window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mobil Dengan Transmisi Otomatis Bisa Lebih Irit Dari Manual, Apa Benar Begitu?

Yongki Sanjaya · 4 Apr, 2023 13:30

Mobil Dengan Transmisi Otomatis Bisa Lebih Irit Dari Manual, Apa Benar Begitu? 01

Banyak orang yang takut membeli mobil dengan transmisi otomatis dengan berbagai alasan. Mulai dari harga yang lebih mahal sampai masalah efisiensi bahan bakar. Banyak kalangan yang memiliki stigma kalau mobil matic sudah pasti lebih boros ketimbang manual. 

Anggapan itu sifatnya abu-abu, bisa benar bisa juga salah. Bisa benar kalau cara mengemudi kita doyan kickdown supaya tarikan awalnya njengat. Namun pabrikan tentu sudah memperhitungkan dengan detil soal efisiensi agar konsumsi BBM di mobil matic tak kalah irit dengan mobil manual. 

Baca juga: 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kalau kalian tahu cara mengemudikan mobil transmisi otomatis, sebetulnya tidak lebih boros ketimbang transmisi manual. Hal ini kembali pada habit atau kebiasaan berkendara dari si pengemudi. 

Cara Berkendara yang Harus Diubah Ketika Mengemudikan Mobil dengan Transmisi Otomatis

Mobil Dengan Transmisi Otomatis Bisa Lebih Irit Dari Manual, Apa Benar Begitu? 01

Sayangnya, mayoritas orang mengemudikan mobil dengan transmisi otomatis dengan cara yang serupa ketika mereka membawa mobil transmisi manual. Inilah sebenarnya penyebab mobil transmisi otomatis jadi boros. Artinya, ada mindset yang harus diubah perihal cara berkendara di mobil matic setelah terbiasa mengemudikan mobil manual. 

Perlu kita ketahui, mobil transmisi otomatis yang menggunakan torque converter (AT/CVT) itu tidak memiliki penghubung fisik antara mesin dan transmisi. Sistem transmisi bekerja hanya menggunakan tekanan oli matic. Kecuali pada gigi-gigi tertentu dimana ada kopling (torque converter clutch) yang menghubungkan mesin dengan transmisi supaya lebih irit. 

Mobil Dengan Transmisi Otomatis Bisa Lebih Irit Dari Manual, Apa Benar Begitu? 02

Kinerja transmisi otomatis yang jamak kita jumpai yaitu memiliki kekurangan yaitu adanya tenaga yang kurang nendang ketika berakselerasi. Tapi di saat yang sama, engine brake pada mobil transmisi otomatis lebih minim dibandingkan dengan mobil manual. Tujuannya sederhana, pabrikan ingin menciptakan mobil yang nyaman dikendarai sehingga akselerasinya tak seresponsif mobil manual. 

Aspek efisiensi bisa tetap kita peroleh ketika mengendarai mobil matic karena sebenarnya proses perpindahan gigi sudah dirancang mengikuti kebutuhan si pengemudi. Sistem ECU akan membaca cara berkendara dari injakan gas si pengemudi. Kalau kita kalem, maka perpindahan gigi di matic konvensional pun oleh sistem ECU dilakukan pada putaran rendah. 

Manfaatkan Momentum Pergerakan Kendaraan

Mobil Dengan Transmisi Otomatis Bisa Lebih Irit Dari Manual, Apa Benar Begitu? 03

Engine brake yang minim ini sebetulnya bisa kita manfaatkan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar. Karena ketika mobilnya sudah melaju, sebetulnya dibutuhkan output mesin yang lebih rendah untuk mempertahankan kecepatan mobil matic ketimbang mobil manual. Pada transmisi matic CVT, rasio pulley ini mengatur supaya putaran mesin pada posisi rendah ketika melaju di kecepatan tinggi. 

Agar bisa tetap efisien, biasakan melepas pedal gas pada jarak yang lebih jauh untuk mengurangi kecepatan pada mobil matic (jika kondisi memungkinkan), sehingga pedal rem hanya digunakan seperlunya saja. Istilahnya, main gas-rem tipis-tipis. 

Kita cukup menggunakan momentum pergerakan melajunya mobil untuk menghemat BBM. Saat mengemudikan matic di jalan tol, kita tinggal melepas injakan gas ketika mobil sudah melaju pada kecepatan tertentu misalnya 80-100 km/jam supaya mobil meluncur saja dengan ringannya. Kalau kecepatan menurun atau butuh overtake, cukup injak lagi pedal gas tipis saja untuk menambah speed.

Mobil Dengan Transmisi Otomatis Bisa Lebih Irit Dari Manual, Apa Benar Begitu? 04

Saat perlu deselerasi, kita tinggal lepaskan kaki dari pedal gas dari jarak yang agak jauh, sedangkan rem digunakan seperlunya untuk mengurangi laju kendaraan lebih singkat. Dengan cara ini, kamu bisa mendapat konsumsi BBM yang lebih baik dari mobil transmisi manual karena putaran mesin yang terjaga. 

Namun perlu diingat bila menghadapi turunan atau tanjakan panjang, maka kita juga harus memindahkan gigi ke posisi rendah, entah itu ke gigi 3, 2, atau L. Tujuannya untuk mendapat proses engine brake atau torsi yang lebih optimal dari transmisi. 

Cara di atas berlaku juga untuk mobil diesel, karena mesin diesel sendiri minim engine braking. Kalian cukup menekan pedal gas sedikit-sedikit untuk berakselerasi hingga kecepatan tertentu, dan membiarkan momentum menggerakkan kendaraan selama melaju.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil