window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Minus ADAS, Suzuki SX4 S-Cross Jadi Alternatif Rasional Honda HR-V Tipe S yang Mahal

Yongki Sanjaya · 16 Nov, 2022 13:30

Minus ADAS, Suzuki SX4 S-Cross Jadi Alternatif Rasional Honda HR-V Tipe S yang Mahal 01

Honda HR-V generasi kedua sosoknya langsung melejit tak lama setelah diluncurkan. Crossover jagoan Honda tersebut harganya kini juga semakin mahal, karena mendapat tambahan fitur ADAS. Bagi kamu yang berburu crossover baru namun tak memerlukan ADAS, masih ada Suzuki SX4 S-Cross sebagai alternatif.

Suzuki SX4 S-Cross dijual di Indonesia mulai tahun 2016. Bicara soal desain, SX4 memang kalah stylish ketimbang Honda HR-V karena memang mobil ini dikembangkan di India. Negeri Vrindavan itu dikenal punya selera desain yang agak unik dan cukup berbeda dari selera Asia pada umumnya.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Honda HR-V 2022 Paling Murah Berbanderol Rp355,9 Juta, Fiturnya Gini Doang?

Lupakan Honda HR-V, Masih Ada Suzuki SX4 dan Mazda CX-3 SPORT 1.5 yang Tak Kalah Keren!

Begini Kata Suzuki Soal Nasib SX4 S-Cross di Indonesia, Mau Disuntik Mati Juga?

Pada November 2017, Suzuki SX4 S-Cross facelift hadir di Indonesia dengan perubahan yang sama sepeti unit di India, dan menggendong mesin M15A 1.5 liter 109 PS dengan torsi 138 Nm. SX4 S-Cross saat itu tersedia dengan varian transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 6 percepatan. 

Sebelum pergantian tahun, ada baiknya Suzuki SX4 S-Cross masuk daftar incaran belanja mobil kalian. Sebab Suzuki S-Cross dihentikan penjualannya India yang merupakan negara asal produsen mobil tersebut. Harga Suzuki SX4 S-Cross AT Rp340,4 juta on the road Jabodetabek, dan lebih murah ketimbang Honda HR-V tipe S seharga Rp355,9 juta.

Supaya tidak bingung, mari kita bandingkan kedua model tersebut.

Honda HR-V S, Tipe Termurah Sudah Dapat Honda Sensing

Minus ADAS, Suzuki SX4 S-Cross Jadi Alternatif Rasional Honda HR-V Tipe S yang Mahal 01

Honda HR-V kembali sukses menjadi crossover terlaris, melanjutkan prestasi gemilang yang ditorehkan sejak generasi pertama. Resepnya jelas dari sisi kelengkapan fitur pada Honda HR-V yang melimpah.

Pada interiornya, Honda HR-V tipe S CVT dilengkapi panel meter TFT 4,2 inci, AC otomatis, pengatur ketinggian jok pengemudi, lampu kabin LED, jok dilapisi fabric, USB charger, serta air diffusion outlet. Untuk menambah kenyamanan saat berkendara, sudah ada head unit 7 inci yang bisa mirroring ponsel pintar. Sistem audionya pada tipe terbawah ditunjang oleh 4 speaker. 

Fitur Keselamatan HR-V Gen 2 Terlengkap di Segmennya

Minus ADAS, Suzuki SX4 S-Cross Jadi Alternatif Rasional Honda HR-V Tipe S yang Mahal 02

Poin menarik dari peluncuran Honda HR-V generasi kedua ialah Honda menyediakan teknologi Honda Sensing untuk semua tipe dan varian. Ini membuat HR-V S sebagai tipe terbawah tak lagi jadi anak tiri. Fitur tersebut  terdiri dari:

  • Collision Mitigation Braking System (CMBS)
  • Road Departure Mitigation System (RDM)
  • Adaptive Cruise Control with Low Speed Follow
  • Lane Keeping Assist System (LKAS)
  • Auto High Beam (AHB)
  • Lead-Car Departure Notification System (LCDN)

Minus ADAS, Suzuki SX4 S-Cross Jadi Alternatif Rasional Honda HR-V Tipe S yang Mahal 03

Selain itu, Honda HR-V S fiturnya makin lengkap dengan Walk-Away Auto Lock yang bisa mengunci pintu secara otomatis ketika ditinggalkan di garasi. Auto Door Lock by Speed juga sudah jadi opsi standar. Fitur keselamatan yang terdapat pada HR-V tipe S juga cukup lengkap antara lain:

  • Anti-lock Braking System
  • Electronic Parking Brake+Auto Brake Hold
  • Electronic Brake-force Distribution
  • Brake Assist
  • Vehicle Stability Assist
  • Hill Start Assist
  • Hill Descent Control
  • Emergency Stop Signal
  • 4 airbags
  • Sensor parkir belakang
  • Kamera belakang
  • Immobilizer+alarm

Mesin Baru di Honda HR-V, Tenaganya Besar

Minus ADAS, Suzuki SX4 S-Cross Jadi Alternatif Rasional Honda HR-V Tipe S yang Mahal 04

Mesin pada generasi terbaru ini serupa Honda BR-V, berkapasitas 1.498 cc, DOHC, 4-silinder segaris, 16-katup, i-VTEC. Dapur pacunya dapat memproduksi tenaga 121 PS di 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.300 rpm. Sebagai catatan, seluruh Honda HR-V 2022 kini sudah menggunakan transmisi matic CVT, atau tidak ada lagi opsi transmisi manual. 

