Mobil Baru Pekan Ini : Honda CR-V Black Edition dan Kia Carens 2022 yang Siap Lawan Xpander Cross

Prasetyo · 18 Des, 2021 13:07

Mobil Baru Pekan Ini : Honda CR-V Black Edition dan Kia Carens 2022 yang Siap Lawan Xpander Cross 01

Rasanya hampir setiap pekan selalu ada mobil baru yang bermunculan ke publik. Mobil-mobil ini pun sudah siap diperdagangkan, baik di Indonesia maupun pasar global. Nah untuk mobil baru pekan ini ada tercatat ada dua model yang lahir.

Pertama yakni Honda CR-V edisi serba hitam, serta yang masih sangat hangat, Kia Carens 2022. Keduanya hadir dalam segmen berbeda, dan diperkenalkan di dua negara berbeda pula. CR-V Black Edition resmi masuk Indonesia setelah sebelumnya hadir di Malaysia dan Thailand, sementara Carens melakukan debut global di India.

Seperti apa detil dua mobil baru pekan ini? Yuk kita simak lagi ulasannya.

1. Honda CR-V Black Edition, Hitam Luar Dalam

Mobil Baru Pekan Ini : Honda CR-V Black Edition dan Kia Carens 2022 yang Siap Lawan Xpander Cross 01

Eksteriornya serba hitam

Sesuai namanya, Honda CR-V Black Edition mendapatkan semua aksen hitam. Bukan cuma di sisi eksteriornya tapi juga ke ruang kabin. Nyaris seluruh elemen yang tadinya pakai warna silver atau chrome diganti hitam. 

Pada bagian eksterior misalnya, semua dilebur warna hitam. Mulai dari gril yang diganti black gloss, bemper depan belakang yang dominan warna hitam, velg juga hitam, sampai lampu depan pakai aksen hitam. Yang tersisa dari ornamen chrome hanya tinggal aksen di bagian bemper depan, dan logo "H" di gril serta center cap velg.

Mobil Baru Pekan Ini : Honda CR-V Black Edition dan Kia Carens 2022 yang Siap Lawan Xpander Cross 02

Ada logo Black Edition di jok depan

Kemudian di bagian interior pun nuansanya serba hitam. Joknya hitam dan di sandaran punggung jok baris depan ada emboss "BLACK EDITION". Bahkan corak kayu yang disematkan pada dasbor serta konsol tengah pun diganti Black Wood Grain.

Oh ya, basis mobil ini adalah CR-V facelift tipe tertinggi yang juga kini masih dijual di Indonesia sebagai CR-V Prestige. Sehingga kelengkapan fiturnya pun setara. Termasuk ketersediaan Honda Sensing dan panoramic sunroof.

Mobil Baru Pekan Ini : Honda CR-V Black Edition dan Kia Carens 2022 yang Siap Lawan Xpander Cross 03

Berbasis CR-V 1.5L Turbo Prestige

PT Honda Prospect Motor (HPM) belum mengumumkan berapa harga CR-V Black Edition. Tapi yang jelas banderolnya Rp15 juta lebih mahal ketimbang CR-V 1.5L Turbo Prestige.

Baca juga : All New Honda CR-V Black Edition Akhirnya Tiba di Indonesia, Harga Lebih Mahal Rp15 Juta

2. Kia Carens 2022, Lawan Kuat Mitsubishi Xpander Cross, Suzuki XL7 dan All New Honda BR-V

Mobil Baru Pekan Ini : Honda CR-V Black Edition dan Kia Carens 2022 yang Siap Lawan Xpander Cross 04

Carens berubah jadi LMPV 7 penumpang

Nama Kia Carens di Indonesia memang lebih familiar ketimbang Sonet atau Seltos. Karena sejatinya mobil ini sudah muncul sejak tahun 2000-an. Tapi kehadiran Kia Carens 2022 cukup mengejutkan. Mengingat sosoknya kini berubah jadi Low SUV.

Tubuhnya sedikit jangkung dengan ground clearance 195 mm. Parasnya modern mirip Seltos dan Sonet tapi pakai gril model baru yang menurut Kia ini bahasa desain terbarunya. Sementara di bagian dalam juga terlihat mewah, lengkap dengan audio dari Bose, sunroof, sampai keberadaan ambient light 64 warna.

Mobil Baru Pekan Ini : Honda CR-V Black Edition dan Kia Carens 2022 yang Siap Lawan Xpander Cross 05

Kabinnya mewah

Untuk mesinnya Kia Carens 2022 dibekali tiga pilihan, yakni mesin besin berkapasitas 1.4-liter turbo 142 PS, mesin bensin 1.5-liter berdaya 117 PS, dan mesin diesel 1.5L. Piliha transmisinya ada CVT 7 percepatan, otomatis 6 percepatan, dan manual 6-speed.

Kia baru menjual Carens 2022 awal tahun depan, dan kehadirannya memang diposisikan buat melawan Suzuki XL7 di India. Kalau masuk Indonesia tentu ia bersaing juga dengan Mitsubishi Xpander Cross serta All New Honda BR-V.

Baca juga : Kia Carens 2022 Resmi Dirilis, Fiturnya Lebih Lengkap dari All New Honda BR-V

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda CRV 2.0L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru