window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mitsubishi Xpander vs Toyota Veloz, Mana yang Lebih Nyaman Dipakai Mudik ke Kampung?

Prasetyo · 5 Apr, 2024 12:05

Mitsubishi Xpander vs Toyota Veloz, Mana yang Lebih Nyaman Dipakai Mudik ke Kampung? 01

Mitsubishi Xpander vs Toyota Veloz adalah dua mobil jenis Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) yang peminatnya cukup banyak di Indonesia.

Keduanya juga jadi andalah mobil keluarga untuk berbagai kebutuhan, mulai dari menemani aktifitas harian, mengantar anak ke sekolah atau sang istri berbelanja, hingga kendaraan yang dipakai liburan serta mudik ke kampung halaman.

Ya, mudik pakai mobil pribadi memang sampai saat ini masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia saat hendak merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman untuk bertemu seluruh keluarga besar.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tentunya opsi paling diminati adalah mobil-mobil keluarga seperti MPV atau SUV 7 penumpang, contohnya ya Mitsubishi Xpander vs Toyota Veloz.

Berada di kelas yang sama, sebenarnya baik Xpander mapun Veloz bukan bertarung sendirian, namun cukup banyak pemain di segmen ini.

Mitsubishi Xpander vs Toyota Veloz, Mana yang Lebih Nyaman Dipakai Mudik ke Kampung? 01

Mitsubishi Xpander Ultimate CVT

Peta persaingannya sangat beragam, Veloz mungkin sedikit diuntungkan karena sejarah mobil ini sudah lebih dulu melekat pada legenda Toyota Avanza, sementara Xpander datang belakangan.

Tapi bukan berarti Mitsubishi adalah pemain paling muda, sebab selain duet Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, juga ada Suzuki Ertiga, dan yang terbaru Hyundai Stargazer.

Kalau dilihat dari rentang harga yang ditawarkan juga sangat beririsan.

Untuk tipe-tipe terendah ada yang harganya di bawah Rp200 juta, sementara tipe menengah Rp250 jutaan sampai Rp300 juta kecil, sementara untuk varian flagship umumnya ada di atas Rp300 juta.

Mitsubishi Xpander vs Toyota Veloz, Mana yang Lebih Nyaman Dipakai Mudik ke Kampung? 02

Toyota Veloz

Nah dari sekin banyak mobil jenis mobil LMPV yang bisa dipilih untuk mudik Lebaran itu, ada dua yang sering sekali dipertanyakan dengan harga kisaran Rp300 juta, yaitu Mitsubishi Xpander dan Toyota Veloz.

Keduanya masuk kelas LMPV namun dengan tampilan dan cita rasa yang lebih premium.

Untuk harganya punya kemiripan, walau Veloz jauh lebih mahal lantaran pada tipe tertingginya sudah dilengkapi TSS (Toyota Safety Sense), sementara Xpander tipe tertinggi belum ada ADAS.

Perbandingan Harga per April 2023
Mitsubishi Xpander Toyota Veloz
Tipe Harga Tipe Harga
Exceed CVT Rp285.700.000 MT Rp290.700.000
Sport MT Rp299.850.000 CVT Rp306.400.000
Sport CVT Rp314.500.000 Q CVT Rp315.300.000
Ultimate CVT Rp317.900.000 Q CVT TSS Rp337.300.000

Tapi dari kedua mobil ini, manakah kira-kira yang pantas untuk dimiliki dan dipakai mudik Lebaran? Mari kita ulas lebih detil.

Baca juga: FAQ: Mitsubishi New Xpander Facelift 2021 Jadi Tinggi Karena Pakai Suspensi Pajero Sport?

Mitsubishi Xpander vs Toyota Veloz: Eksterior

mitsubishi xpander vs toyota veloz

Gaya desain Dynamic Shield membuat Xpander terlihat lebih berkelas

Menggunakan gaya desain "Dynamic Shield", Xpander menonjolkan karakter futuristik, modern, tapi tetap terlihat elegant.

Fascia depannya hadir dengan Day-time Running Light (DRL) LED tepat di bawah kap mesin yang terlihat begitu futuristis ketika menyala di malam hari.

Sementara untuk lampu utamanya tetap ada di sisi kiri dan kanan bemper, namun pada model facelift sudah menganut konsep desain T-Shaped dan menggunakan teknologi LED projector.

Bergeser ke bagian samping, terlihat ada penyematan velg 17 inci two tone colour yang dibarengi dengan penyematan sideskirt.

mitsubishi xpander vs toyota veloz

Tampilan belakang Xpander

Spion luar juga telah dilengkapi fitur electric mirror yang memudahkan penggunanya ketika ingin melakukan pengaturan hanya dengan menekan tombol di sisi pengemudi.

Beranjak ke sisi buritan, stoplampnya terlihat begitu stylish yang juga pakai desain T-Shaped serta berteknologi LED.

Kesan berotot di perkuat dengan adanya bumper yang ketambahan rear diffuser berwarna hitam dof (black matte).

Lantas bagaimana dengan Toyota Veloz? Versi mahal dari Avanza ini juga sebenarnya punya tampilan yang terlihat mewah.

mitsubishi xpander vs toyota veloz

Toyota Veloz

Mobil ini menggunakan gril yang lebih besar dan berfinishing black gloss yang elegant, tepat di bawah bonnetnya disematkan lampu utama dengan mengadopsi teknologi LED serta terintegrasi juga dengan DRL plus tambahan lampu sein LED.

Melihat bagian samping, untuk spion mobil ini mendapatkan fitur Electric Mirror dan Auto Folding dengan Turn Signal Lamp serta kamera 360 derajat.

mitsubishi xpander vs toyota veloz

Aksen chrome dan silver membuat auranya terlihat lebih mewah

Pada lingkar rodanya, diaplikasikan velg dual-tone 17 inci yang desainnya mirip dengan kepunyaan Toyota Avanza tipe G.

Sedangkan di sisi buritan, stoplamp sudah menggunakan teknologi LED dan terhubung di kedua sisinya berkat adanya garnish merah memanjang.

Kaca belakangnya juga terdapat rear defogger dan rear wiper yang memudahkan pengemudi ketika ingin melihat kendaraan lain dibelakang melalui spion tengah.

Baca juga: MPV di Bawah Rp300 Juta, Mitsubishi Xpander Exceed Unggulkan Kenyamanan Berkendara

Siapa yang Kabinnya Lebih Nyaman?

Mitsubishi Xpander vs Toyota Veloz, Mana yang Lebih Nyaman Dipakai Mudik ke Kampung? 07

Manakah yang paling nyaman?

Kalau soal desain itu balik lagi ke selera masing-masing dari kalian, lalu bagaimana dengan kenyamanannya?

Apakah duduk di bangku belakang Xpander lebih nyaman ketimbang di kabin Veloz?

Bicara soal dimensi, Xpander Ultimate CVT mempunyai panjang 4.595 mm, lebar 1.175 mm dan tinggi 1.750 mm serta ground clearance berada di angka 220 mm.

Sedangkan Toyota Veloz Q menurut data di atas kertas memiliki panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, serta tinggi 1.700 mm dan ground clearance 205 mm.

mitsubishi xpander vs toyota veloz

Kokpit Mitsubishi Xpander Ultimate

Mitsubishi Xpander memanjakan kenyamanan pengemudi dan penumpang berkat peningkatan material kualitas pada sisi interiornya.

Sebagai informasi, mobil ini memiliki total 17 ruang penyimpanan serta pilihan konfigurasi kursi terbaik di kelasnya.

Kemudian ada juga head unit 8 inci Touchscreen Audio with Smartphone Linked Display Audio (SDA), Meter Cluster yang dilengkapi panel digital, steering wheel with audio & hands free switch serta, fitur Tilt dan Telescopic Steering.

Dilain sisi, kalian juga bisa menemukan adanya Electric Parking Brake with Brakehold, Armrest, Rear USB Port, Start Stop Engine Button, serta Cruise Control.

mitsubishi xpander vs toyota veloz

Interior Veloz tipe Q

Bagaimana dengan Toyota Veloz Q CVT? Seperti yang bisa kalian ketahui mobil ini telah dibenamkan fitur unggulan berupa New Leather Tilt dan Telescopic Steering with Audio & MID Switch

Lingkar kemudi yang dibalut dengan material kulit, serta 7 Inch Digital TFT MID yang dapat menampilkan segala informasi penting mengenai status kendaraan secara virtual.

Untuk sistem hiburannya sendiri sudah disematkan head unit 9 inci yang mendukung konektivitas smartphone.

Kemudian agar pengguna merasa lebih nyaman disaat melakukan perjalanan jauh, All New Veloz juga dilengkapi dengan Wireless Charger di konsol tengah serta New Electric Parking Brake with Brakehold.

Terdapat pula Push Start Engine Button, New Leisure Soft Pad Door Armrest with Full Grip, dan dikombinasikan dengan Illumination Light yang membuat kabin lebih terasa premium.

Baca juga: Harga Nissan Livina EL MT Baru Lebih Murah dari Toyota Veloz MT, Tertarik Pilih yang Mana?

Mesin Mitsubishi Xpander Menang di Torsi

Mitsubishi Xpander vs Toyota Veloz, Mana yang Lebih Nyaman Dipakai Mudik ke Kampung? 10

Harganya mirip

Mengenai jantung pacu, Mitsubishi Xpander dibenamkan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve Euro4 yang mana menurut data di atas kertas mampu memeras tenaga hingga 105 PS @6.000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm @4.000 rpm.

Dibandingkan dengan Toyota Veloz, Xpander kalah soal tenaga namun menang untuk torsinya. Seperti yang bisa dilihat Veloz sendiri disematkan mesin 1.5L 2NR-VE 4 silinder segaris 16 valve DOHC Dual VVT-i yang dapat memeras tenaga hingga 106 PS @6.000 rpm serta torsi puncak 137 Nm @4.200 rpm.

Dengan torsi yang lebih besar, tentunya Mitsubishi Xpander memiliki tarikan yang lebih ringan dibandingkan Toyota Veloz saat akselerasi.

Oh iya, sebagai informasi keduanya kini memiliki jantung pacu yang diletakan secara melintang (transverse) dengan mengandalkan transmisi CVT.

Untuk membuatnya bergerak, tenaga yang dihasilkan kemudian ditranslasi ke penggerak roda depan (FWD).

Tetapi selain kenikmatan berkendara, manakah antara Mitsubishi Xpander vs Toyota Veloz yang paling kedap kabinnya?

Dan seperti apa guncangan ketika semisal Anda menghadapi jalan jelek di kampung halaman?

Saksikan pengujian yang sudah kami lakukan dari kedua mobil ini ya!

Jika Anda tertarik untuk membeli Toyota Veloz ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa membelinya melalui SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.  

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Mitsubishi Xpander Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil