window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Meski Sudah Discontinue Honda Jazz Masih Bisa Dipesan?

Prasetyo · 7 Mar, 2022 17:08

Meski Sudah Discontinue Honda Jazz Masih Bisa Dipesan? 01

  • Honda Jazz apakah masih bisa dibeli di Indonesia?
  • Berapa harga Honda Jazz 2022 jika berminat?

Honda Jazz sudah dihentikan pejualannya di Indonesia sejak Maret 2021. PT Honda Prospect Motor (HPM) pun mengganti dengan Honda City Hatchback RS sebagai model hatchback Honda di Indonesia. Sejak saat itulah Jazz resmi discontinue di Indonesia.

Pasca dari dalam negeri, langkah serupa ternyata juga dilakukan perwakilan Honda di beberapa negara. Antara lain Filipina, Thailand, dan terakhir Malaysia yang memutuskan tak lagi menjual rival Toyota Yaris itu di negaranya masing-masing. Keputusannya pun kompak, Honda Jazz digantikan City Hatchback.

Meski Sudah Discontinue Honda Jazz Masih Bisa Dipesan? 02

Kemunculan City Hatchback untuk gantikan Jazz

Honda sebenarnya memang sudah lama berniat untuk menyuntik mati Honda Jazz dibeberapa negara belahan dunia. Pergeseran minat konsumen ke segmen SUV serta keinginan untuk memberikan penyegaran pada model city car membuat Honda mau tak mau memberikan kesempatan bagi model baru Jazz.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Namun 20 tahun lalu lalang di pasar otomotif Tanah Air tak dipungkiri membuat mereka pecinta Jazz terpukul. Walau sebenarnya pakai basis serupa dengan fitur sangat mirip, tapi banyak Hondaisme tak bisa move on dari Jazz untuk beralih ke City Hatchback.

Baca juga : Setelah Indonesia Akhirnya Karir Honda Jazz Juga Tamat di Malaysia

Meski Sudah Discontinue Honda Jazz Masih Bisa Dipesan? 01

Honda Jazz terakhir di Indonesia

Melihat potensi pasar Jazz yang masih besar inilah ternyata sejumlah konsumen rela mengimpor langsung Jazz dari negara tetangga untuk masuk ke Tanah Air.

Honda Jazz Baru Masih Bisa Dipesan

Meski Sudah Discontinue Honda Jazz Masih Bisa Dipesan? 02

Peminatnya di Indonesia masih tinggi

Setidaknya itulah penuturan satu wiraniaga dealer Honda di Jakarta ketika berbincang dengan AutoFun. Menurutnya, ada beberapa konsumen setia Honda yang minta disediakan Jazz walau tak lagi dijual oleh HPM.

"Ada yang request, 'pokoknya saya mau Honda Jazz'," ucap si sales yang namanya minta tak dicantumkan itu. Atas dasar permintaan inilah, kemudian sumber tadi mengklaim berhasil mencarikan unit Honda Jazz dari negara tetangga karena stok di Indonesia sudah tak ada. "Kita sempat dapat dua unit," lanjut dia.

Baca juga : 20 Tahun Honda Jazz di Indonesia, Ini Deretan Keunggulan Tiap Generasinya

Harganya Bisa di Atas Rp400 Juta

Meski Sudah Discontinue Honda Jazz Masih Bisa Dipesan? 03

Maret 2021, stok Honda Jazz masih 300 unit

Sumber tadi juga menuturkan, kalau unit Honda Jazz yang diminta konsumen itu terpaksa didatangkan utuh dari negara lain. Alhasil harganya pun melonjak tajam dibanding banderol Honda Jazz GK5 saat terakhir dipasarkan HPM awal 2021 yang dipatok mulai dari Rp255 juta hingga Rp298,5 juta untuk tipe Jazz RS CVT.

"Karena impor utuh harganya kisaran Rp400 juta up. Harga pastinya tergantung biaya pengiriman sama pajak barang masuk," kata si sumber. Itu pun, ucap dia, sejak Desember 2021 konsumen tak bisa leluasa lagi pilih warna. Karena memang stok di negara lain pun telah menipis. 

"Tergantung kita dapat rekanan disana yang masih sisa warna apa. Kalau mau kita tawarkan harga segini warna ini tipe ini. Kalau gak mau kita alihkan ke City Hatchback," tukas sumber tadi.

Gimana berminat?

Baca juga : FAQ: Segala Pertanyaan Mengenai Honda City Hatchback RS 2021, Pantaskah Pengganti Jazz Ini Untuk Dibeli?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil