Mercedes-Benz Sprinter, Minibus Mewah Eropa Pilihan Panglima TNI Andika Perkasa

Adit · 8 Nov, 2021 16:00

 

Mercedes-Benz Sprinter, Minibus Mewah Eropa Pilihan Panglima TNI Andika Perkasa 01

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Andika Perkasa resmi menjadi Panglima TNI setelah disahkan dalam rapat paripurna DPR, Senin (8/11). Dirinya menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang memasuki masa akhir jabatan dan pensiun pada bulan ini.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan pada 20 Juni 2021 ke KPK, sang jenderal memiliki total harta kekayaan mencapai Rp179 miliar lebih. Data hartanya berupa tanah dan bangunan senilai Rp38,1 miliar dan kas atau setara kas Rp 126,9 miliar. 

Mercedes-Benz Sprinter, Minibus Mewah Eropa Pilihan Panglima TNI Andika Perkasa 01

Baca Juga: Kecelakaan Vanessa Angel Ingatkan Pentingnya Penumpang Belakang Selalu Pakai Sabuk Keselamatan

Andika Perkasa diketahui juga memiliki harta berupa alat transportasi dan mesin dalam bentuk kendaraan roda empat. Meski bergelimang harta, total mobil yang dimiliki tak banyak, dalam laporan yang sama Andika hanya memiliki 2 mobil.

Land Rover Range Rover Sport 

Namun bukan mobil biasa, keduanya merupakan produk pabrikan otomotif asal Inggris dan Jerman. Mobil mewah pertama yang dimilikinya berupa Land Rover Range Rover Sport 3.0 V6 lansiran 2014 hasil sendiri senilai Rp 800 juta.  

SUV berpenampilan gagah dan tangguh itu tak lepas dari kalangan petinggi militer. Makanya tak jarang mobil berkemampuan jelajah tinggi itu sering berseliweran di jalan lengkap dengan penanda pelat nomor kendaraan dinas TNI. Selain Andika Perkasa, SUV dari Land Rover juga langganan para perwira TNI. 

Mercedes-Benz Sprinter, Minibus Mewah Eropa Pilihan Panglima TNI Andika Perkasa 02

Misalnya Range Rover Discovery yang sering terlihat digunakan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo kala menjabat Panglima TNI pada 2017 lalu. Panglima TNI sebelumnya, Marsekal Hadi Tjahjanto juga terlihat pernah menggunakannya. 

Balik lagi ke Range Rover milik Andika Perkasa, soal spesifikasinya menggunakan mesin 2.995 cc berkonfigurasi V6. Klaim kecepatan puncaknya bisa mencapai 209 km/jam. Sedangkan akselerasi dari diam ke 100 km/jam dalam waktu 7,2 detik. Adapun konsumsi BBM-nya 10,7 l/100 km. 

Mercedes-Benz Sprinter, Minibus Mewah Eropa Pilihan Panglima TNI Andika Perkasa 03

Baca Juga: Bukan Mercedes-Benz S-Class, Presiden Jokowi Lebih Tertarik Pakai Alfa Romeo Stelvio di KTT G20

Mercedes-Benz Sprinter 315 

Perwira bintang empat itu juga diketahui memiliki mobil lain dari pabrikan asal Jerman, yakni Mercedes-Benz Sprinter 315 tahun produksi 2018, senilai Rp1,8 miliar yang berasal dari hasil sendiri. 

Khusus yang satu ini sering terlihat saat Andika Perkasa dan istri melakoni kunjungan atau tugas seperti terlihat dalam akun Youtube resmi TNI AD. Sprinter 315 hadir mengisi segmen kendaraan komersial di Indonesia, karena mengandalkan daya angkut penumpang yang baik. 

Mercedes-Benz Sprinter, Minibus Mewah Eropa Pilihan Panglima TNI Andika Perkasa 04

Dalam keadaan standar memiliki jumlah jok hingga 14 kursi dengan format 12+1+1. Versi A3 memiliki panjang hingga 6.961 mm dan A2 sedikit lebih pendek dengan panjang mobil 5.910 mm. Sekali isi bahan bakar, tangkinya bisa menenggak 75 liter. Adapun dapur pacunya mengandalkan mesin 2.200 cc, bertenaga 150 PS dan torsi 330 Nm. 

Selain mobil, Andika Perkasa memiliki 20 bidang tanah dan bangunan, sebanyak 19 berstatus hibah tanpa akta yang tersebar di Bogor, Cianjur, Bandar Lampung, Surabaya, Bantul, Sleman, Australia, hingga Amerika Serikat. Ada juga harta lain dalam bentuk surat berharga dengan nilai Rp 2,1 miliar.

Baca Juga: Dibandrol Rp1 Miliaran, Mercedes-Benz New Sprinter Siap Jadi Mobil Travel Premium

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Mercedes-Benz Sprinter 315 CDI A2

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru