Mitsubishi Indonesia Juga Akan Produksi Xpander Hybrid dan Dua Model PHEV Lain

Prasetyo · 16 Jul, 2021 15:31

Mitsubishi Indonesia Juga Akan Produksi Xpander Hybrid dan Dua Model PHEV Lain 01

Masih lanjutan kabar dari acara Investor Daily Summit 2021, Agus Gumiwang Kartasasmita juga menyebutkan mengenai rencana mobil hybrid lain yang akan diproduksi di Indonesia. Menteri Perindustrian Republik Indonesia (Menperin RI) ini menuturkan Mitsubishi Motors Corporation juga serius berinvestasi ke Indonesia untuk produksi mobil berbasis baterai listrik.

Adapun besaran invastasi baru yang akan dilakukan Mitsubishi, kata Agus mencapai Rp11,2 triliun yang akan disalurkan hingga 2024. "Ini adalah hasil pertemuan antara Kemenperin dengan para prinsipal industri otomotif di Jepang saat kami berkunjung ke Jepang pada Maret 2021 lalu," kata Menperin dalam presentasinya di acara tersebut.

Mitsubishi Xpander Hybrid 2023-1

Xpander hybrid akan diproduksi di Indonesia

Baca juga : Toyota Kijang Innova Hybrid 2022 Produksi Indonesia Dirilis Tahun Depan

Mitsubishi Xpander Hybrid 2022 Diproduksi di Indonesia

Dalam pemaparannya, Menperin juga menyebutkan kalau Mitsubishi sudah menyiapkan Mitsubishi Xpander hybrid untuk diproduksi tahun 2023. Indonesia akan kembali menjadi basis produksi model hybrid dari Mitsubishi Xpander ini untuk kemudian di ekspor ke sejumlah negara lain.

Masih menurut Agus, melalui investasinya itu Mitsubishi akan meningkatkan kapasitas produksi di pabrik mereka di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, dari sebelumnya 220.000 unit menjadi 250.000 unit.

Mitsubishi Xpander Hybrid 2023 -2

Sudah masuk rencana jangka panjang Mitsubishi

Rencana tentang produksi Mitsubishi Xpander Hybrid di Indonesia ini juga pernah dapat sambutan dari Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Menurut dia model hybrid tersebut akan menjadi produk yang penting buat masyarakat Indonesia.

"Kami sudah berdiskusi dengan pemerintah Indonesia termasuk Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Saya rasa Indonesia akan mulai membuat hybrid dan plug-in hybrid," jelas dia.

Baca juga : Tak hanya Mitsubishi Xpander Hybrid, Seluruh Model Mitsubishi akan Dapatkan Varian Listrik pada 2030

Mitsubishi Xpander Hybrid 2023 -3

Rencana lini produk mobil listrik Mitsubishi

Siapkan Juga 2 Model Hybrid Lain untuk Ekspor

Selain Mitsubishi Xpander Hybrid 2022, Menurut Agus, pabrikan berlogo tiga berlian ini juga akan mengembangkan dua model Plug-in Hybrid Vehicle (PHEV) lainnya. "Yang dua model lainnya ini akan menjadi produk ekspor ari Indonesia ke negara-negara lain," kata Menteri.

Tak cuma itu, jika penjualan model PHEV ini berjalan lancar dan sesuai target, maka disebutkannya Mitsubishi pun telah berkomitmen untuk melakukan investasi di model Battery Eelectric Vehicle (BEV). "Tapi mereka lagi studi model-model apa yang akan dikembangkan di Indonesia," tukas Agus.

Mitsubishi Xpander Hybrid 2023-4

Apakah Eclipse Cross PHEV juga akan diproduksi di Indonesia?

Sebelumnya sempat beredar kabar jika Mitsubishi memang telah merancang sederet lini produk PHEV dan BEV. Antara lain Mitsubishi Eclipse Cross PHEV, Mitsubishi Outlander PHEV, Mitsubishi Airtrek, dan Mitsubishi i-MiEV generasi terbaru. Apakah mobil-mobil ini yang disiapkan untuk Indonesia, Mitsubishi?

Baca juga : Pengguna Xpander Berharap Mitsubishi Xpander Hybrid Segera Direalisasikan, Harganya Jangan Lebih dari Rp500 Juta

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Mitsubishi Xpander GLX M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru