window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mitsubishi Xpander Sudah Lama Facelift, Nasib Nissan Livina Makin Terlupakan?

Prasetyo · 20 Jan, 2023 20:06

Mitsubishi Xpander Sudah Lama Facelift, Nasib Nissan Livina Makin Terlupakan? 01

Nissan Livina sampai artikel ini dipublikasikan belum juga dapat revisi tampilan. Padahal kembarannya, Mitsubishi Xpander, sudah hadir model faceliftnya sejak 2021. Lantas kapan Livina juga akan muncul faceliftnya?

Hal ini coba kami konfirmasi melalui Tan Kim Piau. Sayangya Chief Executive Officer PT Nissan Motor Distribusi Indonesia tersebut belum bisa memberikan jawaban pasti kapan Livina facelift layaknya Xpander bakal dirilis.

Mitsubishi Xpander Sudah Lama Facelift, Nasib Nissan Livina Makin Terlupakan? 02

Jadi kembaran Mitsubishi Xpander sejak 2019

"Livina sampai saat ini masih dijual, tapi terus terang kita masih membicarakannya dengan prinsipal mengenai model barunya, apalagi ini terkait juga dengan aliansi Nissan," ucap Mr Tan ketika ditemui di Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Kamis (19/01/2023).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Nissan Serena 2023 Sudah Resmi Meluncur di Jepang, Toyota Voxy Dapat Lawan Tangguh

Nissan Livina Sudah Tak Menarik Lagi?

Walau belum mau membocarakan masa depan Livina, tetapi Tan menyebut, kalau Nissan sejatinya tetap memperhatikan semua segmen pasar otomotif, baik global maupun di Indonesia. Termasuk segmen MPV yang sebenarnya Nissan punya beberapa model selain Livina.

Mitsubishi Xpander Sudah Lama Facelift, Nasib Nissan Livina Makin Terlupakan? 01

Nissan Serena terbaru yang kabarnya juga akan masuk Indonesia

"Nissan pada dasarnya akan tetap bermain disemua segmen termasuk model MPV. Di model ini kita juga punya Serena e-Power yang sudah dijual di Jepang. Untuk Livina kita masih membicarakan pengembangannya," kata dia.

Namun selain Livina, Mr Tan sedikit membocorkan bahwa sebenarnya Nissan juga mengembangkan model MPV lain yang mengarah ke tenologi elektrifikasi. Apakah itu berarti akan muncul Livina e-Power?

Mitsubishi Xpander Sudah Lama Facelift, Nasib Nissan Livina Makin Terlupakan? 02

Livina belum berganti model

"Kalau dibilang MPV sudah tak menarik lagi saya rasa tidak. Tapi kalau Livina mengarah ke e-Power, saya belum dapat penjelasan dari prinsipal," jelas Tan.

Baca juga: Toyota Voxy Kalah Langkah, New Serena e-POWER Akan Hadir Dalam Waktu Dekat

Nissan Sakura Masuk Indonesia?

Jika Livina belum jelas nasib selanjutnya, lantas apakah Nissan bakal menghadirkan MPV kelas menengah ke bawah dengan model lain? Atau menggantinya dengan kendaraan-kendaraan ukuran mungil dengan harga lebih terjangkau?

Mitsubishi Xpander Sudah Lama Facelift, Nasib Nissan Livina Makin Terlupakan? 03

Mobil listrik Nissan Sakura

Pasalnya di Jepang, pabrikan juga memiliki model Sakura. Sebuah EV berukuran kompak namun cocok untuk mobil keluarga kecil. "Di segmen MPV kita ada Serena, kemudian ada Mini MPV Nissan seperti Sakura. Kita sebut MPV juga karena basisnya seperti MPV.

Mungkinkah Nissan Sakura ini juga akan masuk Indonesia menemani mobil listrik Nissan lainnya yang sudha dipasarkan yakni Leaf? "Kalau untuk Sakura ke Indonesia kami belum bicarakan itu dengan prinsipal," tukas Tan.

Baca juga: 5 Hal Menarik Toyota Kijang Innova Zenix 2023, Bikin Pemilik Reborn Berpaling

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Nissan Livina E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil