window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mitsubishi Xpander vs Hyundai Stargazer, Mana Mobil Keluarga yang Paling Nyaman?

Yongki Sanjaya · 26 Okt, 2022 09:00

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Keduanya dijual dengan harga yang sama, harga Mitsubishi Xpander Ultimate CVT dengan Hyundai Stargazer Prime, sama-sama dibanderol Rp307,1 juta dan merupakan varian termahal.  

Kebetulan dua MPV ini juga pernah kami kendarai, jadi telah paham bagaimana impresi jadi pengemudi atau jadi penumpang. Mitsubishi Xpander sebelumnya sukses menjadi rising star saat meluncur pada 2017 lalu. Kini, Hyundai Stargazer berusaha mencari peruntungan serupa dengan beberapa hal positif yang dimilikinya.

Mitsubishi Xpander vs Hyundai Stargazer, Mana Mobil Keluarga yang Paling Nyaman? 01

Masing-masing model juga memiliki penampilan atraktif, dengan aksen khas tersendiri dari kedua pabrikan. Mitsubishi Xpander mempertahankan gaya Dynamic Shield dengan aksen X di sisi fascia, yang pada facelift kali ini sudutnya lebih membulat dan tampil elegan. Kemudian pada Hyundai Stargazer punya desain futuristik, dengan aksen bulat di sisi fascia yang mengadopsi gaya milik Staria.

Xpander dahulu sukses mencuri perhatian masyarakat karena penampilannya yang maskulin ala SUV, suspensi nyaman, kabin lega dengan fitur yang lengkap. Resep ini coba diikuti oleh Hyundai, dengan inovasi yang mereka lakukan pada Stargazer. 

Nah, seperti apa sih kenyamanan dari Mitsubishi Xpander dibandingkan Hyundai Stargazer? Berikut ini perbandingannya.

Kabin Mitsubishi Xpander Cukup Nyaman dan Praktis dengan Beragam Fitur Pendukung

Mitsubishi Xpander vs Hyundai Stargazer, Mana Mobil Keluarga yang Paling Nyaman? 02

Mitsubishi Xpander memiliki ruang kabin yang proporsional, berkat tempat duduk yang dibuat berjarak pada setiap baris serta atapnya yang tinggi. Dari segi visibilitas berkendara, Xpander memiliki dashboard yang tidak terlalu tinggi sehingga pandangan masih leluasa. 

Kenyamanan dalam Xpander didukung dengan kualitas interior yang dilapisi material soft touch di beberapa bagian. Disisi lain, mobil ini memiliki banyak ruang penyimpanan barang yang bisa digunakan untuk menaruh barang dengan ringkas.

Guna memberikan kemudahan dan utilitas secara maksimal, tercatat Xpander memiliki total 19 ruang penyimpanan meliputi console, cup holder, instrument panel side pocket, instrument panel tray, instrument lower tray, coin box, door pocket, back pocket dan glove box. Di baris kedua, Xpander juga dilengkapi arm rest berdimensi besar dengan cup holder.

Mitsubishi Xpander vs Hyundai Stargazer, Mana Mobil Keluarga yang Paling Nyaman? 03

Bicara fitur, Mitsubishi Xpander terbilang lengkap. Seperti yang bisa dilihat didalamnya MPV keleuarga ini berhasil tersematkan AC digital, dan head unit 8” Touchscreen Audio with Smartphone Linked Display Audio (SDA). Selain itu kalian juga dapat menemukan New Design Meter Cluster with Opening Animation, New Design Steering Wheel with Audio Steering & Hands Free Switch serta, New Leather Tilt dan Telescopic Steering. 

Impresi Kenyamanan Berkendara di New Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander vs Hyundai Stargazer, Mana Mobil Keluarga yang Paling Nyaman? 04

Untuk impresi kenyamanan berkendara di Xpander facelift cukup nyaman dan kedap. Ayunan suspensi di model facelift lebih empuk dan nyaman saat melewati jalan keriting. Namun demikian, karakter suspensi di New Xpander ini konsekuensinya jadi agak limbung kalau kita geber di kecepatan tinggi. 

Kenyamanan berkendara juga didukung dari transmisi CVT yang halus dan termasuk cukup responsif di putaran bawah. Tenaganya lumayan mengisi namun tidak menghentak sehingga berkendara pun bisa tetap halus dan menyenangkan. 

Dengan ground clearance tertinggi dikelasnya, memang Mitsubishi Xpander memiliki kelemahan pada body roll yang lumayan besar. Pengemudi harus ekstra hati-hati saat ingin memacu dalam kecepatan tinggi. 

Hyundai Stargazer, MPV yang Comfort Oriented

Mitsubishi Xpander vs Hyundai Stargazer, Mana Mobil Keluarga yang Paling Nyaman? 05

Hadir sebagai pendatang baru, Hyundai Stargazer berusaha agar kelebihannya bisa mengungguli banyak merek. Hyundai pun melihat segmen low MPV ini butuh kendaraan yang nyaman dengan kemampuan yang merata. Inilah yang membuat Stargazer unggul dari sisi kenyamanan kabin, baik fitur maupun sensasi berkendara. 

Hal menarik yang jadi keunggulan di Stargazer dan tidak dimiliki para rival yaitu kehadiran Captain Seat di baris kedua. Kita cukup membayar tambahan biaya Rp1.000.000 untuk Captain Seat yang tersedia untuk varian Trend, Style, dan Prime. 

Mitsubishi Xpander vs Hyundai Stargazer, Mana Mobil Keluarga yang Paling Nyaman? 06

Fitur Ambient Mood Light menghiasi interior dengan lampu yang warnanya bisa kita atur sesuai selera. Mobil ini dibekali  Head Unit Audio berukuran 8 inci yang mendukung konektivitas smartphone dan wireless charging untuk ponsel. 

Beragam aspek dioptimalisasikan termasuk kemudahan dalam akses multimedia di head unitnya. Untuk kalian yang masih awam dalam mengakses maps di Android Auto, cukup mudah melakukan koneksi melalui Bluetooth. Tak perlu colok-colok USB untuk menyambungkan Android Auto, dan kita bisa dengan mudah mencari fitur digital maps tersebut dalam user interface yang ditampilkan. 

Sensasi Berkendara di Hyundai Stargazer

Mitsubishi Xpander vs Hyundai Stargazer, Mana Mobil Keluarga yang Paling Nyaman? 07

Konsep Hyundai STARGAZER dengan Sleek One Box menciptakan lekungan aerodinamis yang memberikan rasa lapang bagi para penumpang di dalamnya

Dalam sesi test drive Hyundai Stargazer beberapa waktu lalu, kami merasakan kabin Stargazer ini punya kekedapan yang baik. Kebisingan dari luar bisa diredam dengan optimal, ditambah lagi ban Kumho yang digunakan oleh Stargazer juga minim noise. Saat dipacu dalam kecepatan tinggi antara kecepatan 100-120 km/jam. 

Mitsubishi Xpander vs Hyundai Stargazer, Mana Mobil Keluarga yang Paling Nyaman? 08

Kabin pun minim gemlodak, baik terutama dari roda belakang saat melewati jalan kasar dan bergelombang. Sebagai catatan, suara gemlodak sedikit terdengar dari bagian dashboard depan. Kami menduga kalau ada satu atau dua titik baut yang pemasangannya kurang kencang dan rapat. Namun, gemuruh ini tak selalu muncul ketika melewati jalanan rusak.

Bagaimana dengan ayunan suspensinya saat di kursi tengah? Kami merasakan suspensinya lembut dan tidak limbung walau dipacu cukup tinggi di kecepatan 150 km/jam. Saat melewati kondisi jalanan keriting, bantingannya juga masih cukup nyaman sehingga tidak membuat penumpang terguncang-guncang.

Kesimpulan

Dengan harga yang sama persis, kenyamanan di Hyundai Stargazer kami rasa sanggup ungguli Mitsubishi Xpander. Ada banyak fitur menarik yang membuat MPV Korea Selatan ini bisa sukses sebagai pendatang baru.

Tak cuma soal kabin kedap, tapi masalah ayunan suspensi yang stabil serta kursi captain seat berikut fitur ADAS Hyundai Smartsense menjadikan Stargazer bisa lebih komplit soal fitur. Kalau membandingkan dari sisi harga dan kelengkapan yang ada, maka Xpander jadi terlihat kemahalan karena tak memiliki ADAS. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Mitsubishi Xpander Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil