window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

MG ZS atau Wuling Almaz, Mana Lebih Praktis Sebagai Mobil Keluarga?

Bent Aulia · 22 Sep, 2020 08:00

MG ZS atau Wuling Almaz, Mana Lebih Praktis Sebagai Mobil Keluarga? 01

Sama-sama masuk ke segmen SUV kompak, harga MG ZS yang dimulai dari Rp255 jutaan bersaing cukup dekat dengan harga Wuling Almaz seharga Rp266 jutaan. Untuk kepraktisan sebagai SUV keluarga, bagaimana perbandingkan kedua mobil ber-DNA asal China ini?

Ruang kabin

Masuk ke dalam kabin MG ZS memberikan kesan mewah layaknya mobil khas Inggris dengan kesan lapang bersanding interior yang berbalut kulit dua nada. Kursi berlapis kulit sintetis bisa diatur sedemikian rupa untuk mendapatkan rasa berkendara yang mengesankan.

MG ZS atau Wuling Almaz, Mana Lebih Praktis Sebagai Mobil Keluarga? 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Selain dashboard dengan material softtouch, kenyamanan di dalam kabin terasa lebih mewah berkat kehadiran panoramic sunroof yang membentang hingga bangku baris kedua. Didukung dengan ruang kaki dan ruang kepala yang lapang bagi lima orang penghuni kabin.

MG ZS atau Wuling Almaz, Mana Lebih Praktis Sebagai Mobil Keluarga? 01

Namun kekurangan MG ZS terletak pada kurangnya headrest pada baris kedua yang disebut mampu menampung tiga penumpang. Begitu juga dengan armrest yang masih belum bisa ditemukan pada MG ZS dan door trim dengan panel soft touch, tapi tanpa saku-saku.

Sebagai penantang di segmen yang sama, Almaz mendapatkan kursi berlapis kulit semi pada Wuling Almaz varian tertinggi. Kenyamanan di belakang kemudi terlihat dengan pengaturan elektris, memudahkan pengemudi mendapatkan posisi berkendara terbaik.

MG ZS atau Wuling Almaz, Mana Lebih Praktis Sebagai Mobil Keluarga? 02

Rasa nyaman yang diberikan cukup baik, apalagi ruang yang ditawarkan pada penghuni depan maupun di baris kedua. Setiap bangku juga mendapatkan headrest untuk menyangga kepala dalam perjalanan jauh. Ada armrest dan ventilasi AC bagi penghuni baris kedua.

MG ZS atau Wuling Almaz, Mana Lebih Praktis Sebagai Mobil Keluarga? 03

Kapasitas ruang kaki di baris ketiga memang tidak terlalu lapang, mengingat Almaz awalnya dipersiapkan sebagai kendaraan lima tempat duduk. Penambah kesan lapang di dalam kabin Almaz tipe tertinggi sudah mendapatkan panoramic sunroof yang berukuran cukup besar.

Ruang penyimpanan

Sayangnya kepraktisan dalam ruang penyimpanan masih menjadi kelemahan tersendiri bagi MG ZS terbaru. Hanya ada satu cupholder serta saku untuk meletakkan kartu pada konsol tengah. Bahkan saku pada kursi belakang hanya tersedia pada varian MG ZS Ignite.

MG ZS atau Wuling Almaz, Mana Lebih Praktis Sebagai Mobil Keluarga? 04

Sedangkan kepraktisan Almaz masih cukup menjanjikan. Ada cupholder pada trim pintu serta dua pada konsol tengah. Pada baris kedua, terdapat kompartemen terbuka untuk meletakkan hingga mengecas smartphone. Bahkan ada kompartemen pada bagian sisi bagasi belakang.

MG ZS atau Wuling Almaz, Mana Lebih Praktis Sebagai Mobil Keluarga? 05

Bagasi

Ruang belakang yang ditawarkan MG ZS cukup besar, walaupun memang bukan yang terbesar di kelasnya. Catatan 359 liter diberikan untuk barang bawaan. Sedangkan ketika jok baris kedua dilipat, maka kapasitas bagasi MG ZS mencapai 1.166 liter.

MG ZS atau Wuling Almaz, Mana Lebih Praktis Sebagai Mobil Keluarga? 06

Dengan penambahan sebaris tempat duduk di belakang pada Wuling Almaz 2019, kapasitas penyimpanannya memang cukup berkurang. Butuh ruang lebih? Rebahkan saja kursi baris ketiga demi kapasitas 1.050 liter.

MG ZS atau Wuling Almaz, Mana Lebih Praktis Sebagai Mobil Keluarga? 07

Kesimpulan

Kepraktisan dan ruang kedua mobil ini memiliki daya tarik tersendiri. Wuling Almaz terbaru cukup menjanjikan dengan ruang penyimpanan tambahan dan kapasitas penumang yang lebih besar. Kelebihan MG ZS 2020 menawarkan kabin dan bagasi yang lapang untuk barang bawaan bersama keluarga.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

MG ZS 1.5L Excite

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil