window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Meski Mungil Tapi Mobil Ini Istimewa, Inilah 7 Kepraktisan Toyota Yaris

Franky · 27 Mei, 2020 12:00

Meski Mungil Tapi Mobil Ini Istimewa, Inilah 7 Kepraktisan Toyota Yaris 01

Toyota Yaris New seringkali disebut sebagai mobil mungil, punya desain minimalis dan digandrungi anak muda masa kini. Meski tergolong mungil, mobil ini menyimpan banyak hal-hal praktis. Berikut kita simak kepraktisan Toyota Yaris baru.

Sejarah Toyota Yaris baru nyatanya berangkat dari cikal bakal Toyota Starlet di era 1980 dan 1990-an. Sosoknya muncul lebih dulu dalam bentuk konsep, dipamerkan di acara Frankfurt Motor Show 1997 dan Tokyo Motor Show 2017, dikenal dengan nama Toyota Funtime Concept.

Di Indonesia, Toyota Yaris hadir pertama kali di tahun 2006, akrab disapa sebagai “Yaris Bakpao”, menerapkan platform XP90. Pada tahap ini, Yaris diberikan beberapa Facelift dari tahun ke tahunnya, supaya tampil semakin menggoda pasar Indonesia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Generasi berikutnya muncul pada tahun 2011, membawa perubahan soal desain yang tampil berkumis, seringkali disebut “Toyota Yaris Lele”. Tahun 2016 juga menjadi titik sejarah karena muncul varian Yaris Heykers. Perubahan pun terus dilanjutkan hingga tahun 2018 lalu.

Tapi tenang, yang dibahas kali adalah Toyota Yaris baru, dirilis pada tanggal 20 Februari 2018. Desainnya pun tampak berubah menjadi lebih agresif tanpa melepas kesan stylish. Fitur-fiturnya pun tampil lebih inovatif daripada pendahulunya.

Kepraktisan Toyota Yaris

Rasa penasaran kami justru terlihat pada bodinya yang mungil, tapi apakah mobil Yaris ini benar-benar pantas menyandang gelar mobil idaman anak muda? Tak heran, kami pun mulai menilainya dari segi kepraktisan, yang mana sangat mendukung kebutuhan Multi-Tasking anak muda masa kini.

Harga New Toyota Yaris berkisar dari Rp 259 juta hingga Rp 291 jutaan. Ini merupakan harga mobil Yaris terbaru 2020. Sekilas info saja, saudara Toyota Yaris New, yakni Toyota Alphard memiliki 3 varian dengan harga berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard 2020.

Meski Mungil Tapi Mobil Ini Istimewa, Inilah 7 Kepraktisan Toyota Yaris 01

Banyak hal praktis tersimpan pada mobil ini

Indikator kepraktisan di sini adalah terkait beberapa hal utama seperti teknologi inovatif dan fitur praktis tentunya. Mari kita simak lebih lanjut untuk informasi selengkapnya.

1. Head Unit Lebih Atraktif

Kendaraan yang memang lebih diprioritaskan untuk anak muda, tentu harus punya Head Unit atraktif. Bukan saja soal kualitas audio tapi juga soal kemudahan dalam mengoperasikannya.

Meski Mungil Tapi Mobil Ini Istimewa, Inilah 7 Kepraktisan Toyota Yaris 02

Kini Head Unit-nya sudah mendukung berbagai kemudahan

Untuk versi terbarunya ini, Toyota Yaris baru membenamkan Head Unit Touchscreen yang sudah mengoperasikan radio AM/FM, DVD dan musik dari berbagai format modern. Paling menarik adalah sudah terintegrasinya format USB, AUX dan Bluetooth, sehingga pengendara dapat memutar musik favorit langsung dari Handphone.

Menyinggung tipe G serta TRD Sportivo, disediakan fitur tambahan khusus layaknya Miracast, Weblink, Internet Connectivity, Remote Apps, dan Multitasking Window. Bagi Anda yang memang menyukai kepraktisan seperti ini, disarankan untuk memilih dua tipe Toyota Yaris New tersebut.

2. AC Digital

Jika versi sebelumnya, pengaturan AC masih menggunakan model Knob, kini New Yaris Toyota sudah menggunakan AC Digital. Hal ini menjadi perubahan yang cukup terlihat ketimbang pendahulunya.

Meski Mungil Tapi Mobil Ini Istimewa, Inilah 7 Kepraktisan Toyota Yaris 03

Inilah fitur AC terbaru yang sudah menggunakan model Digital

Bukan saja memberi kesan mewah, tapi juga memperkuat esensi praktis. Hanya dengan satu sentuhan, tingkat suhu kabin bisa diatur mudah. Setidaknya, Toyota sudah berhasil belajar dari pengalaman masa lalu. Namun perlu diketahui bahwa fitur satu ini baru bisa dinikmati pada Toyota Yaris TRD saja.

3. Paddle Shift, Transmisi Ala Racing

Anak muda masa kini tentu senang untuk mengendarai mobil mewah dengan sensasi ala Racing Car. Hal ini terjawab pada varian tertinggi Toyota Yaris baru, menghadirkan fitur Paddle Shift. Dalam hal ini, Anda bisa mengganti gigi dengan menekan tuas Paddle Shift pada setir, tanpa perlu menyentuh tuas transmisi.

Meski Mungil Tapi Mobil Ini Istimewa, Inilah 7 Kepraktisan Toyota Yaris 04

Paddle Shift sudah disematkan pada setirnya

Perlu diketahui pula bahwa mobil Yaris New tipe terendah dan menengah belum menghadirkan fitur Paddle Shift. Malahan, transmisinya masih menggunakan model konvensional. Namun untungnya tetap dikemas dengan balutan desain mewah.

4. ECO Atau Sport Mode?

Tak perlu bingung memikirkan tingkat keiritan mobil itu atau ingin berkendara dengan performa maksimal. Pasalnya, tersedia dua mode berkendara yang disediakan yakni ECO Mode dan Sport Mode, khusus untuk Toyota Yaris TRD CVT.

Meski Mungil Tapi Mobil Ini Istimewa, Inilah 7 Kepraktisan Toyota Yaris 05

Sudah disediakan pula dua mode berkendara yakni ECO dan Sport Mode

Ketika diaktifkan, ECO Mode akan memprioritaskan agar mesin tidak begitu terbebani. Performa kecepatan berjalan stabil sehingga memberi dampak positif kepada konsumsi bahan bakar alias menjadi lebih irit.

Berbeda dengan Sport Mode, performa mesin akan ditingkatkan ke titik maksimal. Tak lagi memikirkan soal bahan bakar tapi sudah memprioritaskan kesenangan dalam berkendara.

5. Setir Dilengkapi Audio Button

Menyetir sambil mengatur audio via Head Unit? Hal ini sudah tidak ditemui pada mobil Yaris baru. Anda sudah bisa mengatur alur musik dari tombol-tombol yang disematkan pada setir. Di sana, pengendara dapat mengganti judul lagu, meningkatkan serta menurunkan volume audio.

Meski Mungil Tapi Mobil Ini Istimewa, Inilah 7 Kepraktisan Toyota Yaris 06

Setirnya sendiri sudah dilengkapi dengan tombol audio dan panggilan cepat

Tak lupa pula, sudah tersemat apik tombol untuk mengangkat panggilan. Dalam hal ini, Anda hanya perlu mengintegrasikan Handphone dengan Head Unit via Bluetooth. Nantinya, jika ada telepon masuk, Anda hanya perlu menekan tombol pada setir untuk berbicara dengan praktis.

Tentu kemudahan ini menjadi hal istimewa bagi anak muda masa kini. Hal penting lainnya, pengendara tak perlu kehilangan konsentrasi saat berkendara sembari melakukan percakapan telepon.

6. Smart Engine Start/Stop Button

Satu hal praktis yang menurut kami cukup spesial adalah hadirnya Smart Engine Start/Stop Button. Tapi lagi-lagi, fitur ini hanya dihadirkan pada tipe Toyota Yaris TRD.

Meski Mungil Tapi Mobil Ini Istimewa, Inilah 7 Kepraktisan Toyota Yaris 07

Sensasi praktis dalam menghidupkan mesin, juga dirasakan lewat Engine Start Stop

Fungsinya tergolong praktis karena Anda bisa menghidupkan mesin dengan satu sentuhan saja, tanpa harus menggunakan kunci konvensional. Hal ini tentu saja mendukung kepraktisan dan sangat cocok untuk selera anak muda masa kini.

7. Kaca Spion Lipat Otomatis

Fitur satu ini lebih dikenal sebagai Electric Outer Mirror. Fungsinya tergolong menarik yakni dapat melipat spion secara otomatis. Dengan kata lain, Anda tak perlu repot-repot melipat spion dari luar, ketika mobil diparkir.

Meski Mungil Tapi Mobil Ini Istimewa, Inilah 7 Kepraktisan Toyota Yaris 08

Kaca spionnya sudah dilengkapi fitur pelipatan otomatis

Jika Anda sudah terbiasa menggunakan mobil, maka fitur satu ini benar-benar sangat dibutuhkan. Di sisi lain, melipat spion juga dirasa perlu, khawatir terkena benturan dari kendaraan lain khususnya ketika parkir di area sempit. Tak lupa juga, kami ingatkan bahwa fitur ini baru bisa dirasakan mulai tipe E.

Kesimpulan

Memang tak dipungkiri, Toyota Yaris New yang tampil sebagai Hatchback mungil, nyatanya menyimpan banyak hal istimewa. Dalam hal ini, PT. TAM telah menganalisa dan memahami kebutuhan anak muda masa kini. Tak heran, Toyota Yaris baru terus berbenah lewat hadirnya fitur-fitur praktis.

Tapi di sisi lain, kami pun merasakan bahwa banyak fitur-fitur menarik hanya bisa dirasakan pada Toyota Yaris baru tipe TRD saja. Sedangkan tipe lainnya? Tak begitu menawarkan hal-hal praktis serta inovatif.

Maka dari itu, kami pun menyarankan bagi Anda yang ingin merasakan berkendara dalam kesan praktis, sebaiknya memilih Toyota Yaris TRD. Perubahan paling signifikan ketimbang pendahulunya, benar-benar baru dirasakan pada tipe tersebut. Jadi apa pendapat Anda tentang mobil satu ini?

Franky

Berhati-hatilah dalam membuat keputusan yang benar di hadapan semua orang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Yaris G CVT 3 AB 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil