window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mercedes-Benz AG Resmi Tunjuk Inchcape dan Indomobil Sebagai Distributor di Indonesia

Herdi · 31 Mar, 2023 19:01

Mercedes-Benz AG Resmi Tunjuk Inchcape dan Indomobil Sebagai Distributor di Indonesia 01

Desas desus peralihan siapa yang akan menjadi mitra baru Mercedes-Benz di Indonesia terjawab sudah. Ya, Mercedes-Benz AG akhirnya menunjuk Inchcape Motors Private Limited (Inchcape) dan PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (Indomobil) sebagai agen pemegang merek Mercy di Tanah Air. 

Pengumuman kolaborasi antara Inchcape dan Indomobil sebagai perusahaan untuk menjalankan kegiatan perakitan dan distribusi Mercedes-Benz AG di Indonesia diumumkan langsung melalui keterangan tertulis, Jumat (31/3/2023).

Baca juga: Jor-Joran, Mercedes-Benz Bakal Bawa 19 Mobil Anyar di Tahun Ini

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mercedes-Benz AG Resmi Tunjuk Inchcape dan Indomobil Sebagai Distributor di Indonesia 01

Bagi Mercedes-Benz AG, pengalihan ini ditujukan untuk memperkuat posisi dan mengembangkan bisnis Mercedes-Benz di Indonesia lebih lanjut bersama Inchcape dan Indomobil yang dikenal berpengalaman di bidang otomotif.

Menurut Head of Region Overseas Mercedes-Benz Cars, Matthias Lührs, restrukturisasi pada bisnis ini bertujuan menguatkan posisi Mercedes-Benz di pasar Indonesia, serta untuk senantiasa berkembang dengan menggandeng rekanan berskala internasional yang kuat serta rekanan lokal berpengalaman bersama Inchcape dan Indomobil. 

Baca juga: Mercedes-Benz Juga Ingin Kebagian Jatah Subsidi Mobil Listrik untuk Bus

Mercedes-Benz AG Resmi Tunjuk Inchcape dan Indomobil Sebagai Distributor di Indonesia 02

"Kami melihat kembali pengalaman kami bekerja sama dengan Inchcape, rekanan yang kuat dan kompeten, dan kami bersemangat untuk memperdalam kerja sama yang telah terjalin dengan langkah penting ini,” ungkap Matthias dalam keterangan resminya. 

Dengan adanya kerjasama Inchcape dan Indomobil, maka kegiatan operasional pada PT Mercedes-Benz Indonesia serta PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia dialihkan kepada kemitraan yang terdiri dari investor lokal yang berpengalaman dan global distributor operator yang kuat.

Baca juga: Solusi Cerdas, Mercedes-Benz Bikin Pabrik Daur Ulang Baterai Mobil Listrik Pertama di Jerman

Pembagian Persentase Inchcape dan Indomobil

Inchcape

Inchcape kerap dikenal sebagai perusahaan distributor otomotif global terkemuka, yang beroperasi di enam benua 

Diketahui, bahwa Mercedes-Benz AG, Inchcape dan Indomobil telah menandatangani perjanjian terkait jual-beli pabrik dan distributor Mercedes-Benz Indonesia. 

Bahkan Inchcape dan Indomobil, sebagai pemilik baru, akan memastikan keberlanjutan bisnis Mercedes-Benz di Indonesia dalam segala aspek, dengan tujuan memberikan keamanan jangka panjang dan transparansi tingkat tinggi bagi seluruh pemangku kepentingannya. 

Indomobil Group

PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (Indomobil) adalah perusahaan induk dari suatu kelompok usaha otomotif dengan beberapa anak perusahaan yang bergerak di bidang otomotif yang terkemuka di Indonesia

Mercedes-Benz juga akan mendirikan sebuah perusahaan baru yang 100 persen dimiliki oleh Mercedes-Benz, untuk mendukung dan mengarahkan pemilik baru. Transaksi ini mencakup pengalihan 100 persen kepemilikan Mercedes-Benz AG di Indonesia, Inchcape mengambil alih 70 persen dan Indomobil 30 persen. 

Transaksi ini akan mengembangkan kerjasama antara Inchcape dan Indomobil, secara berkelanjutan membangun kehadirannya di Indonesia.

Nasib Pegawai Mercedes-Benz APM Lama

Mercedes-Benz AG Resmi Tunjuk Inchcape dan Indomobil Sebagai Distributor di Indonesia 05

Mercedes-Benz Indonesia juga pasarkan Maybach

Peralihan operasional PT Mercedes-Benz Indonesia dan PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia ke Inchcape serta Indomobil tentu saja menjadi tanda tanya bagaimana dengan nasib para pegawai yang selama ini mengabdi di nama perusahaan lama?

Menanggapi hal tersebut, Matthias menyatakan, bahwa seluruh  kepegawaian akan tetap berjalan sebagaimana adanya saat ini, dan pelanggan lama akan terus dilayani.  "Kami percaya dengan potensi yang sangat besar di pasar Indonesia, dan maka dari itu kami senang dapat bekerja sama dengan rekanan yang dapat diandalkan untuk kelanjutan bisnis kami.

Mercedes-Benz AG Resmi Tunjuk Inchcape dan Indomobil Sebagai Distributor di Indonesia 06

Bersama Indomobil dan Inchcape siap bertarung kembali di segmen kendaraan premium

Bahkan proses produksi pada pabrik yang berlokasi di Wanaherang, Bogor akan terus berjalan tanpa gangguan, selain itu seluruh kebijakan terkait kepegawaian akan tetap sama dan patuh pada peraturan yang berlaku. 

Adapun seluruh pelanggan Mercedes-Benz di Indonesia akan terus mendapatkan produk dan layanan dengan kualitas terbaik sebagaimana telah diberikan oleh Mercedes-Benz selama bertahun-tahun. 

Tanggapan Inchcape dan Indomobil

Mercedes-Benz AG Resmi Tunjuk Inchcape dan Indomobil Sebagai Distributor di Indonesia 07

Dengan proses pengalihan Mercedes-Benz, Inchcape APAC CEO, Ruslan Kinebas, menyatakan senang mengembangkan sayap bisnis di Indonesia dengan pengalihan kegiatan usaha Mercedes-Benz Indonesia ke usaha patungan kami dengan Indomobil, karena telah memiliki kerjasama distribusi yang kuat di Indonesia. 

"Kami menantikan pengembangan lebih jauh dari bisnis Mercedes-Benz dengan menggabungkan pengetahuan lokal dan kapabilitas digital dan data kami. Pengembangan ini merupakan bukti dari Inchcape sebagai rekanan pilihan Mercedes-Benz, sebagai upaya optimalisasi kinerja global mereka,” kata Ruslan.

Mercedes-Benz AG Resmi Tunjuk Inchcape dan Indomobil Sebagai Distributor di Indonesia 08

Mercedes juga bakal memasarkan banyak kendaraan listrik

Sementara itu, Direktur Utama Indomobil, Jusak Kertowidjojo menyatakan sangat percaya dengan keterlibatan Indomobil sebagai entitas lokal yang kuat dalam kerja sama ini. 

"Dengan entitas otomotif global, Inchcape, Mercedes-Benz dapat terus berkembang di Indonesia dan mendukung pemerintahan Republik Indonesia dalam mengembangkan industri otomotif di Indonesia ke depannya,” tutupnya. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Mercedes-Benz C-Class C 200 AMG Final Edition

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil