MG Gloster 2021 SUV 7 Seater yang Fiturnya Bikin Toyota Fortuner Ketar Ketir

Evan · 13 Sep, 2021 19:39

MG Gloster 2021 SUV 7 Seater yang Fiturnya Bikin Toyota Fortuner Ketar Ketir 01

Masih soal pabrikan asal Cina dengan akar otomotif dari Inggris yaitu MG Motors, siapa sangka kalau mereka masih mempunyai senjata lainnya di segmen SUV. Namanya MG Gloster, mid-size SUV bermesin diesel yang hadir dengan segudang fitur dan kemampuan offroad jempolan.

Mobil ini pertama kali diluncurkan di India pada pagelaran Delhi Auto Expo tahun lalu. Terang saja kehadiran MG Gloster 2021 langsung berhadapan dengan Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, dan Ford Everest.

MG Gloster 2021 SUV 7 Seater yang Fiturnya Bikin Toyota Fortuner Ketar Ketir 02

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

MG tentu paham untuk masuk ke pasar SUV yang sangat sulit dan bisa sukses membutuhkan formula yang tepat. Pabrikan kemudian memberikan tiga hal yang sulit dipenuhi oleh model lain, yaitu fitur berlimpah, harga terjangkau, dan mesin bertenaga menjadi satu paket dalam Gloster.

Tampilan Gloster Tangguh dan Gagah

MG Gloster 2021 SUV 7 Seater yang Fiturnya Bikin Toyota Fortuner Ketar Ketir 01

Tampilan depan Gloster menggunakan gril trapesium khas MG berwarna satin krom yang berukuran cukup besar. Di bawah grilnya hadir sebuah kamera, menandakan mobil ini sudah support dengan kamera 360. 

MG Gloster 2021 SUV 7 Seater yang Fiturnya Bikin Toyota Fortuner Ketar Ketir 02

Hadir pula lampu depan yang tipis dan sudah mengadopsi teknologi LED projector. Uniknya peletakan foglamp Gloster agak tersembunyi.di bemper dan ditutup dengan aksen sliver termasuk pada underguard.

Kap mesin mobil ini juga dibuat dengan tarikan garis-garis tegas. Khas sebuah mobil SUV bertenaga besar.

MG Gloster 2021 SUV 7 Seater yang Fiturnya Bikin Toyota Fortuner Ketar Ketir 03

Tema satin krom juga terus berlanjut di area lis kaca samping dan spion. Tentunya ciri khas SUV yaitu body cladding plastic dan side step tetap hadir. Velg pakai desain multi spoke dengan ukuran diameter 18 inci.

MG Gloster 2021 SUV 7 Seater yang Fiturnya Bikin Toyota Fortuner Ketar Ketir 04

Sayangnya emblem ejaan Gloster yang dibuat renggang malah mengganggu estetika mobil tampak belakang. Begitu juga dengan knalpot dua pasang knalpot yang sepertinya terlalu over untuk mobil sebesar ini.

Dimensi Gloster Lebih Besar Dari Pesaingnya

MG Gloster 2021 SUV 7 Seater yang Fiturnya Bikin Toyota Fortuner Ketar Ketir 05

Walaupun hadir di kelas mid size seperti Toyota Fortuner, tetapi ukuran Gloster justru lebih besar dari para kompetitornya. Dengan dimensi (PxLxT) 4.985 mm x 1.926 mm x 1.867 mm, mobil ini lebih panjang hampir 200 mm, lebih lebar 100 mm, dan lebih tinggi 30 mm dari Fortuner.

Wheelbase yang dimiliki juga cukup panjang, yaitu 2.950 mm. Tentunya akan berdampak pada ruang kepala dan ruang kaki baris ketiga Gloster yang lebih lega.

Mesin 2.000 cc Diesel Turbo Ganda

MG Gloster 2021 SUV 7 Seater yang Fiturnya Bikin Toyota Fortuner Ketar Ketir 06

Kalau mesin diesel umumnya hadir dengan satu turbo, lain cerita dengan Gloster. Mesin berkode SDEC SC20M 218 Q6A 2.000cc Diesel yang digendongnya memiliki dua turbo, sehingga tenaganya mampu mengalahkan mesin 2.8L milik Fortuner sekalipun. 

Mesin ini menghasilkan tenaga 218 PS pada 4.000 rpm dan torsi maksimum 480 Nm di 1.500-2.400 rpm. Angka yang sangat besar untuk kelas SUV, mengalahkan lawan-lawannya.

MG Gloster 2021 SUV 7 Seater yang Fiturnya Bikin Toyota Fortuner Ketar Ketir 07

Tenaga kemudian disalurkan ke satu-satunya pilihan transmisi yaitu otomatis 8 percepatan. Tentunya karena hadir dengan mode offroad, Gloster termasuk kategori mobil berpenggerak empat roda.

Interior dan Fitur Menang Telak dari Fortuner

MG Gloster 2021 SUV 7 Seater yang Fiturnya Bikin Toyota Fortuner Ketar Ketir 08

Ketika masuk ke kabin Gloster pertama kali, Anda akan terkejut karena tidak menyangka desain interior sebuah SUV mampu semewah ini.

Lihat saja penggunaan dual tone pada material kulit berwarna coklat di jok dan dashboard dipadukan dengan warna hitam di pintu, konsol tengah, dan atas dashboard. Anda serasa menaiki SUV Eropa, bukan Cina.

MG Gloster 2021 SUV 7 Seater yang Fiturnya Bikin Toyota Fortuner Ketar Ketir 09

Kemewahan tadi dicampur dengan kesan futuristis, lewat layar infotainment besar berukuran 12,3 inci ditambah dengan panel instrumen berupa layar berukuran 8 inci. Layar ini bisa mengatur semua fungsi mobil, termasuk fitur keselamatannya.

Tidak berhenti sampai disitu, MG juga menawarkan kenyamanan bagi pengemudi lewat fitur kursi pijat dan pendingin.

MG Gloster 2021 SUV 7 Seater yang Fiturnya Bikin Toyota Fortuner Ketar Ketir 10

Fitur lain yang hadir adalah start stop button, power tailgate, wireless charger, camera 360, triple climate control, panoramic sunroof, auto start stop, rem parkir elektris, dan auto hold.

Soal urusan offroad Gloster juga menghadirkan tujuh mode yang bisa dipilih, tergantung pada keadaan jalan mulai dari sand, rock, eco, smart, snow, mud, dan auto. Belum lagi fitur downhill assist yang aktif pada saat turunan curam.

MG Gloster 2021 SUV 7 Seater yang Fiturnya Bikin Toyota Fortuner Ketar Ketir 11

Fitur keselamatan juga menjadi perhatian MG dengan menyediakan ADAS (Advanced Driver Assisted System) yang terdiri dari fatigue detection, auto parking assist, blind spot monitoring, lane departure warning, front collision warning, dan adaptive cruise control.

Harganya Setara Fortuner

MG Gloster 2021 SUV 7 Seater yang Fiturnya Bikin Toyota Fortuner Ketar Ketir 12

MG menawarkan Gloster dengan 3 tipe pilihan yaitu pertama Super 7 seater merupakan tipe termurah yang dibanderol 29,98 Lakh (Rp 579,8 juta). Di tipe tengah ada Smart 6 seater dengan harga 32,38 Lakh (Rp 626,2 juta) dan tipe Sharp sebagai tipe termahal dijual dengan harga 35,79 Lakh (Rp 692 Juta).

Patut Dibawa Ke Indonesia

MG Motors Indonesia perlu memikirkan untuk membawa MG Gloster ke Tanah Air. Dengan fitur berlimpah dan mesin bertenaga tentu akan menarik minat calon konsumen.

MG Gloster 2021 menawarkan sesuatu yang baru, SUV yang tangguh tetapi juga hadir dengan interior yang mewah dan segudang fitur-fitur canggih. Jarang ada sebuah pabrikan yang mau memberikan keduanya dalam suatu harga yang masih masuk akal.

Baca juga : Nissan Terra Nismo 2022 Dijanjikan Lebih Sporty dari Fortuner GR Sport

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

MG ZS 1.5L Excite

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru