MG Astor Kembaran MG ZS Meluncur di India, Fitur Lebih Canggih dari Versi Tanah Air

Evan · 19 Sep, 2021 10:00

MG Astor Kembaran MG ZS Meluncur di India, Fitur Lebih Canggih dari Versi Tanah Air 01

MG India resmi memperkenalkan Astor, sebuah SUV kompak lima penumpang yang dibuat dengan menggunakan basis dari MG ZS. Desain eksterior MG Astor memang sama persis dengan MG ZS yang mengaspal di Tanah Air, mulai dari grill berbentuk heksagonal hingga sistem hiburan 10 inci di interior.

Lewat memasarkan Astor di India, MG memiliki tujuan untuk bersaing langsung dengan pemimpin segmen saat ini yaitu Hyundai Creta. Satu hal yang menarik dari peluncuran MG Astor kemarin adalah soal fitur keselamatan dan hiburan yang jauh lebih canggih dibandingkan MG ZS Indonesia.

Baca Juga:Lebih Murah Rp8,8 Juta, MG ZS Activate Bisa Menggeser Toyota Raize GR Sport CVT?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tampilan Pakai Milik ZS, Lebih Menyesuaikan Pasar India

MG Astor Kembaran MG ZS Meluncur di India, Fitur Lebih Canggih dari Versi Tanah Air 01

Kembaran MG ZS

Soal fascia depan Astor masih menggunakan bahasa desain seperti ZS, tetapi dengan sedikit penyesuaian.

MG Astor Kembaran MG ZS Meluncur di India, Fitur Lebih Canggih dari Versi Tanah Air 02

Sudah ada sistem ADAS

Karena mobil ini sudah memiliki fitur Advance Driver Assistance System (ADAS) maka untuk bagian bawah bemper sedikit diubah untuk mengakomodir sensor dan radar sistem tersebut.

MG Astor Kembaran MG ZS Meluncur di India, Fitur Lebih Canggih dari Versi Tanah Air 03

Bumper sedikit berubah, mengakomodir sensor

Sekarang area bemper bawah didominasi warna hitam polos, berbeda seperti unit di Tanah Air yang menggunakan krom di beberapa bagian.

Tak lupa bagian Gril depan juga mengalami sedikit ubahan di motifnya yang kini lebih dinamis dan terlihat seperti tiga dimensi.

MG Astor Kembaran MG ZS Meluncur di India, Fitur Lebih Canggih dari Versi Tanah Air 04

Bagian samping dan belakang masih sama

Beranjak ke samping, tema warna hitam juga terus digunakan lewat spion dan lis bawah pintu. Sisanya masih sama persis dengan ZS yang dijual global mulai dari pelek 17 inci, lampu belakang LED hingga bemper belakang yang memiliki tambahan aksen dual knalpot.

Tipe Tertentu Ada Pilihan Mesin 1.300cc Turbo

MG Astor Kembaran MG ZS Meluncur di India, Fitur Lebih Canggih dari Versi Tanah Air 05

Ada dua pilihan mesin

Sama seperti ZS, MG hanya menawarkan Astor dengan mesin bensin. Sayangnya di Indonesia hanya ada satu pilihan mesin, sedangkan di India tersedia pilihan mesin turbo.

Mesin pertama 1.500cc bertenaga 110 PS dan torsi maksimum 144 Nm tetap hadir, yang juga ditawarkan dalam pilihan manual 6-percepatan atau otomatis CVT 8-percepatan.

Pilihan mesin kedua yaitu 1.300cc turbo yang menghasilkan tenaga 140 PS dan torsi maksimum 220 Nm. Mesin ini hanya hadir dengan menggunakan transmisi otomatis 6-percepatan. Keduanya sama-sama berpenggerak roda depan(FWD).

Baca Juga:MG ZS Facelift Termahal Dijual Rp 309,8 Juta, Makin Siap 'Senggol' Honda HR-V

Interior Serba Hitam, Fitur AI Personal Assistance Canggih

MG Astor Kembaran MG ZS Meluncur di India, Fitur Lebih Canggih dari Versi Tanah Air 06

Interior tidak banyak berubah

Secara keselurahan kabin Astor tidak banyak berubah dibandingkan ZS, dimana permainan warna hitam dan merah menggantikan warna coklat dan hitam di dashboard.

Begitu juga soal layar infotainment 10 inci, panoramic sunroof, kursi elektris, kamera 360 derajat, hingga panel instrument berupa layar berukuran 7 inci.

MG Astor Kembaran MG ZS Meluncur di India, Fitur Lebih Canggih dari Versi Tanah Air 07

Hadir AI Personal Assistance

Ubahan terbesar justru hadir dalam bentuk teknologi robot dengan kecerdasan buatan (AI) Personal Assistance yang menempel pada bagian tengah dashboard.

Robot ini memiliki layar yang mampu untuk mensimulasikan interaksi menggunakan mata yang dapat mengekspresikan emosi dan melihat orang yang perintahnya ditanggapi.

MG Astor Kembaran MG ZS Meluncur di India, Fitur Lebih Canggih dari Versi Tanah Air 08

Bisa mengobrol juga 

Asisten personal akan merespon perintah suara dan melakukan banyak hal seperti pembaruan lalu lintas, cuaca, dan kemacetan secara real-time Bisa juga untuk mengambil informasi dari Wikipedia untuk mencoba menjawab pertanyaan dari pengemudi ataupun penumpang.

Fitur Keselamatan Jempolan, ADAS Level 2 Autonomous

MG Astor Kembaran MG ZS Meluncur di India, Fitur Lebih Canggih dari Versi Tanah Air 09

Sistem keselamatan aktif jempolan

Pertama kali di kelasnya, MG menawarkan Astor fitur keselamatan ADAS Level 2 Autonomous pada sebuah SUV kompak. Fitur ini meliputi adaptive cruise control, forward collision warning with automatic emergency braking, rear cross traffic alert, blind spot monitoring, lane departure warning, dan lane keep assist

SUV ini juga memiliki sistem bantuan kecepatan yang membaca rambu batas kecepatan lalu lintas untuk memperingatkan pengemudi tentang batas kecepatan yang diizinkan di ruas jalan tersebut. Bahkan sistem ini dapat mengurangi kecepatan kendaraan sesuai dengan batas kecepatan.

Fitur ADAS ini adalah tambahan untuk fitur keselamatan lainnya seperti kontrol traksi, enam airbag, ABS, EBD, ESC, dan hill descent control.

Baca Juga:MG ZS Facelift 2021 Vs Honda HR-V, Apakah yang Mulai Terlihat Usang Sudah Saatnya Ditinggalkan?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

MG ZS 1.5L Excite

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru