluhan Tahun 07

Maksudnya, saat roda belakang terangkat maka traksi akan dipindahkan ke roda lain yang masih menapak tanah. Mobil pun masih bisa bergerak merayap keluar dari jebakan medan off road tadi

Kesimpulan

Toyota Hilux memang tidak sesangar Ford Ranger atau Nissan Navara soal tenaga. Namun dari sisi kemewahan kabin, varian pikap double cabin jelas keren. Sebab, dari sisi fitur hiburan begitu mirip dengan Toyota Fortuner.

Bedanya cuma pada konfigurasi kursi, dimana mobil Toyota Hilux salah satu pick up Indonesia ini cuma lima penumpang. Toyota Hilux juga punya kemampuan off road yang mumpuni dan namanya sudah melegenda sebagai pikap yang tangguh di berbagai kondisi.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Hilux 2.0 L M/T Bensin

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil