window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mitsubishi Lancer Evolution VI Tommi Makinen Jadi Evo Termahal di Dunia, Harganya Setara 8 Toyota Veloz GR Limited

Prasetyo · 13 Agu, 2021 17:39

Mitsubishi Lancer Evo VI Tommi Makinen

Mitsubishi Motor UK baru saja selesai mengadakan lelang besar-besaran. Ada banyak mobil langka yang sebagian besar dalam kondisi brand new alias tidak pernah melaju di atas aspal sekalipun. Satu diantara yang jadi bintang saat lelang tersebut adalah Mitsubishi Lancer Evolution VI Tommi Makinen Edition.

Kalau Anda penggemar Mitsubishi atau penyuka balap reli pasti tahu sosok pembalap yang satu ini. Dia adalah satu legenda balap dunia yang sanggup membawa nama Mitsubishi berkibar di ajang motor sport. Satu diantara tunggangannya adalah Mitsubishi Lancer Evolution VI.

Mitsubishi Lancer Evo VI Tommi Makinen -1

Edisi khusus untuk menghormati sang pembalap

Demi menghormati kiprah pembalap itulah Mitsubishi sempat merilis Lancer Evo VI edisi Tommi Makinen. Mobil ini pun dibuat dalam jumlah yang terbatas dan sudah ludes terjual hanya beberapa bulan sejak resmi diperkenalkan 10 Desember 1999 di Jepang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dibuat Untuk Juara Dunia WRC

Dalam keterangan persnya, Mitsubishi Motors Corporation menjelaskan kalau Mitsubishi Evo VI Tommi Makinen merupakan persembahan khusus untuk sang juara dunia World Rally Championship (WRC) itu.

Mitsubishi Lancer Evo VI Tommi Makinen -2

Diproduksi terbatas untuk seluruh dunia

Pada saat itu mobil tersebut dipasarkan 3.278.000 Yen atau kira-kira setara Rp427 jutaan dengan kurs yen terhadap rupiah saat tulisan ini dibuat. Dan Tommi Makinen pun kala itu megaku kegirangan karena untuk pertama kalinya ia dibuatkan mobil dengan namanya sendiri.

Karena terinspirasi dari kendaraan yang dipakai untuk ajang WRC, maka mobil yang juga dikenla sebagai Evo 6.5 ini juga dibuat semirip mungkin dengan mobil balap aslinya. Bukan cuma sekedar livery namun juga setup komponen mesin, turbo, sampai suspensi, dan velg.

Baca juga : Ultra Rare, Honda Civic Mugen RR Bekas Ini Harganya Setara 10 Brio RS

Kini Berhasil Terjual Hampir Rp2 Miliar!

Mitsubishi Lancer Evolution VI Tommi Makinen -3

Harga penawarannya tembus Rp1,9 miliar lebih

Walaupun dulu harganya tidak sampai setengah miliar, namun keadaannya kini berbeda 360 derajat. Sebab belum lama ini Mitsubishi Motors UK mengumumkan kalau satu unit Lancer Evolution VI Tommi Makinen Edition berhasil memecahkan rekor baru penawaran tertinggi.

Harga lelang yang berhasil disentuh untuk mobil ini mencapai 100.100 Euro atau kira-kira setara Rp1,9 miliar. Hasil ini bahkan mengalahkan rekor penjualan sebelumnya untuk Lancer Evo IX di tahun 2017 yang terjual 99.000 Euro (Rp1,67 miliar).

Mitsubishi Lancer Evolution VI Tommi Makinen -4

Evo IX Group N yang juga dilelang

Lancer Evo lain yang juga terjual dengan harga fatastis di lelang ini adalah Evo IX Group N Works Rally Car yang nilai tertingginya sentuh 61.700 Euro (Rp1,04 miliar). Lalu ada juga Lancer Evo X dengan nomor produksi 40 of 40 yang nilai penawarnnya mencapai Rp980 juta. Diketahui ini adalah Lancer Evo produksi terakhir untuk edisi FQ-440 MR di Inggris.

Mobilnya Belum Pernah Digunakan

Nilai istimewa dari Mitsubishi Lancer Evo 4 Tommi Makinen ini dilihat dari kondisi kendaraan tersebut. Bagaimana tidak, ini adalah mobil dengan nomor registrasi 6 dari 2.500 unit yang pernah diproduksi Mitsubishi.

Mitsubishi Lancer Evolution VI Tommi Makinen -5

Produksi ke-6 dari Evo VI Tommi Makinen

Kemudian sejak dikirim dari Jepang, mobil itu langsung masuk dealer Mitsubishi Inggris tanpa pernah dipakai melesat di atas apal dengan jarak jauh. Bahkan garansinya pun ada dan masih berlaku.

Selain unit yang dijual di Inggris ini, pernah pula dilelang unit Lancer Evo 6 Tommi Makinen lainnya. Bahkan nilainya sampai sentuh Rp2,8 miliar saat di lelang pihak Silverstone Auction. Unit ini begitu istimewa karena merupakan unit produksi pertama untuk edisi spesial tersebut.

Spesifikasi Lancer Evo 6 Tommi Makinen

Seperti yang sudah sedikit disinggung di awal tulisan, kalau Evo 6.5 edisi Tommi Makinen ini dibuat dengan standar balap WRC. Mesinnya 2.0-liter DOHC 16 valve Turbo Intercooler namun di setup dengan berbagai komponen performance.

Misalnya turbo yang pakai material titanium, kemudian juga pakai quick steer gear ratio dari Lancer Evo VI RS, serta seting saluran gas buang yang dibuat sedikit lebih besar. Hal lainnya ada pada penggunaan suspensi Tarmac serta front strut bar yang dipinjam pula dari Evo VI RS.

Mitsubishi Lancer Evolution VI Tommi Makinen -6

Kondisinya seperti mobil baru

Kemudian secara visual yang juga berpengaruh pada peningkatan performa mobil adalah dipasangnya lower air intake temperature, bodykit di bemper depan untuk mengatur aliran udara, serta wing belakang juga punya peranan penting saat mobil dipacu pada kecepatan tinggi.

Selanjutnya ada juga penggunaan velg 17 inci dengan desain sama seperti yang dipakai tim Mitsubishi WRC Group A. Kemudian di ruang kabin juga sudah terpasang jok balap Recaro yang ada logo Tommi Makinen, serta setir dan shift knob pakai produk dari MOMO.

Nah dengan harga Rp1,9 miliar lebih, Anda pilih Evo 6 Tommi Makinen ini atau beli 8 unit Toyota Veloz GR Limited?

Baca juga : Toyota Supra di Film The Fast and The Furious Ini Dilelang, Satu-satunya yang Pernah Dikemudikan Paul Walker

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 AT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil