Mirip Tapi Tak Sama, Toyota Rush VS Daihatsu Terios 2020

Rezky Yusuf · 2 Apr 2020 04:00

Kembar tapi tak sama, kira-kira begitulah kata yang tepat untuk Daihatsu Terios dan Toyota Rush Coba lihat lebih lanjut!

Daihatsu dan Toyota dua pabrikan mobil terkenal ini bekerja sama membuat generasi kedua Taruna yaitu Daihatsu Terios dan Kembarannya, Toyota Rush yang merupakan generasi pertama. 

Kedua mobil ini sama-sama merupakan mobil SUV (Sport Utility Vehicle) yang pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2006 lalu. Baik Terios dan Rush menerima dua kali facelift pada tahun 2010 dan juga 2015. 

Informasi baik di tahun 2017, kedua pabrikan terkenal itu meluncurkan All New Terios dan All New Rush. Dimana All New Terios ini merupakan generasi ketiga dan All New Rush merupakan generasi kedua. 

Keduanya terus berkembang dan meningkatkan kualitas yang memenuhi kebutuhan konsumen jaman now.

Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2020

Meskipun memiliki beberapa persamaan sehingga disebut kembar, namun Daihatsu Terios dan Toyota Rush memiliki beberapa perbedaan. Coba lihat dulu tabel perbandingan dari Rush dan Terios.

Table Spesifikasi Toyota Rush VS Daihatsu Terios
Jenis Mobil Mesin dan Performa (kapasitas, tenaga, torsi) Dimensi (pxlxt, satuan mm) Ground Clearance Jumlah Varian Harga
Toyota Rush 1496 cc, 103 hp, 136 Nm  4435 mm x 1695 mm  x 1705 mm  220 mm 4 varian Rp 253 juta-Rp 277 Juta
Daihatsu Terios 1496 cc, 103 hp, 137 Nm  4435 mm x 1695 mm  x 1706 mm 220 mm 9 varian Rp 208 juta-Rp 261 Juta

Persamaan Mobil Terios dan Rush

Jika dilihat dari tabel, terlihat ada beberapa persamaan dari Terios dan Rush yang bisa dilihat ditinjau dari beberapa bagian.

1. Mesin dan Performa 

Spesifikasi Toyota Rush 2020 dan Daihatsu Terios ditinjau dari mesin dan performanya. Keduanya dibekali mesin dengan kapasitas 1496 cc atau 1.5 L dengan 4 silinder segaris 2NR-VE Dual VVT-i. 

Mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimal 104 ps per 6000 rpm dan torsi maksimal 136 Nm per 4200 rpm.

2. Dimensi

Persamaan kedua dapat dilihat dari dimensi kedua mobil ini. Kedua mobil ini memiliki dimensi yang sama dengan panjang 4435 mm, lebar 1695 mm dan tinggi 1706 mm. Bahkan kedua mobil ini memiliki jarak sumbu roda yang sama, yakni 2685 mm dan juga Ground Clearance yang sama berukuran 220 mm.

Perbedaan Terios dan Rush

Setelah melihat persamaan dari Terios dan Rush, selanjutnya mari melihat perbedaan kedua mobil tersebut yang dapat dilihat dari beberapa bagian. Berikut adalah perbedaan Terios dan Rush yang lebih detail.

1. Eksterior

Daihatsu Terios

Eksterior Daihatsu Terios 2020 didesain sedemikian stylish dan juga modern. Pada bagian depan, terdapat headlamp yang sudah dibekali teknologi LED Position Lamp yang akan memberikan pencahayaan maksimal. 

Pada bagian samping, mobil ini dibekali dengan New Chrome Window Graphic yang menambah kesan gagah dan stylish pada mobil. 

Pada bagian belakang mobil Daihatsu Terios terdapat New LED Rear Combination Lamp with LED Tail Lamp yang juga memberikan pencahayaan yang ok. 

Di samping itu, terdapat juga bumper belakang yang dibekali dengan Silver Skid Plate Two One Color yang membuat mobil tampak menarik. 

Toyota Rush

Eksterior Toyota Rush 2020 dibekali dengan Sporty Exterior Design yang membuat mobil ini tampak lebih atraktif dan juga sporty. 

Toyota Rush memiliki desain headlamp yang sipit dan tajam pada setiap variannya. Selain itu, terdapat juga grill tajam dengan chrome yang berwarna dashing dark. 

Pada bagian belakang mobil telah dibekali teknologi Integrated LED Rear Combination Lamp yang terdapat di setiap tipe Toyota Rush.

Pada tipe tertinggi Rush, TRD Sportivo dibekali dengan desain Striking Side Moulding yang menegaskan identitasnya sebagai mobil SUV. 

2. Interior

Baik Daihatsu Terios dan Toyota Rush interiornya memiliki kabin yang cukup luas. Kedua mobil ini memiliki jok tiga baris dan mampu membawa hingga 7 orang penumpang. 

Perbedaan interior keduanya adalah pada Toyota Rush terdapat headrest tengah untuk penumpang di baris kedua. 

Headrest ini tidak hanya untuk meningkatkan kenyamanan penumpang saat melakukan perjalanan jauh, namun juga merupakan pelindung agar tidak cedera leher pada saat terjadi benturan dari depan.

3. Fitur

Kedua varian tertinggi dari Terios dan Rush telah dibekali dengan fitur keselamatan yang cukup baik, yakni adanya dual SRS Airbag, Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Anti-lock Braking System (ABS), Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Brake Signal (EBS).

Namun, Toyota Rush memiliki perlindungan yang lebih banyak di sisi kabin yang mencapai enam buah kantong perlindungan. Di samping itu, rush juga menawarkan penggunaan safety belt untuk semua penumpang mobil.

4. Harga dan Varian

Jika dilihat dari tabel perbandingan, kedua mobil ini memiliki perbedaan di harga dan varian. Dimana Toyota Rush 2020 tersedia dalam 4 varian. Harga Toyota Rush 2020 dibanderol dengan harga Rp 253 juta hingga Rp 277 jutaan. 

Sedangkan Daihatsu Terios 2020 tersedia dalam 9 varian. Harga Daihatsu Terios 2020 dibanderol dengan harga Rp 208 juta hingga Rp 261 jutaan.

Harga mobil Toyota selalu lebih tinggi dibandingkan dengan Daihatsu. Namun, tentu saja Toyota telah mengimbanginya dengan berbagai fitur yang menarik dan unggul.

Jika menginginkan mobil yang lebih sporty bisa memilih Toyota Rush. Jika ingin mencari mobil yang cocok di kocek, boleh memilih Daihatsu Terios yang tidak kalah menarik.

Komentar

Mobil Terbaru