Suzuki SX4 S-Cross, Opsi Murah Meriah di Kelas Crossover

Minus ADAS, Suzuki SX4 S-Cross Jadi Alternatif Rasional Honda HR-V Tipe S yang Mahal 05

Suzuki SX4 S-Cross kini namanya kalah mentereng bila dibandingkan dengan model kekinian seperti Honda HR-V atau mungkin Kia Seltos. Secara desain juga SX4 tak semenarik para rivalnya di segmen crossover. 

SX4 kalah laris karena desain mobil ini seleranya orang India. Grill besar dengan kisi-kisi vertical dan lekuk kap membulat membuatnya jadi serba nanggung, tidak terlalu maskulin tapi juga kurang elegan. Meskipun demikian, brand Suzuki memiliki keunggulan dari sisi harga, kelengkapan fitur hingga built quality yang kokoh

Bicara soal ukuran, SX4 ini merupakan crossover yang proporsional, bukan seperti hatchback pakai ban besar. Secara penampilan New SX4 S-Cross tampil lebih lebar dan tinggi dengan dimensi panjang 4.300 mm, lebar 1.785 mm dan tinggi 1.595 mm serta radius putar 5,5 m. Nah bagaimana kelengkapan fiturnya?

Fitur Suzuki SX4, Layak Jadi Alternatif Pilihan Paling Murah Meriah

Minus ADAS, Suzuki SX4 S-Cross Jadi Alternatif Rasional Honda HR-V Tipe S yang Mahal 06

Kabinnya cukup proper, tidak sempit tapi juga tidak lega sekali karena memang dimensi panjang mobil yang mencapai 4.300 mm. SX4 ini kabinnya mengingatkan pada generasi pertama yang punya ruang kepala besar walaupun posisi kursinya tinggi. 

Interior crossover ini  premium karena SX4 dilengkapi dengan leather seat dipadukan dengan tampilan audio garnish, AC louver, door garnish dan center console garnish dengan warna satin plating. 

Untuk hiburan, headunit dilengkapi koneksi Aux-In, USB, dan HDMI, tombol audio di kemudi. Terdapat auto dimmer di spion tengah, soket 12 V, dan AC climate control yang bisa menaik-turunkan blower secara otomatis. Kelengkapan lainnya yaitu sensor parkir, keyless entry, tombol start/stop mesin, lampu otomatis, wiper otomatis, konektivitas Bluetooth hingga cruise control. 

Fitur pada eksteriornya juga tidak murahan, karena SX4 S-Cross memiliki Daytime Running Light (DRL). Headlamp New SX4 S-Cross juga telah dilengkapi auto leveling yang akan membantu pengendara mengatur ketinggian sorotan lampu. Fitur auto headlight on akan menyalakan lampu besar (posisi low) secara otomatis pada saat lingkungan sekitar mobil terdeteksi kurang cahaya atau gelap. 

Sensasi Berkendara Sporty di Suzuki SX4, Terkendala Output Kecil 

Minus ADAS, Suzuki SX4 S-Cross Jadi Alternatif Rasional Honda HR-V Tipe S yang Mahal 07

New SX4 S-Cross ditunjang oleh mesin berkapasitas 1.491cc VVT DOHC, menghasilkan power maksimum 109ps/6000rpm. Untuk transmisi, kini hanya tersedia varian automatic dengan 6-percepatan. 

Sensasi berkendara ala mobil balap coba dihadirkan oleh Suzuki pada SX4 bikinan India ini. New SX4 S-Cross telah mengusung sistem perseneling paddle shift.  

Kesimpulan

Selisih harga mencapai Rp25,5 juta antara SX4 S-Cross dengan Honda HR-V tipe S ini lumayan besar, namun sepadan karena Suzuki tak membekali SX4 dengan fitur ADAS. Buat kamu yang mencari mobil crossover dengan harga miring tanpa mementingkan kebutuhan ADAS, maka SX4 jadi jawaban ideal.

Lain cerita kalau kamu termasuk kaum BPJS alias Budget Pas-pasan Jiwa Safety, maka pilihan rasional jatuh pada Honda HR-V tipe S. Meskipun tipe terbawah, tapi HR-V S fiturnya cukup lengkap dari banyak aspek.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda HR-V 1.5L S 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil