Mesin Turbo atau yang Bandel? Adu Mesin MPV Wuling Cortez dan Mitsubishi Xpander

Bent Aulia · 26 Sep 2020 07:00

Harga Wuling Cortez CT Type S memang dibanderol Rp209 jutaan, jauh mengungguli harga Mitsubishi Xpander yang dipatok Rp217 jutaan. Selain jatah teknologi turbo yang ditawarkan pada Wuling Cortez terbaru, ternyata ini dia beda rasa berkendaranya dengan Mitsubishi Xpander.

Mesin Wuling Cortez dan Mitsubishi Xpander

Masuk ke dalam entry level, Wuling Indonesia mobil Wuling Cortez CT Type S mengandalkan mesin bertenaga turbo dengan performa tinggi. Mampu menghadirkan hingga 140 PS dengan torsi maksimal mencapai 250 Nm dipadukan dengan transmisi CVT serta manual 6-percepatan.

Mobil Wuling Cortez tersedia dalam 6 varian. Harga Wuling Cortez berkisar dari Rp 220 juta hingga Rp 277 juta. Mobil Wuling Cortez memiliki saudara, mobil Wuling Almaz dan Wuling Confero. Harga Wuling Almaz berkisar dari Rp 267 juta hingga Rp 342 jutaan.

Ada juga Wuling Confero memiliki total 4 tipe. Harga Wuling Confero terbaru berkisar dari Rp 151 juta hingga Rp 198 jutaan. Harga Wuling Confero 2020 ini tidak beda jauh dengan harga Wuling Confero 2019.

Di sisi lain, Mitsubishi Xpander belum pernah mendapatkan ubahan mesin sejak pertama kali diperkenalkan 2017 silam. Mesin 1.5L MIVEC bertenaga 104 PS dan torsi 141 Nm disandingkan transmisi 5-percepatan manual dan 4-percepatan otomatis setia menemani.

Model Wuling Cortez Mitsubishi Xpander
Tipe Mesin 1.5T Turbocharged 4-silinder 4A91 1.5L MIVEC DOHC
Kapasitas Silinder 1.451 cc 1.499 cc
Tenaga Maksimal 140 PS/5.200 rpm 104 PS/6.000 rpm
Torsi Maksimal 250 Nm/1.600-3.600 rpm 141 Nm/4.800 rpm
Bore x Stroke 73.8 mm x 84.7 mm 75.0 mm x 84.8 mm
Transmisi 6-percepatan manual dan CVT 5-percepatan manual dan 4-percepatan otomatis
Transmisi Front-wheel drive Front-wheel drive

Rasa berkendara Wuling Cortez dan Mitsubishi Xpander

Bertenaga. Itulah kesan yang bisa dirasakan dalam impresi berkendara Wuling Cortez terbaru di sepanjang perjalanan. Memang masih ada terasa lag antara tenaga yang dikeluarkan, mengingat teknologi turbo memberikan performa yang lebih besar.

Ketika menginjak pedal gas, Cortez langsung menawarkan hentakan tenaga besar. Terbilang asik bagi mereka yang menginginkan performa tinggi yang ditempatkan pada mobil keluarga. Tenaganya pun disalurkan ke roda depan untuk meminimalisir tenaga yang hilang.

Pengaturan kursi semi-bucket dipasang untuk memberikan kenyamanan sepanjang perjalanan. Sayangnya setir berlapis kulit baru bisa ditemukan pada varian tertinggi. Dan bagi yang ingin memiliki mobil ini, versi transmisi CVT menyenangkan dibawa di jalanan perkotaan dengan kondisi stop and-go.

Walaupun tanpa tenaga turbo, tapi mesin Mitsubishi Xpander memiliki sejumlah kelebihan lain sebagai daya tariknya. Mulai dari setir yang ringan dikemudikan, suspensi yang empuk, tenaga halus, serta pengereman yang mulus membuatnya menjadi dambaan banyak konsumen Tanah Air.

Posisi duduk bisa diatur dengan height adjuster dengan kursi semi bucket yang memberikan kenyamanan sepanjang perjalanan. Xpander juga menjadi Low MPV pertama yang sudah menggunakan pengaturan setir tilt dan teleskopik.

Xpander dikenal memiliki rasa berkendara yang menyenangkan serta mesin yang bandel khas Mitsubishi. Getaran mesin pun terasa halus meskipun berada pada putaran bawah. Ditambah berbagai fitur berkendara, termasuk cruise control yang disematkan pada setir.

Kesimpulan

Mobil Wuling Indonesia Wuling Cortez CT Type S menggebrak dengan tenaga turbo performa yang luar biasa di jalanan. Tapi untuk sekelas kenyamanan berkendara di perkotaan, Mitsubishi Xpander masih menjadi jawaranya dengan segudang kelebihan mesin walau tanpa performa yang terlalu tinggi.

Komentar

Mobil Terbaru