MINI Cooper S EV 2022 Kepergok Lagi Uji Jalan, Tapi Kok Bentuknya Gitu?

Prasetyo · 13 Des, 2021 10:37

MINI Cooper S EV 2022 Kepergok Lagi Uji Jalan, Tapi Kok Bentuknya Gitu? 01

MINI Cooper S EV 2022 alias versi listrik dari MINI Cooper sepetinya bersiap untuk hadir generasi barunya. Ini berdasarkan bocoran foto-foto mobil tersebut yang sedang terparkir. Tapi kok modelnya...

MINI memang bukan pertama kali mengembangkan kendaraan listrik murni. Karena sebelumnya sudah ada MINI Copper SE yang telah dipasarkan secara global sejak pertengahan 2019. Bahkan model ini pun sudah merambah pasar Asia Tenggara.

MINI Cooper S EV 2022 Kepergok Lagi Uji Jalan, Tapi Kok Bentuknya Gitu? 02

MINI Cooper SE sudah dijajakan sejak 2019

Tapi kini ada kabar baru dari MINI. Dilansir Creative Trend jika MINI Cooper S EV 2022 sudah disiapkan. Jadwal rilisnya namun baru diprediksi terjadi di tahun 2023. Meksi demikian mobil tanpa bensin ini telah siap melakukan serangkaian uji jalan.

Wah, MINI Cooper S EV 2022 Bukan dari Inggris?

MINI Cooper S EV 2022 Kepergok Lagi Uji Jalan, Tapi Kok Bentuknya Gitu? 01

MINI sudah memproduksi beberapa model EV

Ada yang unik dari informasi mengenai proses pengembangan MINI Cooper S versi elektrik ini. Karena ternyata proses pengembangannya malah dilakukan di Cina. Bahkan beberapa kali media lokal memergoki keberadaan mobil ini yang terbungkus stiker kamuflase. Tapi saat itu diyakini masih berupa prototipe pertama.

Kini sebuah penampakan baru terkait Cooper EV 2022 kembali muncul. Namun menurut sumber foto tersebut, mobil yang terlihat berkelir putih pada sekujur tubuhnya itu tengah terparkir disebuah fasilitas umum di Cina. Bahkan unit ini tampak berjejer dengan beberapa model MINI lain yang masih tertutup stiker kamuflase.

Baca juga : Mulai Tahun Depan Mobil Listrik MINI dan BMW Serbu Indonesia

Diduga kuat, Cooper S electric ini bersama dengan beberapa model MINI lainnya adalah unit yang akan segera beredar di Tiongkok dalam waktu dekat.

Desain MINI Cooper S EV Terbaru kok Seperti Itu?

MINI Cooper S EV 2022 Kepergok Lagi Uji Jalan, Tapi Kok Bentuknya Gitu? 02

Dari depan kok mirip Daihatsu Ayla?

Diselimuti warna putih pada sekujur tubuhnya, hanya sedikit aksen hitam yang ada di mobil listrik berdarah Inggris itu. Desainnya terlihat sederhana, namun cukup bikin pangling kalau kita bandingkan dengan model MINI lainnya.

Tampak depan ia masih punya lampu bulat yang khas MINI. Tetapi tidak terlihat gril dengan kisi-kisi udara di bagian tengah bemper. Gantinya hanya panel sewarna bodi dengan beberapa aksen hitam. Lekuk bemper depannya juga terlihat sederhana.

Bagian Belakang Mirip Mobil Cina

MINI Cooper S EV 2022 Kepergok Lagi Uji Jalan, Tapi Kok Bentuknya Gitu? 03

Lampu belakang seperti mata Spider-man

Mari kita lihat penampakan bagian belakangnya. Meski cuma ada satu foto, tapi setidaknya ini mewakili kira-kira seperti apa MINI Cooper S EV 2022 jika dilihat dari belakang. Bentuk lampunya unik, bukan bulat atau oval seperti MINI pada umumnya. Bahkan di mika lampu tersebut ada detil kotak-kotak kecil yang membuatnya jadi mirip mata Spider-Man, hehehe...

Kemudian diantara kedua lampu ini ada garnis black gloss serta pada bagian tengahnya ada tulissan "COOPER S". Tepat di bawah ejaan itu juga ada logo MINI yang menggunakan warna hitam.

MINI Cooper S EV 2022 Kepergok Lagi Uji Jalan, Tapi Kok Bentuknya Gitu? 04

Sudah ada sunroof

Hal menarik lainnya adalah pilar C diberi warna hitam sehingga memberikan efek floating roof. Kemudian bukaan pintu bagasi juga sangat lebar.

Interior MINI Cooper S EV 2022 Tanpa Meter Cluster

MINI Cooper S EV 2022 Kepergok Lagi Uji Jalan, Tapi Kok Bentuknya Gitu? 05

Kabinnya juga tampak kurang premium

Bocoran foto tentang MINI Cooper elektrik terbaru ini juga bukan cuma bagian eksteriornya. Namun sedikit penampakan kabin kendaraan tersebut pun terlihat. 

Disini terlihat jika layout dasbor mobil listrik MINI tersebut hadir nyaris tanpa lekukan-lekukan. Bahkan keberadaan meter cluster di sisi pengemudi juga digantikan layar head up display. Kemudian keberadaan headunit monitor juga diganti sosok layar bundar besar dengan model floating.

Sementara untuk joknya terlihat tidak menggunakan leather. Demikian pula dasbor dan rim pintunya juga terlihat tidak pakai material mewah. Namun dipercaya semua ini masih akan berubah kembali pada saat unit produksinya benar-benar keluar dari lini produksi MINI.

Tapi apakah Cooper S listrik ini akan diproduksi di Cina atau tetap diproduksi di pabrik Oxford di Inggris, itu masih belum ada konfirmasi dari pihak pabrikan.

Baca juga : Rayakan 10 Tahun di Indonesia, 15 Unit MINI Anniversary Edition Siap Jadi Rebutan

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

MINI 3 Door Cooper

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru