window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mobil Bekas Rp 40 Jutaan, Mending Ini Daripada Yamaha NMax?

Yongki Sanjaya · 15 Des, 2020 19:00

Mobil Bekas Rp 40 Jutaan, Mending Ini Daripada Yamaha NMax? 01

Harga mobil bekas biasanya cukup terjangkau, apalagi yang sudah agak tua. Harganya bahkan sudah hampir setara metik premium 150 cc keluaran terbaru seperti Yamaha NMax. Nah, daripada basah saat kehujanan, nih pilihan mobil bekas seharga Rp 40 jutaan yang masih oke.

Daripada memakai motor yang cuma untuk dua orang saja, maka pilihan yang menarik ialah membeli mobil tua bangka alias motuba. Budget 40 jutaan ini kita bisa kok beli mobil bekas layak pakai.

Setidaknya, kalian terhindar dari panas terik atau hujan. Selain itu, mobil juga bisa mengangkut setidaknya empat orang saat perjalanan dan masih mendapat sisa-sisa benefit dari mobil tersebut. Selisihnya pun cuma Rp 10 jutaan dari skutik bongsor 150 cc seperti Yamaha NMax atau Honda PCX. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Harga kendaraan roda empat di angka Rp 40 jutaan banyak pilihannya. Untuk mendapatkan mobil bekas dengan harga ini memang bukan perkara yang sulit. Sekarang ini, banyak dealer yang menjajakan mobil bekas di kisaran harga tersebut.

Sebelum memutuskan berburu motuba, hal yang harus disiapkan pembeli saat ingin meminang mobil bekas adalah dana cadangan untuk perbaikan. Kondisi mobil bekas tentunya membutuhkan sejumlah perbaikan, karena tidak mungkin kondisinya seperti mobil baru.

Jangan khawatir, duit segitu kita bisa beli mobil keluaran tahun 2000an kok. Lantas, apa sih mobil bekas yang keren di harga segitu? Ayo kita bahas satu persatu.

Hyundai Avega, Mobil Bekas Rp 40 Jutaan Paling Modern

Mobil Bekas Rp 40 Jutaan, Mending Ini Daripada Yamaha NMax? 01

Hyundai Avega terlihat seperti sedan dengan bagasinya yang memanjang ke belakang, namun ternyata mobil ini bukanlah sedan melainkan liftback. Liftback adalah jenis mobil dengan desain perpaduan antara sedan dengan hatchback. Pintu bagasi menyatu dengan kaca belakang.

Hyundai Avega memiliki interior yang cukup terlihat modern di tahunnya dengan pilihan warna black dan beige. Sayangnya untuk hiburan hanya diberikan head unit single din.

Hyundai Avega memiliki mesin berkapasitas 1.495 cc dengan tenaga 92 HP di 5.500 RPM dan torsi sebesar 132 NM di 2.900 rpm. Tidak istimewa, tapi cukup untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Bahkan, mobil ini tersedia dengan transmisi otomatis, sehingga cukup canggih untuk ukuran mobil Rp 40 jutaan.

Honda Accord Maestro, Sedan Rp 40 Jutaan yang Masih Mewah

Mobil Bekas Rp 40 Jutaan, Mending Ini Daripada Yamaha NMax? 02

Honda Accord Maestro merupakan generasi keempat dari Honda Accord yang masuk ke Indonesia. Sedan tua ini cocok bagi kamu yang mencari kenyamanan untuk pemakaian dalam kota. 

Honda Accord Maestro sebagai sedan bongsor midsize ini terkenal nyaman sejak dulu. Rival Toyota Corona ini cukup laris antara tahun 1991 hingga 1993. 

Dengan wheelbase 2.720 mm dan panjang 4.685 mm, kabinnya lega dan ruang kaki luas di kedua baris kursinya. Accord Maestro ini desainnya terbilang timeless dan elegan khas sedan mewah saat itu.

Bagian belakangnya memang masih terkesan kotak namun sudutnya membulat khas sedan premium 90-an. ,headlampnya sudah menggunakan lampu Kristal. Penampilannya ini tampak lebih eksklusif dan berkelas. 

Accord Maestro mengandalkan mesin 2.0 liter karburator SOHC 16 katup 4 silinder segaris dengan tenaga 110 dk untuk model 1991-1992. Kemudian untuk keluaran 1993 sudah memakai mesin injeksi PGM-Fi 2.000 cc, yang menghasilkan tenaga 145 dk dan torsi maksimal 187 Nm.

Suzuki Katana, Mobil SUV Rp 40 Jutaan

Mobil Bekas Rp 40 Jutaan, Mending Ini Daripada Yamaha NMax? 03

Kalian yang suka berpetualang atau jalan-jalan ke wilayah pelosok pedesaan tentu butuh mobil yang tangguh. Tidak perlu muluk-muluk naik hartop, karena Suzuki Katana pun cukup bila untuk off road ringan di pedesaan. 

Sebab, Katana yang umumnya dijual mayoritas berpenggerak roda belakang. Katana sebenarnya juga ada versi 4x4 tapi jarang dan cukup langka karena tetap memakai nama Jimny. Suzuki Katana dan Suzuki Jimny adalah mobil yang sama, hanya beda di sistem penggeraknya.

Masa keemasan Suzuki Katana pada dekade 1990-an hingga awal dekade 2000-an. Sebutan "Suzuki Jimny Banci" ini diberikan gara-gara sistem penggeraknya disunat dari 4x4 menjadi 4x2.

Suzuki Jimny 4x2 rakitan PT Suzuki Indomobil Motor ini sejak lahir sudah punya atap tinggi. Tujuannya, supaya penumpang punya headroom yang tinggi dan buat kabin terasa luas. 

Nah, kalau pakai mobil ini buat harian juga cukup menyenangkan karena mesinnya kecil dan irit. Suzuki Katana dibekali dengan mesin bensin 4-silinder berkode F10A berkapasitas 1.0 liter. Mesin itu menawarkan tenaga 49 dk dan torsi 73,5 Nm yang dipadukan dengan sistem transmisi manual 5 percepatan. 

Kesimpulan

Ketiga mobil bekas di atas masih punya value for money yang baik. Sebab, usianya yang tua tidak membuat ketiganya hilang pesona. Mau cari nyaman, ada sedan Accord Maestro, dan mau cari SUV irit dan cukup tangguh ada Suzuki Katana. 

Kalau ingin lebih modern, ada Hyundai Avega yang sudah memakai transmisi otomatis. Gayanya yang liftback ini cukup sporty tanpa membuat kita banyak menguras kantong. Bila ingin beralih dari roda dua ke roda empat, maka mobil-mobil di atas bisa kalian jadikan referensi pilihan yang terjangkau. 

 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil