Mirip VW Beetle, Mobil Cina ORA Punk Cat Sudah Kantongi Hak Paten Buat Produksi, Kok Gak Digugat?

Prasetyo · 25 Agu, 2021 10:33

Mirip VW Beetle, Mobil Cina ORA Punk Cat Sudah Kantongi Hak Paten Buat Produksi, Kok Gak Digugat? 01

Saat perhelatan Shanghai Auto Show 2021 yang berlangsung April lalu, Great Wall Motor (GWM) memperkenalkan brand baru mereka ORA. Merk ini ditujukan khusus sebagai produsen kendaraan-kendaraan listrik yang mengusung desain stylish tapi juga harga terjangkau. Satu diantaranya yang dipamerkan adalah ORA Punk Cat Concept.

Namun kehadiran mobil ini langsung menimbulkan polemik. Itu tak lain gara-gara sosoknya yang sangat mirip dengan Volkswagen (VW) Beetle. Namun rupanya GWM tak mau mundur atas kontroversi tersebut. Bahkan kini ORA Punk Cat sudah mendekati masuk lini produksi.

Ada Varian Khusus Cowok dan Cewek

ORA Punk Cat 2021 -1

ORA Punk Cat concept di Shanghai Auto Show 2021

Dilansir dari Carnewschina, pihak ORA belum lama ini merilis gambar resmi untuk versi produksi dari Punk Cat. Desain keseluruhan mobil Cina itu masih sama persis dengan Punk Cat versi konsepnya yang dipajang di pameran.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Namun menariknya ORA juga memperkenalkan jika bakal ada dua versi dari tiruan VW Beetle ini. Satu tetap pakai nama Punk Cat, satu lagi akan menggunakan nama ORA Ballet Cat. Segmentasinya pun dibuat berbeda, Punk Cat buat konsumen pria, sedangkan Ballet Cat buat mereka kaum hawa.

ORA Ballet Cat 2021 -1

Ballet Cat pakai warna girly

Untuk Ballet Cat perbedaannya ada pada pemilihan warna-warna yang lebih lembut. Kemudian pakai velg besi yang ditutup dop sehingga mengentalkan nuansa retro. Serta spionnya diberi aksen krom bukan senada warna bodi.

Baca juga : 5 Mobil Cina Tiruan Mobil Mewah Eropa, Ada yang Mirip Rolls Royce dan Audi R8!

Mobil Listrik Mirip VW Beetle

Seperti yang sudah disinggung di awal tulisan ini, ORA Punk Cat memang punya desain eksterior dan interior yang identik sekali dengan Beetle, mobil ikonik dari VW. Tapi dibanding versi konsepnya, ORA mendesain bemper yang sedikit berbeda, bentuk spion yang beda, desain velg juga beda, serta posisi plat nomor juga digeser ke bagian tengah atas bemper.

ORA Ballet Cat 2021 -2

Mobil listrik yang bisa melaju 400 km sekali ngecas

Model ini juga merupakan mobil listrik Cina. Memang belum ada informasi mengenai baterai dan motor listrik yang dipakai. Tapi diprediksi akan menggunakan baterai berkapasitas 54 kWh yang dikombinasikan motor listrik tunggal.

Daya puncaknya setara 163 hp dengan torsi 280 Nm. Dan mobil diperkirakan sanggup melaju sejauh 400 km dalam sekali isi daya. Uniknya, posisi soket pengisian daya baterai ada di dekat fender depan, sangat mirip dengan lokasi posisi tangki bensin VW Beetle klasik.

Sudah Kantongi Hak Paten Desain

ORA Punk CAt 2021 -2

ORA siap produksi Punk Cat dan Ballet Cat

Hal menarik lainnya dari Punk Cat atau Ballet Cat adalah pihak produsen ternyata sudah mengajukan paten untuk desain mobil ini. Paten tersebut pun sudah disetujui pihak European Union Intellectual Property Office (EUIPO). Dalam dokumen resminya terkuak kalau ORA bisa menggunakan hak paten ini selama 5 tahun dan dapat terus diperpanjang paling lama 25 tahun.

Lantas bagaimana dengan kemiripan desain dengan VW Beetle? Jika memang Beetle generasi terbaru yang diperkenalkan tahun 1997 masih menggunakan hak paten yang berlaku maksimal 25 tahun, maka sebenarnya secara teoritis VW masih memiliki paten desainnya hingga tahun 2022 (1997+25=2022).

VW Beetle 1997

Apakah VW akan menuntut ORA atas kemiripan desain?

Jika memang terbukti banyak kesamaan antara desain VW Beetle dengan ORA, maka rasanya pabrikan Jerman itu akan mengajukan keberatan. Kita tunggu saja berita selanjutnya ya!

Baca juga : Mobil Cina Beijing BJ80 Ini Meniru Mercedes-Benz G-Class Tapi Didukung Pemerintahnya

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Volkswagen Polo 1.2L TSI

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru