Minim Pesaing, Inilah Perbandingan Toyota Kijang Innova Vs Wuling Cortez

Franky · 16 Okt 2020 06:00

Di Indonesia, nyatanya terdapat beberapa mobil yang membentuk kelas tersendiri dan minim pesaing. Salah satunya adalah kelas Medium Multi Purpose Vehicle (MPV), Toyota Kijang Innova yang bersanding langsung dengan Wuling Cortez serta Isuzu Panther. Di kesempatan kali ini akan dibahas lebih lanjut tentang perbandingan Toyota Kijang Innova Vs Wuling Cortez.

Perbandingan Toyota Kijang Innova Vs Wuling Cortez

Toyota Kijang Innova sudah mewarnai Tanah Air sejak tahun 2004 silam. Sosoknya tampil mewah dan terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Innova Reborn muncul pada tahun 2016 lalu, sebagai pembaruan All-New Toyota Kijang Innova. Ditawarkan dalam dua pilihan mesin utama yakni bensin dan diesel.

Beda ceritanya dengan Wuling Cortez, yang baru saja muncul pada awal tahun 2018 lalu. Mobil satu ini mengusung tema “The New Choice of MPV”, muncul sebagai pesaing baru asal Tiongkok. Mobil satu ini menawarkan banyak sekali fitur serta punya mesin berkubikasi 1.800 cc.

Perbandingan Toyota Kijang Innova Vs Wuling Cortez: Segi Penjualan

Melirik dari data GAIKINDO, Wholesales dari Toyota Kijang Innova dan Wuling Cortez, tampak tidak begitu sengit. Persaingan masih didominasi oleh Toyota Kijang Innova. Pada semester pertama tahun 2019, Toyota Kijang Innova berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 26.845 unit. Berbeda dengan Wuling Cortez yang hanya terjual sebanyak 273 unit saja.

Jika melirik sepanjang tahun 2019, Toyota Kijang Innova berhasil membukukan penjualan sebanyak 54.500. Innova menjadi model ketiga terlaris dari seluruh produk Toyota, berada di bawah Calya dan Rush. Wuling Cortez sendiri cukup laris di pasaran dengan perolehan angka 3.160 unit. Meski kalah dibanding Toyota Kijang Innova, tapi hal ini tergolong cukup sukses, mengingat Wuling masih menjadi pendatang baru di Indonesia.

Perbandingan Toyota Kijang Innova Vs Wuling Cortez: Daftar Harga

Setelah membahas penjualan, kini kita beralih ke segmen perbandingan daftar harga Toyota Kijang Innova Vs Wuling Cortez.

Dari segi rentang harga, Wuling Cortez punya harga lebih terjangkau dibanding Toyota Kijang Innova. Cortez dijual mulai Rp. 209 jutaan, sedangkan Innova Rp. 326 jutaan. Perbedaan keduanya terpaut Rp. 100 jutaan. Untuk informasi selengkapnya, mari kita lihat perbandingan daftar harga Toyota Kijang Innova Vs Wuling Cortez.

PERBANDINGAN DAFTAR HARGA TOYOTA KIJANG INNOVA VS WULING CORTEZ
MODEL HARGA
TOYOTA KIJANG INNOVA
Toyota Kijang Innova 2.0 G M/T Rp. 326.050.000
Toyota Kijang Innova 2.0 G A/T Rp. 346.250.000
Toyota Kijang Innova 2.0 V M/T Rp. 375.050.000
Toyota Kijang Innova 2.0 V A/T Rp. 394.850.000
Toyota Kijang Innova 2.0 Q M/T BASIC Rp. 407.900.000
Toyota Kijang Innova 2.0 Q A/T BASIC Rp. 428.200.000
Toyota Kijang Innova 2.4 G M/T DIESEL Rp. 355.950.000
Toyota Kijang Innova 2.4 G A/T DIESEL Rp. 377.450.000
Toyota Kijang Innova 2.4 V M/T DIESEL Rp. 408.750.000
Toyota Kijang Innova 2.4 V A/T DIESEL Rp. 428.750.000
WULING CORTEZ
Wuling Cortez 1.5 S M/T Rp. 209.000.000
Wuling Cortez 1.5 S CVT Rp. 233.000.000
Wuling Cortez 1.5 C M/T Rp. 238.500.000
Wuling Cortez 1.5 C CVT Rp. 255.500.000
Wuling Cortez 1.5 L CVT Rp. 290.000.000

Perbandingan Toyota Kijang Innova Vs Wuling Cortez: Desain Eksterior

Perbandingan eksterior Toyota Kijang Innova Vs Wuling Cortez, memang terpaut sangat jauh khususnya dari segi desain. Innova punya tampilan yang cukup dikenal oleh masyarakat Tanah Air, menonjolkan kesan gagah, modern dan juga sporty. Sementara pada Wuling Cortez, desain bodinya terkesan modis namun dengan karakter yang sedikit kaku namun masih tetap elegan.

Pada varian tertingginya, Toyota Kijang Innova V sudah dilengkapi dengan fitur mumpuni seperti lampu LED Projector Headlamp, lampu kabut, kaca spion melipat otomatis, pelek Alloy Wheel serta Rear License Garnish pada bodi belakangnya.

Toyota Kijang Innova punya tampilan yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat

Berikutnya, eksterior Wuling Cortez 1.5 L, menyediakan lampu Projector Headlamp disertai Height Adjuster dan Follow-Me Home. Tak lupa juga, lampu canggih seperti Daytime Running Light (DRL) juga sudah tersedia. Dari segi Wiper pun begitu, sudah didukung model Frameless Wiper dan Rain-Sensing Wiper.

Inilah tampilan eksterior dari Wuling Cortez

Inilah tampilan eksterior dari Wuling Cortez

Dari segi desain, perlu diakui Toyota Kijang Innova sudah dikenal lebih dulu oleh masyarakat Tanah Air, sehingga terkesan lebih Familiar ketimbang Wuling Cortez. Namun jangan salah, dari segi fitur, Wuling Cortez nyatanya punya fitur lebih lengkap dari sang primadona, Innova.

Perbandingan Toyota Kijang Innova Vs Wuling Cortez: Desain Interior

Dengan ukuran bodi, panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.795 mm, Innova punya rancangan dimensi Wheelbase sebesar 2.750 mm. Beda halnya dengan Wuling Cortez, punya ukuran bodi 4,780 mm x 1.816 mm x 1.755. Meski berbeda soal ukuran bodi, tapi keduanya punya kelegaan serupa karena dimensi Wheelbase-nya punya ukuran sama yakni 2.750 mm.

Interior Toyota Kijang Innova dikemas dengan Head Unit praktis berukuran 8 inci yang siap menghibur Anda. Di sisi lain, mobil primadona satu ini juga menyediakan fitur Auto AC, Premium Illumination LED, Tilt & Telescopic Steering Wheel. Fitur-fitur tersebut sukses membuat kabinnya terasa lebih mewah dan makin praktis.

Tampilan interior Toyota Kijang Innova menonjolkan kesan elegan

Ruang interior Wuling Cortez tampil dengan fitur-fitur yang lebih lengkap ketimbang Innova. Beberapa fitur tersebut di antara lain Double Blower AC, Digital AC Control, Auto AC, tombol Start/Stop Engine, Sunroof, pengaturan elektrik pada kursi baris pertama, MID Steering Switch dan Head Unit 8 inci Touchscreen.

Tampilan interior Wuling Cortez, menyuguhkan banyak fitur mumpuni

Perbandingan interior Toyota Kijang Innova Vs Wuling Cortez, dimenangkan oleh Cortez khususnya dari segi fitur. Tak dipungkiri, Cortez punya fitur mumpuni dan mewah seperti halnya Sunroof serta tombol Start/Stop Engine.

Perbandingan Toyota Kijang Innova Vs Wuling Cortez: Kelengkapan Fitur

Soal fitur keselamatan Toyota Kijang Innova, mobil satu ini menggunakan tema “Superior Safety”. Tapi sayangnya, hanya terdapat beberapa rangkaian fitur saja yakni Knee Airbag, Dual SRS Airbags, Front Driver Airbag, Passenger Airbag, Dual SRS Airbags, ISOFIX, Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD).

Fitur keselamatan Toyota Kijang Innova mengandalkan jumlah Airbags dan menyediakan fitur lainnya

Perlu diakui, Wuling Cortez punya lebih banyak fitur mumpuni ketimbang Innova. Dari sektor pengereman dan kestabilan, terdapat fitur mengesankan pada Cortez yakni ABS, EBD, Electronic Stability Control (ESC) serta Traction Control System (TCS). Tersedia pula fitur tambahan Tire Pressure Monitoring System, Electric Parking Brake, Auto Vehicle Hold, Hill Hold Control dan Fatigue Driving Warning.

Wuling Cortez memiliki banyak fitur keselamatan mumpuni

Perbandingan fitur keselamatan Toyota Kijang Innova Vs Wuling Cortez, nyatanya dimenangkan oleh Cortez. Mobil asal Tiongkok ini punya banyak sekali fitur mumpuni, yang siap memberi jaminan rasa aman bagi pengendara dan penumpang.

Perbandingan Toyota Kijang Innova Vs Wuling Cortez: Performa Mesin

Toyota Kijang Innova menawarkan dua pilihan mesin yakni 2.0 Liter bensin dan 2.4 Liter diesel. Hal ini tentu menjadi sebuah kelebihan bagi Anda yang menyukai performa mesin diesel. Tentu, diesel punya kelebihan tersendiri yakni performa lebih tangguh serta sangat irit bahan bakar.

Dari catatan resminya, performa mesin Toyota Kijang Innova diesel mampu memberi daya maksimum di angka 149 PS setara 3.400 Rpm. Lain cerita jika membahas soal Innova bensin, yang mampu memberikan daya maksimum 139 PS pada putaran 5.600 Rpm.

Toyota Kijang Innova menyediakan dua pilihan mesin yakni 2.0 Liter bensin dan 2.4 Liter diesel

Wuling Cortez tampil berbeda, dengan mesin berkubikasi 1.451 cc Turbocharged, lebih kecil dari tenaga yang ditawarkan Innova tapi sudah mendukung konfigurasi Turbo. Daya yang dihasilkan oleh Cortez mencapai 140 HP setara 5.200 Rpm. Torsi mesinnya sendiri berada di angka 250 Nm di kisaran 1.600 Rpm hingga 3.600 Rpm.

Mesin Wuling Cortez menggunakan 1.451 cc Turbocharged

Perbandingan mesin Toyota Kijang Innova Vs Wuling Cortez, dimenangkan oleh Innova. Selain karena hadirnya dua pilihan yakni bensin dan diesel, Innova juga punya tenaga yang cukup besar dibandingkan Cortez.

Kesimpulan

Dari segala aspek yang dibandingkan, keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Toyota Kijang Innova lebih dulu dikenal dan sudah melekat di hati masyarakat sejak tahun 2004 silam. Desain eksterior yang diusungnya pun sudah banyak dikenal. Berbeda halnya dengan Wuling Cortez, yang tergolong sebagai pendatang baru. Masyarakat setidaknya membutuhkan proses pengenalan lebih jauh agar lebih percaya pada Wuling.

Tapi, di sisi lain, Wuling Cortez punya kelebihan soal fitur-fiturnya yang tampil sangat lengkap dan punya harga lebih terjangkau. Tak main-main, fitur yang dihadirkan oleh Cortez sudah tergolong sangat mumpuni dan inovatif. Hal ini menjadi salah satu strategi Wuling untuk mendapatkan respon positif masyarakat Tanah Air.

Jadi, apa pilihan Anda setelah membaca perbandingan Toyota Kijang Innova Vs Wuling Cortez? Pilihan terakhir kembali pada Anda. Pilihlah mobil keluarga yang sesuai dengan kebutuhan dan Budget yang Anda miliki.

Komentar

Mobil Terbaru