Mitsubsihi Xpander Menjadi LMVP Ternyaman Bagi Penumpang Baris Ketiga

Dhoni · 8 Nov 2020 10:00

Berlibur bersama keluarga besar tentu sangat menyenangkan, terlebih bila masa Pandemi Covid-19 telah rampung. Mungkin cukup nyaman menggunakan LMPV 7 seater dlam perjalanan panjang bagi keluarga kecil yang berjumlah 4 hingga 5, berbeda dengan jumlah anggota keluarga mencapai 7 orang untuk dibawa dalam sebuah mobil. Muat pastinya tapi kenyamanan selama perjalan panjang akan terganggu.

Kabin Mitsubishi Xpander 2020

Mungkin dapat mengakali dengan membawa dua mobil, namun biaya tentu akan membengkak dua kali lipat. Nah agar tak salah memilih kendaraan model Low – Multi Purpose Vehicle (LMPV) yang nyaman digunakan selama perjalanan jauh, berikut penjelasan dari kami.

Akses jok baris ketiga

Boleh saja, ruang kaki atau leg room jok baris ketiga sangat lapang, namun walau hanya untuk akses keluar maupun masuk menjadi bagian penting. Bayangkan untuk meuju jok baris ketiga harus mengeluarkan usaha besar dalam melipat bangku baris kedua.

Kabin Honda Mobilio

Saat ini telah ada fitur melipat kursi baris kedua dengan praktis yakni cukup dengan mengangkat satu saja dan kuris terlipat sempurna, Fitur ini biasa di sebut one-touch-tumble yang telah terdapat pada Mitsubishi Xpander maupun Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga.

Dimensi Low-Multi Purpose Vehicle

Agar lebih imbang, kami akan membandingkan leg room untuk baris ketiga pada LMPV seperti Mitsubishi Xpander 2020, Toyota Avanza 2020, Daihatsu Xenia 2020, Honda Mobilio 2020 dan Suzuki Ertiga 2020.

Perbandingan tentang leg room untuk baris ketiga
  Panjang Lebar Tinggi
Mitsubishi Xpander 2020 4.475 mm 1.750 mm 1.695 mm
Toyota Avanza 2020 4.190 mm 1.660 mm 1.695 mm
Daihatsu Xenia 2020 4.190 mm 1.660 mm 1.695 mm
Honda Mobilio 2020 4.398 mm 1.683 mm 1.603 mm
Suzuki Ertiga 2020 4.395 mm 1.690 mm 1.735 mm

 Jika dilihat dari tabel diatas, Mitsubishi Xpander menjanjikan kabin yang lebih lapang dari 4 pesaingnya. Antara Hodna Mobilio dan Suzuki Ertiga cukup bersaing dalam memberikan ruang pada baris ketiga. Dan diikuti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Namun yang harus diperhatikan adalah pengaturan bangku pada baris kedua. Seandainya bangku baris kedua tidak dapat digeser maju atau mundur (sliding seat), tentu leg room penumpang baris ketiga sangat terbatas. Dapat dikatakan, hampir semua  mobil LMVP telah mengadopsi bangku yang baris kedua yang dapat digeser maju atau mundur.

Sedikit saran, dalam menentukan yang akan duduk di jok baris ketiga pada LMVP, maka ada baiknya mereka dengan usia paling muda dan memiliki ukuran badan lebih kecil dibanding anggota keluarga lainnya. Paling tidak pergerakan untuk akses memasuki atau keluar ruang baris ketiga lebih mudah.

Kabin Daihatsu Xenia 2020

Begitu pula dengan unsur kenyamanan yang terdapat pada jok baris ketiga, jika tidak dapat diatur menyesuaikan kebutuhan maka dijamin perjalanan akan terasa lebih lama. Dan jangan lupa, seandainya harus meletakan bawang bawaan di bagasi, usahakan mengatur sandaran tempat duduk sesuai keinginan penumpang.

Jika ada yang mempertanyakan, kenapa kami tidak memasukan Wuling Confero pada perbandingan ini? Jawaban kami adalah Wuling Confero satu-satunya LMV yang menggunakan sistem gerak roda belakang sehingga terdapat gundukan pada bagian tengah mobil.

Sedangkan tidak adanya Nissan Livina 2020, sebenarnya telah diwakili oleh Mitsubishi Xpander karena keduanya memiliki platform yang sama.

Komentar

Mobil Terbaru