window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mobil di Bawah Rp200 Jutaan, Pilih Toyota Sienta Bekas atau Toyota Calya Baru?

Yongki Sanjaya · 20 Apr, 2022 13:00

Mobil di Bawah Rp200 Jutaan, Pilih Toyota Sienta Bekas atau Toyota Calya Baru? 01

Dengan budget di bawah Rp200 jutaan, kita leluasa membeli mobil baru atau bekas. Pilihannya ada Toyota Calya baru dan Toyota Sienta bekas. Keduanya sama-sama 7-seater, di kisaran harga yang mirip. Jelas ada perbedaan mencolok dari sisi dimensi karena Toyota Sienta lebih besar daripada Calya. 

Namun, tak semua orang selera membeli Sienta bekas, walau punya beragam kelebihan dibandingkan Calya. Begitu pula sebaliknya, ada yang memilih Sienta bekas karena kelebihannya tadi sehingga lebih memanjakan saat perjalanan jauh. 

Nah supaya tidak bingung memilih, kami akan bandingkan keduanya. Berikut ini ulasan antara Sienta bekas dibandingkan Calya baru. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Toyota Sienta, Walau Bekas Fiturnya Cukup Berkelas

Mobil di Bawah Rp200 Jutaan, Pilih Toyota Sienta Bekas atau Toyota Calya Baru? 01

Sienta ini hadir mengisi segmen peralihan di antara Avanza dengan Kijang Innova. Artinya, Sienta punya kelengkapan fitur yang lebih oke dari sang MPV sejuta umat. 

Kalau sedang berburu Toyota Sienta bekas, kami sarankan memilih tipe Q yang paling keren fiturnya. Karena sejak generasi pre-facelift sudah memakai AC digital dan layar TFT untuk MID yang penuh warna untuk visualisasi. 

Mobil di Bawah Rp200 Jutaan, Pilih Toyota Sienta Bekas atau Toyota Calya Baru? 02

Toyota Sienta fiturnya cukup mewah pada masanya, seperti AC digital yang kini sudah mulai banyak mobil yang lebih murah. Berikut ini keunggulan fitur di Toyota Sienta:

  • Airbags tambahan, yaitu Knee-Airbags yang berfungsi melindungi kaki pengemudi.
  • Pada Sienta tipe tertinggi, keempat bannya sudah dilengkapi rem cakram. 
  • “Hill Start Asist Control” (HSA) yang berfungsi mencegah mobil mundur saat berhenti di tanjakan.
  • “Vehicle Stability Control” yang mengurangi efek limbung saat menikung pada kecepatan tinggi.
  • "Automatic Head Lamp Levelling" Pengaturan otomatis pada levelling lampu utama. 
  • Fitur globe box dengan fungsi chiller untuk mendinginkan minuman. 

Mesin 2NR di Toyota Sienta Cukup Bandel dan Responsif

Mobil di Bawah Rp200 Jutaan, Pilih Toyota Sienta Bekas atau Toyota Calya Baru? 03

Toyota Sienta menjadi salah satu produk yang memakai mesin seri 2NR, tepatnya 2NR-FE. Nah, mesin ini irit dan responsif untuk ukuran 1.500 cc. Karakternya memiliki akselerasi yang cukup baik meskipun memakai transmisi CVT. 

Bicara mengenai tenaga yang mampu dihasilkan, dari mesin tersebut bisa menghasilkan output sebesar 105 tenaga kuda dengan besaran torsi sebesar 140 Nm. Bila mengacu pada perhitungan konsumsi BBM di MID maka angka 15 km/liter sangat mudah diraih untuk kondisi lalu lintas dalam kota yang lancar.

Toyota Calya Baru, Mungil Tapi Cukup Tangguh di Wilayah Pegunungan

Mobil di Bawah Rp200 Jutaan, Pilih Toyota Sienta Bekas atau Toyota Calya Baru? 04

Dengan kabinnya yang lebih lega, LCGC 7-seater seperti Toyota Calya maupun Daihatsu Sigra jadi solusi untuk bepergian bersama keluarga sekaligus membawa barang dengan pertimbangan harga yang terjangkau. 

Bicara soal performa, mobil ini nggak bisa dibilang payah kok. Walau kadang torsinya tidak cukup besar saat berada di tanjakan dan kondisi terisi penuh. Mesin dan transmisi yang digunakan masih cukup oke melewati jalanan di kota pegunungan seperti Bandung, Malang, dan sejenisnya. 

Toyota Calya menggunakan mesin 1.200 cc dengan teknologi Dual VVT-I  dengan kode  3NR-VE. Di atas kertas jantung penggeraknya mampu menghasilkan tenaga 89 dk pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 107 Nm pada 4.200 rpm.

Mobil di Bawah Rp200 Jutaan, Pilih Toyota Sienta Bekas atau Toyota Calya Baru? 05

Mesinnya dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan atau transmisi otomatis 4-percepatan dengan penggerak roda depan. Mungkin tidak perkasa, tapi sebenarnya masih proporsional untuk pemakaian sehari-hari di kota pegunungan seperti Bandung misalnya. 

Mesin 3NR-VE yang hemat masih dipertahankan di Calya facelift ini. Mesin berkode 3NR-VE punya karakter alami square engine (dimana dimensi diameter piston dan langkah piston sama). 

Karakter tersebut menghasilkan output tenaga maupun torsi yang merata tiap rpm. Untuk jenis transmisi metik yang dipakai ini masih konvensional, jadi lebih kuat dan responsif melahap tanjakan.

Kunci supaya mobil ini sanggup melewati tanjakan yang kemiringannya agak ekstrim ialah jeli mencari momentum. Kita harus melakukan ancang-ancang dari bawah dengan menginjak gas lebih dalam supaya punya tenaga yang cukup merayap di tanjakan.

Fitur Unggulan di Toyota Calya, Hanya ada di Tipe G

Mobil di Bawah Rp200 Jutaan, Pilih Toyota Sienta Bekas atau Toyota Calya Baru? 06

Meskipun cuma bermain di segmen LCGC, New Toyota Calya punya beberapa fitur keren yang membuatnya tak kalah dengan Sienta yang kastanya lebih tinggi. Berikut ini rinciannya:

  • New LED Headlamp yang advance di kelasnya
  • New Retractable Outer Mirror (Tipe G)
  • New Touchscreen Head Unit (Tipe G) 
  • New Touchscreen Head Unit (Tipe G)
  • New Audio Steering Switch (Tipe G)
  • New Under Seat Compartment Tray (Tipe G A/T)
  • Illumination on A/T Indicator (Tipe G A/T)
  • New LED Headlamp
  • New Retractable Outer Mirror (Tipe G)

Pertimbangan Beli LCGC 7-seater Daripada MPV Bekas

Mobil di Bawah Rp200 Jutaan, Pilih Toyota Sienta Bekas atau Toyota Calya Baru? 07

Salah satu hal yang membuat segmen LCGC 7-seater ini semakin laris ialah karena harganya yang terjangkau. Banyak faktor yang mendorong orang memilih beli unit baru daripada mobil bekas yang levelnya lebih baik.

Hal yang jadi pertimbangan ialah karena mobil baru bisa dibeli secara kredit dengan relatif mudah. Tak perlu kita merogoh kocek hingga Rp180 juta untuk membeli secara cash. Kita bahkan cukup memiliki uang Rp50-60 jutaan untuk uang muka, maka mobil baru pun bisa dibawa pulang.

Pertimbangan lainnya ialah soal biaya perawatan LCGC jelas lebih murah daripada MPV seperti Toyota Sienta. Hal lain yang tak kalah penting yaitu soal konsumsi bahan bakar di LCGC bisa lebih irit karena kapasitas mesin yang lebih kecil. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Sienta 1.5 V MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil