window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mobil Keluarga di Bawah Rp100 Juta, Ketahui 5 Hal Menarik Chevrolet Spin

Enda · 2 Jan, 2023 11:30

Kelebihan Chevrolet Spin

Melihat adanya peluang di segmen Low MPV 7-seater yang cukup gemuk, membuat PT General Motors Indonesia (GMI) menghadirkan Chevrolet Spin pada kuartal pertama di 2013. Terbilang cukup singkat hanya mampu bertahan selama tiga tahun, saat itu Spin berhadapan secara langsung dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio yang lebih mendominasi pasar.

Tahun pertama diluncurkan, Spin berhasil mendominasi penjualan Chevrolet di Tanah Air yang membuatnya sempat menjadi tulang punggung pabrikan berlogokan bowtie tersebut.

Menjadi salah satu alternatif menarik apabila sedang mencari mobil keluarga terjangkau yang nyaman dikendarai, untuk pasaran harga bekas Chevrolet Spin sendiri kini berada di angka Rp80 jutaan.   

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Memiliki harga bekas jauh berada di bawah para kompetitornya, simak hal menarik terkait Chevrolet Spin melalui ulasan berikut.

1. Tampil Gagah, Material Body Chevrolet Spin Tebal

Kelebihan Chevrolet Spin

Hal menarik pertama yang dimiliki Chevrolet Spin yakni tampilannya yang terlihat gagah, modern dan juga mewah untuk sebuah mobil Low MPV. Melihat lebih dekat pada fasadnya, di bagian depan mobil ini berhasil dipadukan grill berukuran cukup besar yang dibagi menjadi dua bilah.

Untuk bentuk yang ditampilkan juga terkesan berotot berkat guratan garis tegas serta lekukan yang diterimanya. Beranjak ke bagian samping, Spin memiliki kesan tangguh selain dari tampilannya, juga mempunyai ground clearance tinggi serta roof rail di atap.

Seperti fascianya, buritannya mobil ini memiliki tampilan tangguh dan berotot. Tak ketinggalan juga kesan modern ditampilkan yang membuatnya tidak mudah termakan zaman.

Oh iya, selain terlihat gagah, modern dan juga mewah, untuk material body yang digunakan Chevrolet Spin terbilang tebal. Dengan begitu mobil ini terasa lebih antep digunakan, dan tidak mudah penyok ketika mengalami benturan.

Baca juga: Pemilik Riviu: Saya Tidak Pernah Menyesal Memiliknya-Chevrolet Spin 1.2 LS M/T 2013

2. Fitur Chevrolet Spin Lengkap di Zamannya

Kelebihan Chevrolet Spin

Chevrolet Spin memiliki kenyamanan berkendara ala mobil Amerika. Untuk fitur yang dimilikinya, di bagian luar Spin berhasil dilpadukan bohlamp halogen dengan fitur follow me home.

Tak hanya itu, lampu utamanya mendapat tambahan fitur pengaturan tinggi rendahnya lampu yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Adapun mobil ini berhasil tersematkan foglamp, penganturan spion elektrik, velg alloy 15 inci, rear wiper, deffoger dan high moun stoplamp pada buritannya.

Meniliki sisi bagian dalam, pada center clusternya disematkan head unit 2din yang sudah mendukung konektivitas CD, MP3, USB, AUX/IN, dan juga bluetooth. Khusus varian Activ, sistem hiburannya bisa dikendalikan melalui tombol pada lingkar kemudi.

Hal menarik lainnya yang ada di dalam, panel instrument mobil ini sudah menggunakan tampilan digital dengan menyuguhkan informasi terkati kecepatan, jarak tempuh, jumlah bahan bakar, dan beberapa lainnya. Khusus putaran mesin visual yang ditampilkan model analog.

Kelebihan Chevrolet Spin

Oh iya, joknya mobil ini menggunakan bahan fabric yang halus dan busa tebal sehingga terasa begitu nyaman ketika dikendarai. Guna menyuguhkan berkendara yang lebih nyaman, bagian pengemudi mendapatkan pengaturan tinggi rendahnya jok, dan setiap barisnya mendapatkan kisi-kisi AC yang menmpel rata dengan plafon.

Adapun untuk menambah rasa nyaman saat berkendara, di beberapa bagiannya terdapat laci penyimpanan barang, fitur tilt pada kemudi, Electric Power Steering (EPS) dan power window.

Dari segi berkendara mobil ini terasa senyap. Sebab fitur lainnya peredam kabin Chevrolet Spin cukup tebal sehingga mampu meredam suara bising dan getaran lebih dari luar.

3. Chevrolet Spin Sudah Dilengkapi Airbags di Depan

Kelebihan Chevrolet Spin

Mengenai fitur keselamatan berkendara, Chevrolet Spin gak kalah lengkap dengan mobil Jepangan di kelasnya. Untuk keselamatan aktifnya, mobil ini tersematkan ABS, EBD dan BA.

Adapan keselamatan pasifnya, Spin berhasil dipadukan dual SRS airbags di depan, pedestrian protection, crumple zone, dan side impact protection beam. Untuk keamanan berkendara sudah mendapatkan foldable key dengan immobilizer dan theft deterent.

Baca juga: Selain Chevrolet Spin, Ini Deretan Mobil Diesel FWD yang Sempat Populer di Indonesia

4. Punya Tiga Pilihan Mesin

Kelebihan Chevrolet Spin

Di segmen Low MPV, Chevrolet Spin memiliki pilihan mesin paling banyak. Untuk pasar Tanah Air, mobil ini hadir ditawarkan mesin 1.2L dan 1.5L bensin serta 1.3L diesel.

Jantung pacu bensinya baik 1.2L maupun 1.5L memiliki konfigurasi 4-silinder segaris DOHC 16 valve dual VVT-i. Di atas kertas, mesin berkapasitas 1.299 cc sanggup memeras tenaga 86 PS di 5.600 rpm dan torsi 115 Nm pada 4.000 rpm. Sedangkan dapur pacu 1.485 cc nya mampu meletupkan tenaga 109 PS di 6.000 rpm dengan torsi puncak 142 Nm pada 3.800 rpm.

Khusus mesin 1.5L dipadukan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 6-percepatan tiptronic. Sedangkan 1.2L nya dikawinkan menggunakan gearbox manual 5-percepatan.

Bicara mesin 1.3L diesel nya, dapur pacu berkubikasi 1.248 cc 4 silinder common rail direct injection with turbocharger yang disematkan mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 75 PS di 4.000 rpm dan torsi 190 Nm pada putaran 1.750 rpm. Hanya saja varian dieselnya dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan. 

5. Konsumsi BBM Chevrolet Spin Irit

Kelebihan Chevrolet Spin

Baik varian bensin maupun diesel Chevrolet Spin memiliki performa yang handal serta durabilitas tinggi. Untuk konsumsi BBM nya mesin diesel mobil ini terbilang sangat irit. Beberapa pengtesan pernah dilakukan, penggunaan dalam kotanya sanggup menempuh jarak 14-15 km/liter, dan 18-20 untuk pemakaian luar kotanya.

Untuk mesin bensinnya, konsumsi BBM yang diraihnya tidak jauh berbeda dengan Avanza maupun Xenia. Seperti yang diketahui mobil ini mampu menempuh jarak 11-12 km/liter untuk pemakaian dalam kota, dan 14 km/liter luar kotanya.

Baca juga: Pakai Basis yang Sama, Mending Pilih Wuling Confero atau Chevrolet Spin?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil