window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mobil Keluarga Paling Murah, Daihatsu Sigra 1.0 D Layak Untuk Dibeli?

Enda · 14 Nov, 2022 12:00

 

Daihatsu Sigra 1.0

Daihatsu Sigra 1.0 dinobatkan sebagai mobil keluarga paling murah di Indonesia dengan kapasitas 7 seater. Untuk harga baru, Sigra tipe paling bawahnya yaitu 1.0 D per November 2022 dibandrol Rp131,5 juta OTR Jakarta.  

Menempati segmen Low MPV entry-level, di kelasnya Sigra hanya berhadapan dengan saudara kembarnya Toyota Calya. Mengenai harga barunya, Calya paling murah saat ini ditawarkan Rp160,9 juta.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dinobatkan sebagai mobil keluarga paling murah saat ini, simak beberapa poin penting Daihatsu Sigra 1.0 D sebelum membeli.

Fitur Daihatsu Sigra 1.0 D Sederhana

Daihatsu Sigra 1.0

Daihatsu Sigra 1.0 D menggunakan velg kaleng

Sebagai tipe paling bawah, secara fitur Daihatsu Sigra 1.0 D masih sangat sederhana. Seperti yang terlihat pada fasadnya, untuk lampu utama masih mengandalkan bohlamp halogen serta tidak dilengkapi foglamp.

Di sisi samping, untuk pengaturan spionnya mobil ini masih manual dilakukan dari luar serta untuk lingkar rodanya menggunakan velg kaleng 13 inci tanpa ditutup dop. Bukan cuma itu saja, pada spatboard juga belum dilengkapi mud guard yang mampu melindungi bodi dari cipratan lumpur.

Bergeser ke belakang, untuk buritannya mobil ini tidak dibekali rear wiper, tambahan reflektor stoplamp pada garnish dan di bagian atas antennanya masih menggunakan model pole.

Daihatsu Sigra 1.0

Tampilan dashboard Daihatsu Sigra 1.0 D

Untuk bagian dalamnya, pada baris petama Sigra 1.0 D disematkan head unit single din yang dipadukan menggunakan 2 buah speaker di depan. Masih di area kokpit, untuk joknya antara penumpang depan dan pengemudi dibuat terpisah tanpada adanya arm rest di tengah.

Perlu diketahui juga untuk pengaturan AC nya mobil ini masih menggunakan model putar dengan pengaturan kecepatan kipas dan suhu. Guna memudahkan penggunanya, untuk menaikan serta menurunkan kacanya mobil ini sudah dilengkapi power window di semua jendelanya.

Oh iya, mobil ini pada lingkar kemudinya sudah diaplikasikan fitur Electronic Power Steering (EPS) yang memudahkan penggunannya ketika melakukan parkir atau bermanuver. Sebagai kelebihannya, EPS bebas akan perawatan sehingga penggunanya tidak perlu mengecek atau menambahkan minyak power steering.

Daihatsu Sigra 1.0 D Tidak Dilengkapi Air Circulator

Daihatsu Sigra 1.0

Beranjak ke baris keduanya, mobil ini cukup disayangkan belum mendapatkan air circulator yang diletakkan pada plafon antara baris pertama dan keduanya. Air circulator sendiri berfungsi untuk menyalurkan udara sejuk dari bagian depan hingga penumpang di baris paling belakang.

Untungnya, fitur utilitas di baris keduanya tak banyak yang dilucuti. Penumpang masih mendapatkan cup holder di pintunya yang bisa dimanfaatkan untuk menaruh botol ataupun benda kecil lainnya.

Kemudian pada baris ketiganya, Daihatsu Sigra 1.0 D untuk bagian dindingnya berhasil diaplikasikan cup holder serta laci penyimpanan barang. Namun untuk jok paling belakangnya tersebut tidak diberikan head rest sehingga membuat penumpangnya mudah lelah ketika berkendara cukup lama.

Peredam Kabin Tipis

Daihatsu Sigra 1.0

Peredam kabin Daihatsu Sigra 1.0 D tipis

Jangan berharap dapat merasakan kenyamanan lebih saat berkendara menggunakan mobil ini. Pasalnya untuk peredam kabinnya Daihatsu Sigra 1.0 D sangat tipis. Ketika digunakan berkendara di jalan bebas hambatan, kalian akan mendengar secara jelas suara gesekan permukaan ban dengan aspal di dalam kabin. Tak hanya itu, saat hujan bagian atapnya pun terdengar cempreng. Untuk mengatasinya kalian bisa menambahkan peredam kabin.

Fitur Keselamatan dan Keamanan Terbatas

Daihatsu Sigra 1.0

Bicara fitur keselamatan, Sigra 1.0 D tidak dibekali airbags, serta teknologi ABS maupun EBD untuk sistem pengeremannya. Meski begitu, mobil ini mendapatkan side impact beam, child proof door lock Total Advance Function (TAF) Body dan seatbelt di semua joknya.  

Untuk keamanan berkendaranya, varian terendah Sigra juga tidak mendapatkan immobilzer, bahkan remot alarm dan central door lock. Dengan begitu untuk menguncinya kalian diwajibkan mengecek pintu satu-satu guna memastikan semua pintu mobil benar-benar terkunci.  

Hanya Bermodalkan Transmisi Manual 5-Percepatan

Daihatsu Sigra 1.0

Mesin 1KR-VE 998 cc Daihatsu Sigra 1.0

Daihatsu Sigra 1.0 D dibenamkan mesin berkapasitas 998 cc dengan 1KR-VE. Mengenai performa yang dihasilkan, mesin dengan teknologi Electronic Fuel Injectio 12-valve 3 Silinder Segaris, DOHC, VVT-i tersebut sanggup merilis tenaga di angka 67 PS di putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal mencapai 89,25 Nm dengan angka 4.400 rpm. Untuk membuatnya berjalan, mobil ini dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan yang selanjutnya ditranslasi ke penggerak roda depannya.

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil