Mitsubishi Triton Sudah Teruji Puluhan Tahun Reputasinya di Indonesia

Samuel Tito · 1 Nov, 2020 11:00

Mitsubishi Triton Sudah Teruji Puluhan Tahun Reputasinya di Indonesia 01

Membahas Mitsubishi Triton di Indonesia tentunya seperti membahas Mitsubishi L300 Cyclone di Indonesia. Memiliki umur serupa yang sudah beredar di jalanan Indonesia selama 42 tahun. Namun Mitsubishi Triton memiliki cerita yang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan produk lainnya.

Mitsubishi Triton generasi keempat ini menjadi cikal bakal salah satu SUV terpopuler di Indonesia dari dulu hingga sekarang, yakni Mitsubishi Pajero Sport. Model generasi keempat telah bertahan hingga 6 tahun dengan sedikit penyegaran pada eksteriornya dan mengubah sistem turbo menjadi Variable Geometry Turbo pada tahun 2014.

Meski hanya mengganti satu set sistem forced air induction dan ECU serta sedikit meningkatkan transmisi, tenaga mobil melonjak menjadi 178 hp. Dan mesin yang sama juga dipertahankan pada generasi kelima Mitsubishi Triton untuk varian Athlete.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Pada Juli 2019 lalu, pada akhirnya PT Mitsubishi Motorst Krama Yudha Sales Indonesia menghadirkan generasi terbaru Mitsubishi Triton dari Thailand. Mitsubishi Triton 2020 masuk ke Indonesia dalam enam varian, yakni GLX Single Cabin, HDX Single Cabin, HDX Dual Cabin, GLS Dual Cabin, Exceed Dual Cabin, dan Ultimate Dual Cabin.

Eksterior Mitsubishi Triton 2020

Mitsubishi Triton Sudah Teruji Puluhan Tahun Reputasinya di Indonesia 01

Tampak depan mobil Mitsubishi Triton 2020 begitu kental dengan bahasa desain dynamic shield, banyak yang berkomentar kalau tampilan eksterior depannya kini mirip dengan Mitsubishi Xpander, Mirage Concept atau Mitsubishi Eclipse Cross.

Tentu hal tersebut tidak salah karena bahasa desain ini memang diterapkan pada mobil-mobil terbaru besutan Mitsubishi.  Beralih ke tampilan samping Mitsubishi Triton Ultimate, langsung bisa melihat desainnya yang begitu kokoh dan macho. Lihat saja lingkar roda 18 inci dan garis tegas pada spatbornya yang memberi tampilan kekar pada mobil ini.

Mitsubishi Triton Sudah Teruji Puluhan Tahun Reputasinya di Indonesia 02

Jika diperhatikan dengan seksama, terlihat celah roda depan dengan bemper yang begitu dekat, namun Mitsubishi mengatakan hal tersebut tidak menjadi masalah dan tidak akan macet meski shock absorber sudah benar-benar dikompresi.

Tampilan belakang Mitsubishi Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2020, karena kontras dengan eksterior depan dan samping yang terlihat kokoh dan macho. Pada tampilan belakang Mitsubishi Triton Ultimate terlihat cantik.

Terlihat dari model stop lamp mobil ini yang bila cahaya bagian dalamnya melebar ke bawah tampak seperti Mitsubishi Pajero Sport, serta aksen chrome di atas logo tiga berlian yang terkesan elegan.

Interior Mitsubishi Triton 2020

Mitsubishi Triton Sudah Teruji Puluhan Tahun Reputasinya di Indonesia 03

Melihat pada layout interior mobil ini yang kini sudah tidak lagi mencerminkan mobil pekerja, bahkan jika Anda memiliki Mitsubishi Pajero Sport di rumah, Anda bisa lupa bahwa Anda mengendarai Mitsubishi Pajero atau Triton Ultimate ini.

Senada dengan layout dashboard Mitsubishi Triton Ultimate 2020 yang lebih modern dan elegan. Lingkar kemudi Mitsubishi Triton Ultimate juga sama, mengambil langsung dari Mitsubishi Pajero Sport yang bentuk jeruji-jeruji juga memiliki desain perisai yang dinamis seperti tampilan gril depan mobil ini. Tombol kontrol juga lengkap, di spoke kiri untuk mengatur audio, bluetooth telephone sedangkan di spoke kanan untuk mengatur fitur cruise control dan MID.

Mitsubishi Triton Sudah Teruji Puluhan Tahun Reputasinya di Indonesia 04

Total, 5 penumpang dewasa termasuk pengemudi dapat duduk dengan nyaman dan aman di dalam kabin Mitsubishi Triton Ultimate 2020. Karena semua kursi dilengkapi dengan sabuk pengaman 3 titik dan sandaran kepala. Ruang kaki dan headroom diperkirakan cukup luas dan masih dalam batasan mobil kabin ganda alias mobil pick-up.

Fitur Keselamatan Mitsubishi Triton 2020

Mitsubishi Triton Sudah Teruji Puluhan Tahun Reputasinya di Indonesia 05

Khusus untuk tipe Ultimate ini, Mitsubishi Triton dibekali berbagai fitur keselamatan terintegrasi yang canggih. Mitsubishi Triton Ultimate 2020 dilengkapi dengan fitur keselamatan sebagai berikut: 7 SRS Airbag, Forward Collision Mitigation System (FCM) fitur ini menerapkan pengereman darurat dengan bantuan sensor visual di depan.

Ultrasonic mis-acceleration Mitigation System (UMS) untuk mencegah kendaraan bergerak dari posisi parkir saat sensor ultrasonik mendeteksi halangan baik dari depan maupun belakang, Blind Spot Warning (BSW) dan Lane Change Assist (LCA) untuk memperingatkan pengendara kendaraan di blind spot atau bergerak cepat dari belakang dengan teknologi ultrasonik dan radar.

Lalu ada Rear Cross Traffic Alert (RCTA) yang memantau kecepatan di belakang kendaraan dengan radar, dan Automatic High Beam yang secara otomatis mengalihkan lampu depan ke tinggi dan rendah dengan visual depan Sensor dan sensor parkir memantau di sekitar kendaraan saat parkir dengan ultrasonik, dan Multi-around View monitor, parkir di area sempit akan lebih mudah dan aman.

Mitsubishi Triton Sudah Teruji Puluhan Tahun Reputasinya di Indonesia 06

Mitsubishi Triton Ultimate 2020, dibekali dengan fitur super select. Fitur Super Select 4WD sudah setara dengan mobil full time 4WD system, karena sudah termasuk fungsi full time sistem 4WD seperti 2 High, 4 High, 4 High-Lock, dan 4 Low-Lock. Hal tersebut bisa terjadi karena sudah terdapat sensor kontrol traksi di bagian belakang yang akan membantu sistem mode off-road pada New Triton.

Pembaruan Mitsubishi Triton 2020

Mitsubishi menyimak masukan dari konsumen Triton generasi sebelumnya dan menyertakan berbagai pembaruan tersebut pada Triton terbaru ini, termasuk struktur Front-end Stronger pada bodi depan yang diperkuat dan didesain ulang untuk mendapatkan kekuatan struktural yang lebih kokoh.

Jadi, saat dibawa ke jalan rusak berat, rangka depan lebih kuat dan awet. Kemudian link stabilizer depan diperkuat, dan ada tambahan under cover baru untuk menunjang aerodinamika mobil. Untuk tipe GLX, ada dua penyempurnaan tambahan, yakni penyangga rubber power steering box untuk mencegah debu dan penyempurnaan transmisi mekanis.

Mitsubishi Triton Sudah Teruji Puluhan Tahun Reputasinya di Indonesia 07

 

Transmisi otomatis 6 percepatan dan kaki-kaki yang digunakan pada mobil Mitsubishi Triton Ultimate juga benar-benar baru.  Tes yang dilakukan Mitsubishi juga bukan main-main, mereka membawanya langsung ke lapangan pertambangan dan melakukan tes ketahanan 100.000 kilometer untuk poros penggerak dan tas pindahan yang disiksa dan di titik penggunaan maksimum.

Tes ini 1,7 kali lebih berat dari mobil penumpang, 1,3 kali lebih berat untuk lintas alam, dan 1,5 kali lebih berat untuk uji ketahanan untuk ketahanan mesin. Maka tak heran berdasarkan hasil positif dari uji ketahanan Mitsubishi Triton, menjadikan kualitas produk terbaru ini sungguh menjanjikan.

Spesifikasi Mitsubishi Triton 2020

Berikut ini adalah spesifikasi New Mitsubishi Triton Ultimate 2020.

Mesin Mitsubishi Triton Ultimate AT 2020  
Seri mesin 4N15, 4 Cylinders In-Line DOHC 16V MIVEC VG Turbo Intercooler
Jumlah Katup 16 Katup (2 Katup In & Ex per Silinder)
Sistem Injeksi Common Rail, Direct Injection
Tenaga Maksimum 178,5 Hp (181 Ps) @ 3.500 rpm
Torsi Maksimum 430 Nm @ 2.500  rpm
Kapasitas Silinder 2,442 cc
Bore X Stroke  86,0 mm X 105,1 mm
Tipe Transmisi Otomatis 6 Percepatan Dengan Super Select 4WD II with Rear Differential Lock, Penggerak 4 Roda

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Samuel Tito

Automotive writer who cover in-depth reports in an easy-to-understand for the readers

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru