window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mobil Keluarga Pilihan Gak Harus MPV, Pertimbangkan Hal Berikut Saat Membeli

Ilham · 26 Jul, 2022 08:09

Mobil Keluarga Pilihan Gak Harus MPV, Pertimbangkan Hal Berikut Saat Membeli 01

  • Mobil keluarga pilihan tak selalu harus MPV.
  • Tengok luas bagasi dan jarak antar seat di mobil.
  • Cek dan kenali fitur-fiturnya juga sebelum membeli.

Di Indonesia, kebutuhan pada mobil sebagai pengangkut anggota keluarga masih besar. Hal tersebut disadari oleh pabrikan mobil yang akhirnya berlomba menawarkan produk dengan kemampuan 7-seater.

Sehingga kini makin banyak pilihan untuk konsumen. Jika sebelumnya hanya MPV yang berkonfigurasi tujuh tempat duduk, kini ada pula mobil jenis SUV yang memiliki mode 7 penumpang.

Mobil Keluarga Pilihan Gak Harus MPV, Pertimbangkan Hal Berikut Saat Membeli 02

Mobil keluarga juga biasanya wajib memenuhi berbagai kebutuhan

Tapi jangan sampai bingung saat memilihnya. Memang bukan urusan gampang, apalagi jika mobil keluarga pilihan tersebut merupakan kendaraan pertama dan satu-satunya yang bakal punya beragam fungsi.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lalu apa saja yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk beli mobil keluarga? Simak beberapa poin yang dapat jadi parameter untuk memilih kendaraan tersebut.

Baca Juga: Sekennya Lebih Murah dari Toyota Kijang Innova, Ini Kelebihan dan Kekurangan Proton Exora

1. Perhatikan Kapasitas Penumpang dan Bagasi

Sebelum membeli mobil untuk keluarga pertama Anda, perhatikan dulu kapasitas mobil dan jumlah anggota keluarga yang akan dibawa. Memang biasanya jadi mobil keluarga karena kapasitasnya yang bisa mengangkut 7-8 penumpang.

Mobil Keluarga Pilihan Gak Harus MPV, Pertimbangkan Hal Berikut Saat Membeli 01

Selain kapasitas penumpang, ruang bagasi juga perlu diperhitungkan

Jika sering mengajak banyak penumpang, maka butuh mobil dengan kabin yang luas dan nyaman, sehingga bisa leluasa selama perjalanan. Selain itu, pastikan mobil tersebut memiliki bagasi yang luas sehingga dapat mengangkut barang bawaan yang banyak.

2. Penunjang Kenyamanan dan Akomodasi

Faktor kenyamanan juga tak kalah penting untuk dipertimbangkan. Apalagi jika mobil sering digunakan untuk bepergian jarak jauh dan membawa banyak penumpang.

Mobil Keluarga Pilihan Gak Harus MPV, Pertimbangkan Hal Berikut Saat Membeli 02

Ruang kaki dan kepala yang lapang juga bikin penumpang belakang nyaman

Pilihlah mobil dengan interior yang nyaman, jok, AC yang dingin hingga suspensi yang baik agar seluruh keluarga tetap nyaman sepanjang perjalanan. Lebih detail, Anda perlu perhatikan kisi AC, apakah menjangkau sampai baris paling belakang atau tidak. Lalu lipatan jok, juga perlu diperhatikan untuk mampu mengakomodir barang bawaan.

Tak kalah penting, cek jumlah port charger di mobil serta cup holder dan laci. Pastikan lokasinya cukup dan mudah dijangkau jika membawa banyak penumpang.

Baca juga : Cocok Untuk Mobil Keluarga, Apa Kelebihan dan Kekurangan Nissan Serena C26?

3. Kenali Fitur Keselamatan Berkendara

Saat ini, mobil-mobil keluarga sudah dibekali bermacam fitur keselamatan dan keamanan. Sebaiknya, cari tahu sistem keamanan yang dipasang pada tipe dan jenis mobil. Ini adalah hal yang juga harus Anda lakukan sebelum membeli mobil keluarga. 

Mobil Keluarga Pilihan Gak Harus MPV, Pertimbangkan Hal Berikut Saat Membeli 03

Cek kelengkapan fiturnya

Setidaknya mobil tersebut memiliki beragam fitur keamanan standar. Seperti seperti anti-lock braking system, electric brake-force distribution dan juga airbag. Kenali juga fungsi dan kinerja fitur tersebut agar lebih optimal saat digunakan.

4. Perhitungkan Biaya Kepemilikan

Selain faktor-faktor di atas, perhatikan juga pengeluaran yang bakal disiapkan pasca membeli mobil tersebut. Diantaranya anggaran untuk biaya perawatan, biaya operasional seperti pengeluaran untuk BBM dan lainnya hingga biaya asuransi mobil. 

Mobil Keluarga Pilihan Gak Harus MPV, Pertimbangkan Hal Berikut Saat Membeli 04

Beli mobil berarti harus siapa sisihkan biaya kepemilikan

Hal ini bisa ditanyakan pada tenaga penjual di tiap dealer. Dan jangan lupa untuk menanyakan garansi dan jangka waktu servis gratis yang diberikan. Sehingga anggaran untuk perawatan dapat ditekan.

Baca juga : 5 Rekomendasi Mobil Keluarga Bekas Bergaya JDM dengan Harga Rp100 Jutaan, Apa Saja?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil