Mirip Suzuki Karimun Kotak, Mobil Cina Ini Masih Keluar Model Barunya, Harga Rp98 Jutaan

Prasetyo · 12 Jan, 2022 08:08

Mirip Suzuki Karimun Kotak, Mobil Cina Ini Masih Keluar Model Barunya, Harga Rp98 Jutaan 01

Changhe Beidouxing, Suzuki Karimun Kotak di Cina
  • Suzuki Karimun Kotak ini pakai nama Changhe Beidouxing
  • Merupakan mobil produksi BAIC Changhe yang joint venture dengan Suzuki
  • Changhe Beidouxing terbaru harganya mulai Rp98 jutaan

Suzuki Karimun Kotak memng sudah tak lagi diproduksi. Namun nyatanya masih bayak sekali penggemar mobil ini di Indonesia. Model yang long lasting, dimensi mungil, irit BBM, dan mudah dalam perawatan, membuat Karimun Kotak dijadikan pilihan mobil harga terjangkau untuk mendukung aktifitas perkotaan.

Ternyata Karimun Kota masih diproduksi loh sampai sekarang, tapi mereknya bukan Suzuki. Bukan pula Maruti Suzuki yang jadi produsen mobil berlogo S ini di India. Karimun Kotak yang satu ini adalah jelmaan lain bernama Changhe Beidouxing.

Ini adalah citycar produksi dari BAIC Changhe yang melakukan joint venture dengan Suzuki. Dan nama Beidouxing juga sebenarnya arti lain dari Wagon R dalam bahasa Cina. Changhe Beidouxing sendiri sudah diproduksi sejak 2004, tapi di 2020 baru rilis model teranyarnya.

Produksi Suzuki Karimun Kotak Cina Sempat Terhenti

Mirip Suzuki Karimun Kotak, Mobil Cina Ini Masih Keluar Model Barunya, Harga Rp98 Jutaan 02

Changhe Beidouxing terbaru muncul di 2020

Walaupun di negara lain sudah dihentikan penjualannya, tetapi Suzuki Karimun Kotak Cina a.k.a Changhe Beidouxing ini masih tetap lanjut sampai sekarang. Namun proses produksinya sempat terhenti akibat relokasi pabrik dari Jingdezhen ke Jiujiang. Serta tentu saja pandemi Covid-19 yang memukul wilayah Tiongkok turut menghentikan sejenak proses produksi mobil ini.

Namun sekarang Beidouxing sudah kembali masuk lini produksi di pabrik yang baru. Total ada dua varian yang disodorkan Changhe untuk Beidouxing yakni tipe biasa dan Premium Edition. Masing-masing harganya 43.900 yuan atau kira-kira Rp98,5 jutaan dan 44.900 yuan atau setara Rp100,7 jutaan.

Baca juga : Resmi, Suzuki Indonesia Stop Jualan Karimun Wagon R!

Penampilan Changhe Beidouxing Mirip Banget Karimun Kotak

Mirip Suzuki Karimun Kotak, Mobil Cina Ini Masih Keluar Model Barunya, Harga Rp98 Jutaan 01

Tetap dijual di jaringan diler Suzuki

Kalau melihat eksterior Beidouxing, tidak bisa dielak kalau begitu identik dengan Karimun Kotak. Lihat saja bagaimana mobil mungil ini punya desain yang serba boxy. Lampu depan, lekuk kap mesin, siluet bodi dari samping sampai ke bagian belakang dan bentuk kaca jendela semuanya mirip.

Hanya saja pada gril ditambah ornamen garis horizontal krom dengan logo bukan Suzuki. Kemudian bentuk foglmap dan lampu belakang juga sedkit berbeda dari Karimun.

Mirip Suzuki Karimun Kotak, Mobil Cina Ini Masih Keluar Model Barunya, Harga Rp98 Jutaan 02

Bagian belakang Changhe Beidouxing

Hal berbeda lainnya adalah dari spion luar yang pada Beidouxing diberi warna senada bodi. Lantas untuk velg yang dipasang juga pakai ring 14, ada yang masih steel wheels alias velg kaleng, dan untuk varian tertinggi sudah pakai velg alloy.

Interior Lebih Modern dari Karimun Kotak

Mirip Suzuki Karimun Kotak, Mobil Cina Ini Masih Keluar Model Barunya, Harga Rp98 Jutaan 03

Interiornya lebih modern dibanding Suzuki Karimun Kotak

Versi terbaru dari Changhe Beidouxing ini sudah menggunakan layout dasbor yang terlihat modern. Bentuknya tak lagi mengkotak seperti pada Karimun, namun dibuat lebih landai dengan warna kombiansi abu-abu dan hitam. 

Di sisi pengemudi ada setir yang bentuknya juga sudah modern, lantas ada meter cluster digital. Di bagian tengah dasbor ada audio system yang masih pakai single din dengan layar monochrome.

Baca juga : Mending Suzuki Karimun Estilo Facelift atau Pre Facelift? Ini Jawabannya!

Mengikuti mobil-mobil kekinian, Beidouxing juga sudah dibekali soket USB dan AUXIN yang tertempel di bagian tengah dasbor dekat tuas transmisi.

Sementara untuk joknya masih sama dengan model Beidouxing sebelumnya. Pelapis jok untuk keempat penumpang pun masih tetap menggunakan bahan fabric dengan warna hitam.

Fiturnya Masih Sederhana

Mirip Suzuki Karimun Kotak, Mobil Cina Ini Masih Keluar Model Barunya, Harga Rp98 Jutaan 04

Murah tapi sudah ada ABS

Dengan harga Rp100 jutaan jangan berharap kalau Changhe Beidouxing punay fitur ADAS. Walau begitu bukan berarti mobil ini tidak dibekali perangkat keselamatan sama sekali.

Karena pabrikan sudah menyediakan beberapa fitur seperti central lock, power windows di keempat kaca jendela pintunya, sistem pengereman ABS, dan Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Mesinnya Mirip Kepunyaan Suzuki Ertiga

Mirip Suzuki Karimun Kotak, Mobil Cina Ini Masih Keluar Model Barunya, Harga Rp98 Jutaan 05

Mesin 1.4L mirip punya Ertiga generasi awal

Untuk mesinnya, Beidouxing terbaru menggunakan mesin 1.4L berkodekan K14B yang mampu menghasilkan tenaga puncak 97 PS dengan torsi 120 Nm. Kalau Anda familiar, mesin K14B juga dipakai pada Suzuki Ertiga generasi pertama. Sementara di Ertiga baru sudah ganti K15B.

Selain di Ertiga, mesin K14B ini juga banyak dipakai model Suzuki lainnya, seperti Swift lama, dan Ciaz. Tetai pada Beidouxing, pabrikan cuma menyediakan transmisi manual 5 percepatan.

Wah kira-kira mau beli gak kalau ada di Indonesia?

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Karimun Kotak, City Car Boxy Incaran Kawula Muda Saat Ini

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2020 Suzuki Karimun Wagon R MPV 7-Seater

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru