window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mitsubishi New Xpander dan Xpander Cross Facelift 2021 Pakai Transmisi CVT, Apa Keistimewannya?

Enda · 9 Nov, 2021 13:30

Mitsubishi New Xpander dan Xpander Cross Facelift 2021 Pakai Transmisi CVT, Apa Keistimewannya? 01

Keistimewaan transmisi CVT Mitsubishi New Xpander dan New Xpander Cross Facelift 2021

Mitsubishi Indonesia melalui PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan varian teranyar Mitsubishi New Xpander Facelift 2021 dan New Xpander Cross Facelift 2021 pada Senin, (8/11).

Pada tampilan luar, Xpander facelift kini terlihat lebih atraktif berkat adanya beberapa update di sektor wajah dan sistem pencahayaannya. Sedangkan untuk Xpander Cross facelift, pihaknya hanya merubah tampilan warna pada grill agar terkesan lebih garang. Untuk bagian dalam, keduanya juga mendapatkan update layout dashboard yang mana terkesan lebih kokoh ditambah dengan disematkannya beberapa fitur terbaru guna memberikan kenyamanan lebih dalam berkendara.

Bicara tingkat percepatan, baik New Xpander dan New Xpander Cross Facelift 2021 kini hadir dengan pilihan transmisi CVT (Continous Variable Transmission) menggantikan gearbox otomatis konvensional 4AT yang ditawarkan pada generasi sebelumnya. Sebagai informasi, Performa CVT pada kedua line up terbarunya ini memberikan keseimbangan antara akselerasi yang maksimal dan responsif layaknya transmisi AT 8-percepatan.

Lantas apa sih keistimewaan transmisi CVT yang kini hadir di New Xpander dan New Xpander Cross Facelift 2021? Berikut ulasannya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Harga New Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Facelift 2021 Dipastikan Dapat Diskon PPnBM 100 Persen

1. Lebih Smooth Setiap Perpindahannya

Mitsubishi New Xpander dan Xpander Cross Facelift 2021 Pakai Transmisi CVT, Apa Keistimewannya? 01

Transmisi CVT di Mitsubishi New Xpander dan New Xpander Cross Facelift 2021 lebih smooth dibandingkan generasi pre facelift

Transmisi CVT memiliki perbedaan yang cukup mendasar dengan transmisi otomatis 4AT. Jika pada transmisi otomatis 4AT sistem perpindahan gigi menggunakan planetary gear set, maka transmisi otomatis jenis CVT menggunakan puli atau driven pulley dan sabuk baja sebagai komponen utama penggerak transmisi.

Kedua pulley ini dapat memperbesar atau memperkecil diameternya tergantung kondisi putaran, dan keduanya mengapit sabuk baja yang bertugas sebagai simulasi rasio layaknya roda gigi pada transmisi AT konvensional. 

Dengan kemampuan melakukan perubahan rasio gigi menyesuaikan dengan putaran mesin, CVT dipastikan bisa memberikan sensasi berkendara yang lebih halus saat perpindahan kecepatan. Hal ini sekaligus membuat pengendara New Xpander dan New Xpander Cross Facelift 2021 bertransmisi CVT tidak merasakan hentakan atau jeda berlebih ketika melakukan perpindahan gigi secara otomatis.

2. Lebih Efektif dan Mendapat Tenaga Besar di Kecepatan Rendah

Mitsubishi New Xpander dan Xpander Cross Facelift 2021 Pakai Transmisi CVT, Apa Keistimewannya? 02

Mitsubishi New Xpander dan New Xpander Cross Facelift 2021 mendapat tenaga lebih besar di kecepatan rendah

Rentang rasio roda pulley pada transmisi ini juga telah diperpanjang pada posisi rendah dan tinggi, sehingga bisa mentransfer tenaga dari mesin dengan lebih effektif, yang mana di putaran rendah pun bisa mendapatkan tenaga yang cukup besar.

3. Tidak Perlu RPM Tinggi

Pada transmisi selain CVT, putaran mesin harus selalu disesuaikan ketika melakukan perpindah gigi secara otomatis. Sedangkan untuk transmisi CVT tidak demikian.

Ketika ingin mendapatkan tarikan yang besar pada mesin, kalian tidak diharuskan mendapat RPM yang tinggi karena tidak berpengaruh pada mesin. Hal ini dikarenakan Power loss yang dimiliki oleh transmisi CVT tergolong kecil sehingga tidak membuang tenaga dan bahan bakar secara berlebih.

4. Konsumsi BBM Lebih Irit

Mitsubishi New Xpander dan Xpander Cross Facelift 2021 Pakai Transmisi CVT, Apa Keistimewannya? 03

Konsumsi BBM transmisi CVT lebih irit

Karena memiliki kemampuan pully untuk terus menerus mengatur rasionya, maka transmisi CVT pada New Xpander dan New Xpander Cross Facelift 2021 tidak membutuhkan RPM tinggi sama seperti yang kami sampaikan sebelumnya. Berapa pun putaran mesin baik rendah maupun tinggi, mesin selalu bekerja pada efisiensi puncaknya. Dengan begitu transmisi CVT ini menawarkan penggunaan BBM yang lebih efisien dan lebih ramah lingkungan terutama saat berkendara di dalam kota.

5. Transmisi CVT Punya Ukuran Lebih Kecil

Mitsubishi New Xpander dan Xpander Cross Facelift 2021 Pakai Transmisi CVT, Apa Keistimewannya? 04

Transmisi CVT memiliki dimensi yang lebih mungil

Transmisi CVT memiliki dimensi yang lebih mungil dibandingkan dengan transmisi otomatis konvensional pada umumnya. Secara tidak langsung juga memberikan beban yang lebih ringan pada kendaraan.

6. Komponen Lebih Sedikit

Mitsubishi New Xpander dan Xpander Cross Facelift 2021 Pakai Transmisi CVT, Apa Keistimewannya? 05

Komponen transmisi CVT lebih sedikit

Tak seperti transmisi otomatis konvensional, transmisi CVT yang disematkan pada Mitsubishi New Xpander dan New Xpander Cross Facelift 2021 memiliki komponen atau peranti yang lebih sedikit. Dengan begitu apabila mengalami kerusakan, perbaikan akan menjadi lebih ringkas.

Baca juga: Kenali Perbedaan Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Facelift 2021, Serupa Tapi Tak Sama

Hal yang Perlu Diperhatikan Pemilik Mitsubishi New Xpander dan New Xpander Cross Facelift 2021

Mitsubishi New Xpander dan Xpander Cross Facelift 2021 Pakai Transmisi CVT, Apa Keistimewannya? 06

Pemilik Mitsubishi New Xpander dan New Xpander Cross Facelift 2021 wajib memperhatikan hal ini

1. Perawatan yang Mahal

Hal penting yang perlu dipersiapkan pemilik New Xpander dan New Xpander Cross Facelift 2021 bertransmisi CVT adalah biaya perbaikan. Tidak seperti transmisi konvensional lain yang bisa diganti per bagiannya, transmisi CVT harus diganti secara keseluruhan jika ada kerusakan di satu bagiannya.

Penggantian umum terjadi mulai dari belt hingga pulley tentu saja memakan biaya yang tidak sedikit. Biasanya biaya penggantian ini lebih mahal dibanding biaya perbaikan untuk transmisi otomatis konvensional.

2. Tidak untuk Membawa Beban Terlalu Berat

Transmisi CVT memang tidak dibuat untuk mobil yang kerap membawa beban berat dan melewati jalanan yang ekstrim dengan performa tinggi. Jika hal tersebut terus dilakukan, tentunya akan memperpendek usia peranti yang ada didalamnya.

3. Pengecekan Sabuk Baja

Sebagai komponen utama penggerak transmisi, sabuk baja harus sering dilakukan pengecekan. Hal ini untuk menghindari kerusakan sabuk baja atau sabuk baja putus yang mana apabila itu terjadi mobil tidak akan bisa bergerak.

4. Menggunakan Oli Khusus Transmisi CVT

Perlumas atau oli transmisi CVT di New Xpander dan New Xpander Cross Facelift 2021 harus menggunakan oli khusus. Dengan begitu pengguna tidak bisa memakai oli transmisi konvensional.

Baca juga: Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Facelift 2021 Resmi Dirilis, Pakai Komponen Suspensi Pajero Sport!

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Mitsubishi Xpander Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil