window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mesin Boxer dan Penggerak AWD Jadi Kunci All New Subaru XV Tantang Langsung Honda HR-V RS

Budi · 17 Agu, 2022 13:00

 

Mesin Boxer dan Penggerak AWD Jadi Kunci All New Subaru XV Tantang Langsung Honda HR-V RS 01

Pertarungan di kelas Compact SUV di Indonesia semakin kompetitif dengan kehadiran All New Subaru XV. Dihadirkan langsung dari Jepang oleh PT Plaza Auto Mega, Subaru XV generasi kedua ini mengusung berbagai keunggulan yang tak dimiliki oleh rivalnya di Indonesia, yaitu mesin Boxer dan penggerak All Wheel Drive (AWD).

Apalagi dengan banderol harga yang sangat kompetitif, Subaru XV tampaknya menjadi ancaman serius bagi pilihan Compact SUV lain di Indonesia, terutama Honda HR-V RS, yang juga baru meluncur tahun ini. Bagaimana tidak? Ditawarkan dalam dua varian, yaitu Subaru XV 2.0i-S dan 2.0i-S EyeSight®, banderol harga yang ditawarkannya masing-masing ‘hanya’ Rp449,5 juta dan Rp499,5 juta, on-the-road Jakarta.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mesin Boxer dan Penggerak AWD Jadi Kunci All New Subaru XV Tantang Langsung Honda HR-V RS 01

Bandingkan dengan Honda HR-V RS yang saat ini dibanderol dengan harga Rp515,9 Juta, atau Mazda CX-30 GT yang dibanderol Rp539,9 Juta. Keduanya juga merupakan harga on-the-road Jakarta. Dengan keunggulan teknologi, Subaru XV jelas lebih menggoda.

Baca juga: Dijual Mulai Rp825 Juta, Generasi Kedua Subaru BRZ Hadirkan Performa Lebih Buas dan Fitur Canggih

Mesin Boxer Modern, Seimbang dan Efisien

Salah satu kunci keunggulan Subaru XV adalah dengan penggunaan mesin Boxer 4-silinder 2.0 liter di balik kap mesinnya. Mesin ini menyuguhkan keseimbangan yang lebih baik dibandingkan mesin segaris maupun berkonfigurasi V. Piston di dalamnya bergerak horizontal di kiri-kanan crankshaft dengan sudut 180 derajat.

Mesin Boxer dan Penggerak AWD Jadi Kunci All New Subaru XV Tantang Langsung Honda HR-V RS 02

Hal ini membuat kerja mesin lebih seimbang karena piston bekerja berlawanan arah. Tak hanya itu, hal ini menjadikan mesin ini menjadi lebih stabil dan minim getaran sehingga lebih efisien. Konfigurasi ini membuat mesin Boxer dapat diposisikan lebih rendah di kompartemen mesin yang memberikan titik berat gravitasi (low centre of gravity) juga rendah dan menjadikan mobil lebih stabil dan lebih menyenangkan untuk dikendarai.

Mesin Boxer 2.0 liter yang digunakan pada Subaru XV menyuguhkan angka tenaga sebesar  156 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 196 Nm yang didapat pada 4.000 rpm. Angka ini memang tak sebesar yang disuguhkan Honda HR-V yang mencapai 177 PS dan torsi 240 Nm, namun Subaru XV menjanjikan efisiensi bahan bakar dari penggunaan mesin Boxer ini.

Mesin Boxer dan Penggerak AWD Jadi Kunci All New Subaru XV Tantang Langsung Honda HR-V RS 03

Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan oleh Subaru Indonesia pada awal tahun 2022 sejauh 3.000 km dengan menggunakan mobil pre-production berspesifikasi Indonesia, mereka berhasil mendapatkan hasil pengujian BBM sebesar 16 hingga 18 km/liter. "Pengujian ini melalui rute kombinasi antara tol, luar kota, dan kemacetan dalam kota dengan BBM RON 95," ujar Ismail Ashlan, Marketing Communication Manager Subaru Indonesia.

Baca juga: Punya Populasi Terbesar Kedua Setelah Jakarta, Subaru Buka Dealer 3S di Batam

Sistem Penggerak Symmetrical All-Wheel Drive

Meski angka performa mesin tak sebesar rivalnya, namun Subaru memadukan mesin Boxer ini dengan sistem penggerak empat roda simetris full-time alias Symmetrical All-Wheel Drive (S-AWD) via transmisi Lineartronic® CVT 7-percepatan. Hal ini semakin mengukuhkan superioritasnya dalam hal pengendalian di berbagai medan dan kondisi permukaan jalan.

Mesin Boxer dan Penggerak AWD Jadi Kunci All New Subaru XV Tantang Langsung Honda HR-V RS 04

Sesuai dengan namanya, S-AWD dapat mengantarkan distribusi tenaga dan torsi yang simetris ke setiap roda kiri dan kanan. Hal ini tentunya berimbas pada keseimbangan kerja keempat rodanya dimana kebutuhan tenaga dapat disesuaikan secara optimal kepada ban yang membutuhkan traksi di berbagai kondisi jalan.

@autofun.indonesia Seharga CR-V udah dapet AWD, Minat?#reviewmobil #mobilbaru #subaru #awd ♬ original sound - AutoFun Indonesia

Apalagi penggunaan S-AWD pada Subaru XV juga didampingi adanya mode berkendara X-MODE terbaru. Fitur ini akan menyuguhkan pilihan mode berkendara yang sesuai dengan medan yang akan dilewati dengan opsi Snow, Dirt, Gravel dan mode terbaru adalah Deep Snow/Mud. Mode pengendaraan terakhir ini membantu Subaru XV menghadapi medan jalan yang memiliki potensi ban tertahan akibat salju atau lumpur yang dalam.

Baca juga: Selisih Rp80 Juta, Berikut Perbedaan Subaru Forester 2.0i-L dan Subaru Forester 2.0i-S EyeSight

ADAS Dalam Wujud EyeSight®

Sebagaimana rival-rivalnya, All New Subaru XV juga telah dilengkapi dengan Advanced Driving Assistance System (ADAS) bernama EyeSight® pada varian tertingginya 2.0i S-EyeSight®. Fitur ini terdiri dari rangkaian fitur-fitur keselamatan yang dapat membantu mengurangi resiko fatal jika terjadi kecelakaan pada Subaru XV.

Mesin Boxer dan Penggerak AWD Jadi Kunci All New Subaru XV Tantang Langsung Honda HR-V RS 05

Fitur-fitur pada EyeSight® ini meliputi, Automatic Pre-Collision Braking, Pre-Collision Throttle Management, Lane Keep Assist, Lane Departure and Sway Warning, dan Lead Vehicle Start Alert. Sistem ini juga memiliki fitur penambah kenyamanan saat menghadapi kepadatan lalu-lintas perkotaan, yaitu Advanced Adaptive Cruise Control with Lane Centering, Reverse Automatic Braking, dan Blind-Spot Detection with Lane Change Assist, Rear Cross-Traffic Alert, serta Steering Responsive Headlights.

Untuk jaminan keselamatan, Subaru XV juga telah dilengkapi dengan tujuh airbag Airbag yaitu airbag depan untuk pengemudi dan penumpang depan, airbag tirai samping dan airbag panggul/torso samping, serta airbag lutut pengemudi. Subaru XV juga telah mendapatkan Hill Descent Control yang dapat menjaga kendali dan kecepatan saat menuruni jalan yang licin untuk memberikan ketenangan.

Mesin Boxer dan Penggerak AWD Jadi Kunci All New Subaru XV Tantang Langsung Honda HR-V RS 06

Seluruh the all-new Subaru XV yang dipasarkan melalui PT Plaza Auto Mega, ditawarkan dengan Garansi 3 tahun/100.000 km serta servis gratis 3 tahun/50.000km (mana yang tercapai lebih dahulu). Juga tersedia layanan Subaru Roadside Assistance selama 3 tahun dan layanan bantuan darurat 24/7 oleh Atlas Indonesia.

Baca juga: Rp650 Jutaan Pilih Subaru Forester 2022, CR-V, Fortuner atau Pajero Sport?


 

Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, agency dan media, baik cetak maupun online. Kegemarannya berkendara membawa Ia mencoba berbagai jenis mobil, mulai single seater di lintasan sirkuit hingga off-road di lintasan salju bersuhu -15 derajat Celsius. Facebook: budityas Instagram: budityasbebe

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

SUBARU XV 2.0i-S 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil