window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mitsubishi Xpander Diproduksi di Vietnam dan Malaysia, MMKSI Siapkan Mitsubishi Xpander 2022 Baru?

Budi · 22 Agu, 2021 09:00

Saat ini Mitsubishi Xpander merupakan model Mitsubishi paling laris di Indonesia yang sekaligus menjadikan Indonesia menjadi pasar terbesar Mitsubishi di dunia. Tapi, jika sebelumnya Mitsubishi Xpander diproduksi sepenuhnya di Indonesia, sekarang mobil LMPV ini juga sudah diproduksi di Vietnam dan Malaysia. Di kedua negara tersebut Xpander diproduksi untuk memenuhi permintaan pasar domestiknya. 

Mitsubishi Xpander Diproduksi di Vietnam dan Malaysia, MMKSI Siapkan Mitsubishi Xpander 2022 Baru? 01

Namun yang menarik, meski mulai diproduksi di negara lain, pihak PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memastikan bahwa pengembangan dan produksi komponen Xpander tetap diproduksi di Indonesia dan diekspor oleh MMKSI. “Sejak awal Xpander hadir melalui riset di Indonesia dan dibuat untuk memenuhi permintaan konsumen Indonesia,” ujar Tetsuro Tsuchida, Director of Sales & Marketing Division MMKSI saat Virtual Media Gathering, Rabu (18/8) lalu.

Mitsubishi Xpander Diproduksi di Vietnam dan Malaysia, MMKSI Siapkan Mitsubishi Xpander 2022 Baru? 02

Mitsubishi Xpander kini juga diproduksi di Malaysia dan Vietnam

Hal inilah yang menjadikan segala jenis perubahan yang akan terjadi pada Mitsubishi Xpander di masa depan akan selalu bermula di Indonesia. Menjadi semakin menarik karena pada pemaparan laporan keuangan Mitsubishi Motor Corporation (MMC) untuk tahun fiskal 2020 pada Maret 2021 lalu, pabrikan Jepang ini melansir rencana kehadiran produk-produk baru dalam waktu dekat, termasuk Xpander.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Insentif PPnBM 100% Segera Berakhir, Mitsubishi Kasih Tambahan Diskon Xpander dan Xpander Cross

Mitsubishi Xpander Baru Siap Hadir 2022?

Dalam kesempatan berbincang dengan media tersebut, Tetsuro Tsuchida juga sempat mengungkapkan bahwa Xpander memang didesain dan diproduksi khusus untuk Indonesia. “Sehingga Indonesia akan tetap menjadi pasar yang utama,” ujarnya.

Mitsubishi Xpander Diproduksi di Vietnam dan Malaysia, MMKSI Siapkan Mitsubishi Xpander 2022 Baru? 01

Mitsubishi Airtrek menjadi gambaran awal wujud Mitsubishi Xpander 2022

Hal ini cukup menjadi sebuah kejelasan bahwa Mitsubishi Xpander terbaru pun akan dikembangkan dan diproduksi di Indonesia, mengingat Tanah Air ini merupakan tolak ukur pengembangan mobil tujuh penumpang serta mulai fokus pada pengembangan kendaraan elektrifikasi.

Mitsubishi Xpander Diproduksi di Vietnam dan Malaysia, MMKSI Siapkan Mitsubishi Xpander 2022 Baru? 02

Dengan dipindahnya sebagian produksi untuk ekspor, dalam hal ini ke Malaysia dan Vietnam, bisa kami perkirakan bahwa hal ini memberikan kesempatan lebih banyak bagi Mitsubishi Indonesia untuk memulai mengembangkan model terbaru Mitsubishi Xpander 2022 mulai tahun ini. 

Mitsubishi Xpander Diproduksi di Vietnam dan Malaysia, MMKSI Siapkan Mitsubishi Xpander 2022 Baru? 03

Mitsubishi Xpander 2022 akan segera hadir di ASEAN 

Salah satu indikasi lain yang memperkuat akan segera hadirnya generasi baru Xpander adalah dengan keterangan dari Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita pada acara Investor Daily Summit 2021 Juli lalu, yang menyebutkan bahwa Mitsubishi sudah menyiapkan Mitsubishi Xpander Hybrid untuk diproduksi tahun 2023.  Hal ini sejalan dengan laporan yang ditunjukkan MMC, bahwa memang Mitsubishi Xpander Hybrid rencananya akan diluncurkan pada 2023. Klop!

Mitsubishi Xpander Diproduksi di Vietnam dan Malaysia, MMKSI Siapkan Mitsubishi Xpander 2022 Baru? 04

Mitsubishi Xpander Hybrid akan hadir pada 2023

Artinya, besar kemungkinan bahwa Mitsubishi Xpander Hybrid ini akan hadir dari generasi terbaru Mitsubishi Xpander yang diperkenalkan pada 2022 mendatang, atau bahkan bisa saja di akhir tahun 2021 ini. Apalagi mengingat saat ini, Xpander telah melewati setengah usianya dan tampaknya akan menjadi sebuah hal yang tak mungkin jika Mitsubishi akan memperkenalkan varian dengan teknologi baru di model ini.

Baca juga: Model Baru Mitsubishi Xpander Siap Diperkenalkan Pada 2023 Termasuk Varian Hybrid

Inden Mitsubishi Xpander Mencapai 2 Bulan

Seperti disebutkan di atas, Mitsubishi di Indonesia memang mencatatkan rekor penjualan yang istimewa di tengah masa pandemi Covid-19 saat ini. Selama kuartal I-2021, penjualan Mitsubishi di Indonesia mencapai 26.397 unit atau berkontribusi 11,5% dari total penjualan Mitsubishi di dunia. Itu artinya, MMKSI adalah penyumbang terbesar penjualan Mitsubishi di dunia. Dan dari total penjualan tersebut, komposisi penjualan Mitsubishi di Indonesia didominasi oleh Xpander, termasuk Xpander Cross, sebesar 49%.

Mitsubishi Xpander Diproduksi di Vietnam dan Malaysia, MMKSI Siapkan Mitsubishi Xpander 2022 Baru? 05

Mitsubishi Xpander jadi penyumbang penjualan terbesar Mitsubishi di dunia

Performa hebat itu juga ditunjukkan dengan keberhasilan Mitsubishi Xpander merebut posisi mobil terlaris pada bulan Juli 2021 lalu dengan penjualan (wholesales) total sebanyak 6.974 unit. Padahal pada bulan Juni lalu torehan penjualannya tak masuk 10 besar mobil terlaris. Hanya terjual 1.704 unit. Artinya dari Juni ke Juli penjualan Xpander naik sebesar 309 persen.

Sayangnya, kondisi pandemi di Indonesia yang sempat memburuk dan membuat pemerintah harus memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat yang kini bernama PPKM level 4 menghambat produksi Mitsubishi Xpander. Alhasil, masa tunggu (inden) untuk mendapatkan Xpander berkisar 1-2 bulan.

Mitsubishi Xpander Diproduksi di Vietnam dan Malaysia, MMKSI Siapkan Mitsubishi Xpander 2022 Baru? 06

Konsumen harus menunggu 1 hingga 2 bulan untuk warna dan varian tertentu Mitsubishi Xpander

“Kami mohon maaf, karena konsumen harus menunggu. Sekarang, pabik kami kesulitan untuk berproduksi, karena ada PPKM. Secara umum, inden Xpander sudah dapat kami penuhi sampai akhir bulan ini, namun, untuk varian dan warna tertentu, konsumen harus menunggu 1-2 bulan,” ujar Tetsuro Tsuchida.

Baca juga: Mitsubishi Xpander Geser Honda Brio dan Toyota Avanza Sebagai Mobil Terlaris Juli 2021

Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, agency dan media, baik cetak maupun online. Kegemarannya berkendara membawa Ia mencoba berbagai jenis mobil, mulai single seater di lintasan sirkuit hingga off-road di lintasan salju bersuhu -15 derajat Celsius. Facebook: budityas Instagram: budityasbebe

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Mitsubishi Xpander Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil