window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mitsubishi Kuda Diesel vs Isuzu Panther, Mana MPV Peminum Solar yang Masih Layak Dimiliki?

Prasetyo · 1 Okt, 2021 14:31

Mitsubishi Kuda Diesel vs Isuzu Panther, Mana MPV Peminum Solar yang Masih Layak Dimiliki? 01

Mencari mobil diesel untuk keluarga tapi yang harganya terjangkau memang tak terlalu banyak pilihan. Tapi yang paling sering jadi rekomendasi adalah Mitsubishi Kuda diesel vs Isuzu Panther.

Kedua mobil ini memang punya banyak kesamaan. Tentunya sama-sama menggunakan mesin diesel, lantas masing-masing masuk kategori mobil kapasitas tujuh penumpang. Dan terakhir, harganya terjangkau namun masih sangat layak dipinang serta diandalkan sampai saat ini.

Walau demikian, tetap ada kelebihan dan kekurangan masing-masing mobil. Sehingga Anda perlu mengetahui secara detil perbedaan Mitsubishi Kuda diesel dan Isuzu Panher. Supaya nantinya bisa menjatuhkan pilihan paling tepat sesuai kebutuhan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

MPV Diesel Murah Irit BBM, Pilih Mitsubishi Kuda Diesel

Mitsubishi Kuda Diesel vs Isuzu Panther

Harga bekas Mitsubishi Kuda lebih terjangkau

Jika hendak memilih mobil keluarga yang irit bahan bakar tapi harganya sangat terjangkau, maka Anda bisa palingkan perhatian ke Mitsubishi Kuda diesel bekas. Bagaimana tidak, MPV diesel ini bisa Anda miliki cukup dengan harga Rp55 jutaan hingga Rp80 jutaan.

Perbedaan Mitsubishi Kuda diesel dan Isuzu Panther amat terlihat dari sisi harga. Dengan budget Rp80 jutaan Anda akan mendapat Kuda diesel produksi 2004 atau 2005. Tetapi harga Isuzu Panther tahun produksi yang serupa dalam kondisi masih "segar" harganya Rp90 jutaan sampai Rp120 jutaan.

Baca juga : Bedah Perbedaan Isuzu Panther dari Generasi ke Generasi

Mitsubishi Kuda Diesel Mantap di Trek Lurus, Isuzu Panther Jagoan Tanjakan

Mitsubishi Kuda Diesel vs Isuzu Panther -1

Mitsubishi Kuda sajikan kenikmatan berkendara

Poin berikutnya yang bisa kulik antara Mitsubishi Kuda diesel vs Isuzu Panther tentu saja dari sektor teknis dan kemampuan mekanis. Untuk varian mesin diesel, Mitsubishi Kuda disematkan jantung mekanikal berkode 4D56 2.5L non turbo yang mampu melecutkan tenaga hingga 75 PS di 4.200 rpm serta torsi puncak 143 Nm pada 2.500 rpm.

Mesinnya memakai basis yang sama seperti Mitsubishi L300 tapi dengan beberapa pembaharuan sehingga tenaga juga mengalami peningkatan dibanding L300. Karenanya durabilitas mesin Mitsubishi Kuda sudah terkenal hingga saat ini.

Banyak pemakai yang menyebut kalau Mitsubishi Kuda punya karakter pengendaraan yang sangat menyenangkan untuk dibawa di jalan datar baik dalam kota maupun trek luar kota. Pengendaliannya mantap walaupun usianya sudah tak muda lagi.

Mitsubishi Kuda Diesel vs Isuzu Panther -3

Panther ada yang sudah dibekali turbo

Sementara itu Isuzu Panther selain mesin diesel 2.5L N/A, juga ada yang telah berbekal mesin diesel turbo. Ini membuat tenaganya meningkat dibanding Panther generasi awal. Tenaga puncaknya 80 PS pada 3.500 rpm dengan torsi 191 Nm di 1.800 rpm.

Dilihat dari figur ini, Panther memang tenaganya tak istimewa, namun torsinya lebih hebat dibandingkan Mitsubishi Kuda diesel. Itulah mengapa mobil ini jadi andalan mereka yang kerap melintasi jalur pegunungan dengan rute tanjakan dan turunan.

Baca juga : Diklaim Irit Bahan Bakar, Berapa Konsumsi Bahan Bakar Isuzu Panther?

Perbedaan Mitsubishi Kuda Diesel dan Isuzu Panther dalam Hal Konsumsi BBM

Mitsubishi Kuda Diesel vs Isuzu Panther -4

Isuzu Panther terkenal irit dan bandel

Setelah mengetahui perbedaan karekter mesin antara Mitsubishi Kuda diesel vs Isuzu Panther, lantas bagaimana dengan konsumsi BBM dari kedua mobil ini?

Bicara Mitsubishi Kuda bermesin diesel selain memiliki tingkat durabilitas yang tinggi dan tahan banting, konsumsi BBM-nya juga terhitung baik. Para pengguna mobil ini ada yang mengungkapkan jika saat dipakai di dalam kota varian mesin diesel ini mampu menempuh jarak 12 km untuk setiap pemakaian 1 liter solar. Sedangkan untuk rute luar kota atau tol, mampu menorehkan angka konsumsi BBM 15-16 km/liter.

Mitsubishi Kuda Diesel vs Isuzu Panther -5

Mitsubishi Kuda masih layak buat kendaraan harian

Lalu bagaimana konsumsi BBM Isuzu Panther? Beberapa laporan para pemiliknya menyebutkan, untuk konsumsi bahan bakar Isuzu Panther untuk penggunaan dalam kota mencapai angka 12 kpl hingga 14 kpl.

Angka tersebut jauh lebih irit dibanding dengan mesin terdahulunya, yang hanya mencatatkan angka konsumsi bahan bakar 9-10 kilometer per liter. Sementara di rute tol bisa mencapai 18 km/liter.

Baca juga : Punya Banyak Opsi, Ini Varian Mitsubishi Kuda yang Sangat Cocok Untuk Dipilih

Mitsubishi Kuda vs Isuzu Panther, Siapa Paling Nyaman?

Mitsubishi Kuda Diesel vs Isuzu Panther -6

Interior Mitsubishi Kuda lebih mewah

Hal terakhir yang akan kita bandingkan adalah mengenai kenyamanan kabinnya. Tidak bisa dipungkiri, Kuda datang sebagai langkah Mitsubishi untuk mematahkan dominasi Panther dan Toyota Kijang. Karena itulah mobil ini dibuat dengan beberapa kelebihan dari kompetitornya itu.

Dibanding Panther, interior Mitsubishi Kuda memang terlihat lebih mewah. Busa joknya terasa tebal dan nyaman serta ada beberapa aksen kayu di dasbor dan trim pintu. Selain itu Mitsubishi juga sudah menyematkan konsol tengah sehingga antara jok pengemudi dan penumpang depan tidak ada ruang kosong.

Mitsubishi Kuda Diesel vs Isuzu Panther -7

Kabin Isuzu Panther lebih sederhana

Walau Mitsubishi Kuda lebih mewah kabinnya bukan berarti Panther tidak nyaman. Justru Isuzu terkenal dengan racikan suspensinya yang begitu nyaman pada MPV andalan mereka ini. Bahkan dibanding kompetitor sekelasnya, bantingan suspensi Isuzu Panther adalah yang paling nyaman.

Sayangnya Panther terkenal dengan suara serta getaran mesinnya yang sampai dirasakan pengemudi dan penumpang di dalam kabin. Faktor inilah yang membuat kenyamanan saat berkendara dengan Isuzu Panther jadi sedikit terpangkas.

Kesimpulan

Dari beberapa hal yang sudah kami ulas tadi, maka ketika dihadapkan pada pilihan Mitsubishi Kuda diesel vs Isuzu Panther, tentunya bisa ditarik kesimpulan. Kalau Anda butuh MPV bermesin diesel yang harganya terjangkau, kabinnya terlihat masih mewah mengingat usianya, serta nyaman untuk penggunaan harian, maka pilihannya adalah Mitsubishi Kuda.

Tapi kalau Anda butuh mobil bertenaga guna melintasi jalur-jalur perbukitan, mesinnya hemat bahan bakar, maka Panther-lah yang layak dipilih. Tapi dengan konsekuensi, suara dan getaran mesin yang sangat terasa, serta harganya masih relatif tinggi hingga sekarang.

Baca juga : Berburu Motuba Untuk Keluarga; Pilih Isuzu Panther, Toyota Kijang Kapsul atau Mitsubishi Kuda?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Isuzu Panther SMART

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil