Mobil Baru Honda dengan Mesin L15ZF, Digunakan Mulai dari Hatchback Sampai SUV

Enda · 4 Nov, 2022 15:30

Mesin L15ZF

Mesin bensin berkode L15ZF kini jadi andalan PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk beberapa lini terbarunya yang dijual di Tanah Air. Sebagai informasi, jantung pacu berkombusi Injeksi dengan teknologi PGM-FI i-VTEC tersebut merupakan suksesor dari mesin L15Z1 yang digunakan pada Jazz GK5, Mobilio, serta BR-V generasi pertama.

Berbeda dengan L15Z1, mesin terbaru Honda L15ZF sudah menggunakan teknologi DOHC yang mana dalam satu piston terdapat dua noken as yang masing-masing menggerakkan dua katup in dan katup out sekaligus.

Dengan teknologi ini mobil memiliki tarikan nafas lebih panjang pada putaran atasnya. Selain itu, bila dibandingkan dengan mesin sebelumnya, untuk kubikasinya mesin L15ZF juga lebih besar. Jika L15Z1 memiliki kapasitas 1.496 cc, L15ZF berada di angka 1.498 cc atau meningkat 2 cc.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Mesin L15ZF

Mesin L15ZF Honda City Hatchback

Bicara mesin L15ZF, Honda menggunakan dapur pacu tersebut untuk beberapa mobilnya mulai dari hatchback hingga SUV ternyata bukan tanpa alasan. Seperti disampaikan Yusak Billy, selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) pada saat peluncuran produk terbarunya pesaing dari Toyota Raize baru-baru ini, mesin L15ZF digunakan untuk memenuhi kebutuhan kosumen serta kondisi alam di Indonesia

“Ya karena kita kan mendevelop mobil unntuk memenuhi kebutuhan serta kondisi jalan dan infrastruktur seperti apa. Paling cocok ya mesin 1.500 cc PGM-FI i-VTEC ini (L15ZF) karena semua apa yang dibutuhkan menyesuaikan akan gaya berkendara fun to drive, bertenaga serta percaya diri berkat performa tangguh. Untuk Indonesia mesin ini sangat mengakomodir kebutuhan,” ujarnya

Lebih lanjut Billy menyampaikan, beberapa produknya yang memakai mesin L15ZF secara strukturan mesin sama hanya berbeda pada setingan.

“Jadi apa mesin 1.500 cc sama dengan model lainnya? Sama, tapi setingan atau tunenya berbeda di setiap model karena disesuaikan mengikuti segmennya masing-masing. Ya untuk performa disesuaikan sesuai segmennya menyesuaikan kebutuhan,” tambahnya.

Ingin tahu mobil baru Honda apa saja yang pakai mesin L15ZF untuk pasar Tanah Air? Simak terus ulasannya berikut ini.

Baca juga: Punya Banyak Kemiripan Harga Jauh Lebih Murah, Mending Honda WR-V 2023 daripada City Hatchback RS

1. Honda City Hatchback

Mesin L15ZF

Honda City Hatchback

Sebagai mobil perkotaan kompak pesaing dari Toyota Yaris, Honda City Hatchback merupakan produk pertama Honda yang disematkan mesin L15ZF untuk pasar Indonesia. Disebut sebagai suksesor Honda Jazz GK5, City Hatchback melantai di Indonesia pada Maret 2021.

Hadir dengan tampilan yang lebih agresif dan sporty berkat mengusung konsep desain "Energetic, the H Atchback”, Honda City Hatchback hanya mendapat satu varian saja, yakni RS. Mengenai jantung pacunya, mobil ini dibekali dengan mesin L15ZF 1.498 cc, DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW. Untuk performa yang dihasilkan, di atas kertas mesin ini mampu merilis tenaga 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum mencapai 145 Nm di 4.300 rpm. Dibenamkan secara melintang, mesinnya dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan dan CVT.

2. Honda BR-V

Mesin L15ZF

Honda BR-V

Selanjutnya mobil baru Honda yang menggunakan mesin L15ZF adalah Honda BR-V generasi kedua. Peluncurannya dilakukan pada September 2021, All New BR-V terlihat jauh lebih revolusioner berkat ubahan yang diterimanya. Diproduksi di pabrik PT Honda Prospect Motor yang berlokasi di Kawasan Industri Mitrakarawang (KIM), Jawa Barat, Honda BR-V juga diekspor ke beberapa negara.

Mengenai performa yang dimiliki, mesin L15ZF pada BR-V sanggup melecutkan tenaga sebesar 121 PS di 6.600 rpm serta torsi maksimum 145 Nm pada putaran mesin 4.300 rpm. Seperti City Hatchback, untuk transmisinya mobil ini menggunakan manual 6-percepatan dan CVT.

3. Honda City Sedan

Mesin L15ZF

Honda City sedan

Tak berselang lama setelah kemunculan Honda BR-V, PT HPM menghadirkan City sedan sebagai varian panjang dari City Hatchback tepatnya di Oktober 2021. Berbeda dengan City Hatchback yang muncul dalam varian RS, untuk City sedan mobil ini hanya mendapatkan satu tipe yang disebut All New Honda City.

Dari segi spesifikasi mesin Honda City sedan sama persis dengan City Hatchback. Mengandalkan jantung pacu L15ZF 1.498 cc, DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW dengan tenaga 121 PS pada 6.600 rpm, untuk torsinya mencapai 145 Nm di 4.300 rpm yang dpadukan menggunakan transmisi CVT.

Baca juga: Perbandingan Harga Honda City Sedan 2022 vs Toyota Vios 2021, Mobil Impor Lawan Lokal

4. Honda WR-V

Mesin L15ZF

Honda WR-V

Setelah cukup lama dinanti kehadirannya oleh para pecinta otomotif Tanah Air, Rabu, 2 November 2022 PT HPM meluncurkan Honda WR-V yang diketahui merupakan pesaing terdekat Toyota Raize. Bermain di segmen SUV sub-kompak yang masuk dalam kategori A-SUV, sebelumnya banyak yang menduga bahwa WR-V akan dibenamkan mesin kepunyaan Brio dengan kode L12B berkapasitas 1.199 cc SOHC i-VTEC + DBW.

Namun setelah kemunculannya baru-baru ini, Honda WR-V berhasil dibekali mesin yang sama persis digunakan oleh City Hatchback, BR-V dan City sedan. Mengenai angka performa yang dihasilkan, untuk tenaganya berada di angka 121 PS di 6.600 rpm dengan torsi puncak 145 Nm pada 4.300 rpm. Seperti City sedan, Honda WR-V hanya disandingkan dengan transmisi CVT walaupun hadir dalam tiga varian berbeda.

Baca juga: Bedah Tiga Tipe Honda WR-V, Apa Saja Perbedaannya?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru