window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mitsubishi Fuso Pensiunkan Colt Diesel, Rilis 29 Varian Berstandar Euro4

Ilham · 24 Mar, 2022 19:00

Mitsubishi Fuso Pensiunkan Colt Diesel, Rilis 29 Varian Berstandar Euro4 01

  • Mitsubishi Colt Diesel resmi berganti nama jadi Canter.
  • Seluruh unit dibekali servis gratis selama 2 tahun.

Mulai April 2022 ini, pemerintah Indonesia mewajibkan seluruh kendaraan bermesin diesel yang diproduksi di Tanah Air untuk berstandar emisi Euro4. Hal ini dijawab PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) dengan produk-produk baru mereka.

Tak tanggung ada 29 varian dari dua tipe yang kini mereka pasarkan. Diantaranya dari kelas light duty truck, Canter dan Fighter X di segmen medium duty truck.

Kami berkomitmen untuk terus mempertahankan dan meningkatkan dukungan layanan kepada pelanggan di seluruh Indonesia,” papar Nobukazu Tanaka, Presiden Direktur PT KTB.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Ogah Tenggak Solar Lagi, Mitsubishi Fuso Stop Jualan Truk dan Bus Diesel di 2030

Ganti Nama Truk Dan Stikernya

Menariknya, pihak KTB turut mengganti nama tipe-tipe truk tersebut. Di mana jenama Canter menggantikan Colt Diesel di versi Euro4. Sementara Fighter X menggantikan posisi Fighter dengan warna kabin baru.

Mitsubishi Fuso Pensiunkan Colt Diesel, Rilis 29 Varian Berstandar Euro4 01

Colt Diesel resmi berganti jadi Canter

Duljatmono, Sales & Marketing Director KTB menjelaskan jika pihaknya menyambut baik regulasi yang ditetapkan pemerintah ini. "Untuk itu ada sederet perubahan yang dilakukan," paparnya dalam acara virtual pada Kamis (24/3/2022).

Diantaranya di kelas light duty truck, yang familiar nama Colt Diesel, diganti nama menjadi Canter. Pembaruan tampilan luar dengan pemasangan emblem Canter dan sticker varian lebih dinamis. Sementara di medium duty truck ada ubahan kabin warna baru bright orange dan emblem Fighter X.

Total 29 Varian Mitsubishi Fuso Euro4

Di model Mitsubishi Fighter X menghadirkan 14 varian untuk segala usaha. Fiturnya pun bertambah, seperti adanya full air brake system dan ABS. lalu pemakaian air suspension pada jok pengemudi.

Mitsubishi Fuso Pensiunkan Colt Diesel, Rilis 29 Varian Berstandar Euro4 02

Peluncuran secara virtual

Sedangkan untuk Mitsubishi Canter disediakan 15 varian dengan tiga model baru. Kini power steering jad fitur standar. "Pertama, FE74 HDS dengan mesin 136 PS. Cocok untuk heavy duty dan kecepatan. Lalu FE84 SHDX, kabin lebar tapi fungsi truk muatan berat dengan tenaga 150 PS ada penyesuaian lebar kabin, bikin volume kargo makin besar," paparnya.

Terakhir ada model FE 84 GS dengan kabin lebar untuk fungsi logistik yang butuh tenaga besar, yakni 150 PS. Gabungan wheelbase panjang dan tenaga besar bikin cocok untuk box.

Baca Juga: Curi Start, UD Truck Luncurkan Quester dengan Standar Euro5

Pengembangan Mesin Untuk Euro4

Selain nama dan penampilan, tentu fokus ubahan di truk-truk Mitsubishi Fuso adalah mesin. Dimana mengharuskan standar emisinya sudah Euro4.

Mitsubishi Fuso Pensiunkan Colt Diesel, Rilis 29 Varian Berstandar Euro4 03

Fighter X jadi penerus Fuso dan Fighter

Mesin yang diusung kini bertipe 4V21 untuk Canter dan mesin 6M60 untuk Fighter X. Mesin tersebut dilengkapi dengan teknologi Common Rail dapat menghasilkan tenaga mesin yang maksimal, torsi yang lebih tinggi di range putaran mesin yang lebih panjang sehingga performanya lebih optimal.

Selain itu, ada sederet fitur tambahan untuk mereduksi gas buang. Semisal teknologi Exhaust Gas Recirculation, Positive Crankcase Ventilation, dan Diesel Oxidation Catalyst Muffler mampu menurunkan kadar emisi NOx (Nitrogen Oxide).

Layanan Aftersales Komplet

"Tidak hanya itu, kami menyiapkan program purna jual untuk mendukung era baru Euro4. Di mana seluruh truk Euro 4 sudah dilengkapi Runner Telematics System," papar Duljatmono.

Mitsubishi Fuso Pensiunkan Colt Diesel, Rilis 29 Varian Berstandar Euro4 04

Runner Telematics System

Fitur tersebut memiliki sederet fungsi. Seperti bisa mendapatkan fasilitas engine starter kill, mengurangi pencurian. Real time vehicle monitoring untuk memantau pergerakan kendaraan. Lalu fuel monitoring dashboard yang menampilkan histori kapan mobil mengisi BBM, serta menunjukan konsumsi BBM secara otomatis.

"Ada juga free service 40.000 km atau dua tahun. Gratis juga oli mesin, oli transmisi, oli diferensial, saringan solar, saringan oli mesin, saringan udara dan grease," pungkasnya.

Baca juga: Tengok GIIAS 2021, Jokowi Juga Kepincut Toyota Veloz 2022 dan Truk Fuso

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Mitsubishi L300 Cab Chasiss 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil