window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mitsubishi Xpander Dibuat Balap Reli, Malah Jadi Juara Umum

Dhoni · 2 Nov, 2020 17:40

Mitsubishi Xpander yang diberi nama Xpander AP4 akhirnya mengawali kiprahnya dengan mengikuti balap reli dalam ajang Meikarta Sprint Rally, Drifting & Slalom Series 2020. Turun pertama kalinya, gerbrakan langsung diperlihatkan dengan meraih juara umum di balap reli yang melintasi dua jenis kontur jalan ini.

Mitsubishi Xpander Dibuat Balap Reli, Malah Jadi Juara Umum 01

Memang Xpander AP4 telah mengalami perubahan secara menyeluruh dengan bantuan tim Ralliart Selandia Baru yang awalnya dipersiapkan untuk menghadapi balapan Asia Pasific Rally Championship (APRC) sejak pertengahan tahun lalu. Namun kondisi pandemic Covid-19 tentu membuat penyelenggaraan balapan diundur atau justru ditiadakan.

Sebelum menjalani laga, Xpander AP4 yang dikendarai Rifat Sungar dengan navigator M. Redwan telah diuji coba beberapa kali di permukaan jalan aspal maupun gravel. Dan hasilnya, juara umum berhasil diraih setelah menjadi yang tercepat dari 73 pembalap oleh kedua pembalap yang tergabung dalam Xpander Rally Team ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mitsubishi Xpander Dibuat Balap Reli, Malah Jadi Juara Umum 01

Rifat Sungkar merupakan pembalap nasional yang telah merasakn berbagai ajang balapan dan telah merasakan gelar juara dalam ajang internasional, seperti World Rally Championship (WRC), Asia Pasific Rally Championship (APRC) dan kejuaraan nasional lainnya.

Xpander AP4

Xpander AP4 diawali sebuah konsep mobil yang diciptakan dari buah pemikiran Rifat Sungkar yang berikeinginan mengubah mobil LMVP 7 seater menjadi kendaraan balap.

Mitsubishi Xpander Dibuat Balap Reli, Malah Jadi Juara Umum 02

Dengan disain bodi modern dan memiliki aerodinamiak, Rifat menganggap Mitsubishi Xpander memiliki struktur yang ideal. Terlebih distribusi bobot depan maupun belakang seimbang sehingga rifat yang mendapat dukungan dari Mitsubishi lantas melakukan ubahan pada mobil ini menjadi Xpander AP4. Tentu saja ubahan ini menyesuaikan regulasi dari balapan APRC di kelas AP4.

Untuk mengakali bobot mobil, tentunya bangku baris kedua dan ketiga di Xpander AP4 pun harus dihilangkan. kaca pun diganti dengan menyesuaikan regulasi.

Mesin Xpander AP4

Untuk mesin, Xpander AP4 harus menyesuaikan regulasi yakni mesin berkapasitas 1.600cc dengan turbo, pilihan pun jatuh pada mesin dari Mitsubishi Lancer Evo X. Namun pada dasarnya mesin berkode 4B11T memiliki kapasitas mesin 2.000cc sehingga harus diturunkan agar sesuai dengan regulasi kelas AP4.

Mitsubishi Xpander Dibuat Balap Reli, Malah Jadi Juara Umum 03

Alhasil, Xpander AP4 dengan mesin 4B11T telah memiliki tenaga mencapai 354 Ps, namun info yang kami terima tenaga tersebut tidak dikeluarkan semua sehingga hanya berkisar 324 Ps saja. Walau demikian, Xpander AP4 telah membuktikan debutnya.

Kaki-kaki Xpander AP4

Ubahan lainnya yang paling signifikan adalah kaki-kaki dari Xpander AP4. Jika pada mobil Mitsubishi Xpander masih mengadopsi sistem gerak roda depan, tetapi khusus Xpander AP4 telah menggunakan model 4Wd yang sangat lumrah dalam dunia balap reli.

Urusan suspensi pun telah menyesuaikan kebutuhan demi mengikuti balap reli. Begitu juga ban yang digunakan. Bagian tersulit dan wajib dilakukan pengujian adalah pengaturan suspensi, terlebih jalan aspal dan gravel yang wajib dilibas selama balapan.

Dengan proses pengujian yang telah beberapa kali dilakukan dalam persiapan mengikuti balap reli, Xpander Rally Team (XRT) pun selalu berkoordinasi dengan tim Ralliart Selandia Baru. Bahkan seluruh data yang diperoleh diberikan ke Selandia Baru.

Mitsubishi Xpander Dibuat Balap Reli, Malah Jadi Juara Umum 04

Sebuah gebrakan dan pembuktian, kendaraan jenis Low Multi Purpose Vehicle (LMVP) dengan 7 bangku penumpang dapat digunakan dalam ajang balap reli. Tentunya kiprah XRT dengan Xpander AP4 masih harus diuji dalam APRC sesuai dengan target awal mereka.

 

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Mitsubishi Xpander Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil