Mitsubishi Outlander 2022 Resmi Meluncur, Ini Tampilan Terbarunya

Dhoni · 17 Feb 2021 16:00

Mitsubishi Outlander 2022 sebagai produk pertama Mitsubishi dari hasil aliansi antara Renault-Nissan-Mitsubishi telah dihadirkan melalui streaming melalui platform resmi. Mitsubishi Outlander 2022 akan  mulai dijual pertama kali di Amerika Serikat pada April mendatang. Untuk pasar Amerika Serikat, Mitsubishi Outlander 2022 ditawarkan senilai $ 25.795 atau setara dengan Rp 361 juta.

Mitsubishi Outlander 2022 Resmi Meluncur di banderol Rp 361 juta

Mitsubishi Outlander 2022 yang kini hadir dengan pengembangan yang serba baru, walau pada dasarnya tetap menggunakan platform dari Nissan Rogue. Namun pihak Mitsubishi mengatakan bahwa Mitsubishi Outlander 2022 sesuai konsep produk ‘I-Fu-Do-Do’ yang dalam bahasa Jepang memiliki arti otentik dan agung.

Dengan hadirnya Mitsubishi Outlander 2022 sebagai SUV compact akan menjadi pendongkrak penjualan yang tidak hanya penting bagi Mitsubishi tetapi juga aliansi seperti Nissan. Dalam aliansi, Nissan memiliki saham sebesar 34%. Tentu dengan Mitsubishi Outlander 2022, diharapkan dapat meningkatkan penjualaan karena pada tahun 2020 mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya.

Dimensi Mitsubishi Outlander 2022 lebih besar dari sebelumnya

Mitsubishi Outlander 2022 memiliki dimensi lebih lebar 508 mm di banding versi sebelumnya. Sedangkan pada bagian wheelbase yang sebelumnya berukuran 2.669 mm kiini menjadi 2.705 mm. Dengan perubahan panjang wheelbase, tentu membuat ruang kaki penumpang depan lebih luas dengan penambahan 254 mm dan 279 mm untuk bangku penumpang bars kedua.

Mitsubishi Outlander 2022 Resmi Meluncur, Ini Tampilan Terbarunya

Mitsubishi Outlander 2022 memiliki panjang 4.680 mm, lebar 1.860 mm dengan tinggi 1.747 mm. Untuk ruang bagasi Mitsubishi Outlander 2022 saat bangku penumpang baris pertama dan kedua di lipat maka akan memiliki ruang 2.040 mm dari sebelumnya hanya 1.687 mm.

Desain eksterior Mitsubishi Outlander 2022 lebih agresif

Mitsubishi Outlander 2022 dipastikan menjadi model pertama yang menginterpretasi dari 'Dynamic Front Shield' terbaru. Sebuah disain dari gabungan dua model Mitsubishi yang paling disukai, yakni Mitsubishi Pajero dan Mitsubishi Evolution X.

Mitsubishi Outlander 2022 dengan headlamp model baru

Jika diperhatikan, tampilan depan Mitsubishi Outlander 2022 dengan lampu depan yang lebih rendah dan berada dekat dengan bumper depan. Sementara posisi DRL berada di atas yang berbentuk lebih menyipit atau ramping, selain terdapat DRL juga berfungsi sebagai lampu sein.

Mitsubishi Outlander 2022

Perubahan disain pada sisi body juga terlihat melalui bentuk pintu hingga jendela. Namun bagian belakang Mitsubishi Outlander 2022 tidak mengalami perubahan dan tetap menggunakan lampu dengan model seperti pada Mitsubishi Evo. Perpaduan warna dengan trim silver atau hitam menjadi aksen Mitsubishi Outlander 2022. Paling tidak tersedia 8 pilihan warna, namun yang pasti, warna hitam menjadi andalan dari produsen berlogo tiga berlian ini.

Interior Mitsubishi Outlander 2022 yang lebih mewah

 Memasuki bagian dalam Mitsubishi Outlander 2022 juga tidak luput dari sentuhan piara disainer. Bagian yang sangat terasa ubahannya terdapat dalam penggunaannya kualitas bahan dan letak berbagai ornament di dalam kabin Mitsubishi Outlander 2022.

Interior Mitsubishi Outlander 2022

Namun yang pasti, Mitsubishi Outlander 2022 menjadi satu – satunya SUV Compact yang menyediakan bangku baris ketiga. Pihak Mitsubishi mengatakan bahwa Mitsubishi Outlander 2022 sangat nyaman dengan berbagai kualitas yang ditawarkan. Hal ini dapat dilihat pada tipe tertinggi yang telah menggunaka bahan kulit sebagai pelapis jok, sementara untuk tipe terbawah menggunakan bahan kain atau suede.

Untuk urusan infotaiment dan entertainment, Mitsubishi Outlander 2022 telah menyediakan dua buah layar . Satu buah sebagai cluster instrument berukuran 12,3 inci da layar sentuh di tengah dengan ukuran 9 inci. Untuk memberikan kenyamanan, sistem infotaiment pada Mitsubishi Outlander 2022 telah dapat terhubung pada Android Auto dan Apple CarPlay.Tetapi yang paling menyenangkan adalah tersedianya tombol untuk mengoontrol HVAC. Dan juga beberapa port pengisian USB A dan USB C.

Sebagai standar keamanan Mitsubishi Outlander 2022 telah menyediakan 11 airbag. Sedangkan fitur lainnya (sesuai spesifikasi tipe Mitsubishi Outlander 2022)  juga tersedia seperti adaptive cruise control dan lane-keep assist, navigation, a full-color Head-Up Display (HUD), dan a 10-speaker Bose audio system.

Mitsubishi Outlander 2022 Hanya mengunakan mesin 2.5L

Mitsubishi Outlander 2022  hanya akan tersedia dengan mesin 2.5L berbahan bakar bensin, mesin ini sama seperti yang digunakan pada mobil Nissan yang memiliki kode mesin PR25DD. Mesin ini tentu hasil kolaborasi dalam aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi.

Dengan mengusung mesin 2.5 liter, Mitsubishi Outlander 2022  memiliki tenaga sebesar 184 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi mencapai 245 Nm di putaran 3.600 rpm. Mesin tersebut memang seperti tidak seperti mencerminkan kekuatan dari tenaga yang biasa terdapat pada Mitsubishi. Namun pastinya mesin tersebut memiliki fitur VVT electric serta teknologi yang telah dikembangkan Nissan sehingga seperti memiliki lapisan ‘Mirror Bore’. 

Namun yang pasti, Mitsubishi Outlander 2022 mengunakan transmisi CVT 8 percepatan sebagai hasil adopsi dari dunia rally.

Kemampuan yang mengadopsi dari dunia balap rally adalah 'Sistem Super All-Wheel Control 4WD'. Sistem kerja yang telah tersemat pada Mitsubishi Outlander 2022 berasal dari WRC Mitsubishi. Dengan sistem kerja dari hasil comot teknologi mobil rally, Mitsubishi Outlander 2022  dapat memberikan daya cengkraman roda dengan 6 model pengaturan.

Pilihan mode berkendara Mitsubishi Outlander 2022

Alhasil, Mitsubishi Outlander 2022 dapat melaju di berbagai medan seperti jalan aspal, berlumpur, jalan licin, kondisi turun salju, hingga berbatuan. Yang menarik, fitur ini juga tersedia pada mobil dengan sistem penggerak roda 2WD dan AWD. Fitur yang sangat berfungsi pada mobil 2wd ketika melalui jalan berlumpur dan meningkatkan keamanan dalam berkendara.

Lalu apakah berbagai fitur yang tersemat pada Mitsubishi Outlander 2022 versi Amerika serikat juga sama untuk pasar di Asia, khususnya Indonesia? Tentu semua masih menunggu akan kepastikan kehadiran SUV compact dari Mitsubishi yang menjadi pesaing dari Honda CR-V maupun Toyota RAV ini.

Sumber foto : carscoops

Komentar