Mobil Keramat dari Honda sudah berevolusi! Bisakah Honda Civic 2021 ini mengalahkan para pesaingnya?

Anissa · 18 Nov 2020 08:27

Honda Civic 2021 akan meluncur hari ini, tepatnya pada tanggal 17 November 2020. Pihak Honda sendiri sebelumnya sudah merilis sebuah teaser yang menunjukkan beberapa bagian dari Honda Civic 2021.

Jika melihat dari teaser-nya, banyak dari pecinta mobil yang memperkirakan bahwa mobil Honda Civic 2021 akan memiliki bodi sporty dan ramping yang sama dengan versi sebelumnya yang sudah ada di pasaran saat ini. Honda Civic sendiri memang merupakan salah satu mid-sized sedan yang banyak dipasarkan di berbagai negara.

Peluncuran Honda Civic 2021 ini sendiri akan dilangsungkan secara daring. Honda Civic 2021 akan diperkenalkan melalui Twitch, dan juga berbagai streaming platform lainnya. Nah, tetapi sebelum membahas lebih jauh tentang Honda Civic 2021 yang baru ini, mari kita simak sejarah Honda Civic di Indonesia dan apa saja yang baru dari Honda Civic 2021 ini.

Honda Civic Dari Generasi Ke Generasi

Bagi penggemar mobil, terlebih penggemar mobil Honda di Indonesia, nama Honda Civic ini memang sudah tak asing lagi. Di Indonesia sendiri, ternyata sebelum Honda Civic 2021 ini, Honda Civic sudah memiliki sepuluh generasi.

Honda Civic sendiri merupakan mobil pabrikan Honda pertama yang berhasil memberikan pengaruh yang cukup besar pada pasar otomotif Jepang. Honda Civic ini juga disebut sebagai model mobil dengan desain yang paling menginspirasi desain otomotif di tahun 1970 bersama dengan Volkswagen Golf di tahun 1974, Ford Fiesta pada 1976 dan Fiat Ritmo pada 1978.

1. Generasi Pertama Honda Civic

Honda Civic generasi pertama mulai diproduksi pada tahun 1972 hingga tahun 1979. Di Indonesia, mobil Honda Civic generasi pertama ini dikenal dengan nama Honda Civic Koper.

Pada generasi pertamanya ini, Honda Civic menggunakan mesin empat silinder dengan kapasitas 1.169 cc, dilengkapi dengan rem cakram di bagian depan. Generasi pertama Honda Civic ini dikenal sebagai mobil yang irit bahan bakar sehingga populer di semua kalangan.

2. Generasi Kedua Honda Civic

Honda Civic generasi kedua muncul pada tahun 1979, kemudain diproduksi hingga tahun 1983. Desain Honda Civic generasi kedua ini memiliki desain yang lebih modern dan lampu depan serta lampu belakang yang baru. Selain itu, bumper Honda Civic generasi yang satu ini juga diketahui menggunakan model plastik.

Lalu untuk mesinnya sendiri, Honda Civic generasi kedua ini menggunakan mesin dengan kapastitas yang lebih besar, yaitu mesin 1.335 cc dan 1.488 cc. Honda Civic generasi kedua Honda Civic yang disebut dengan nama Honda Civic Excellent ini juga menawarkan dua pilihan transmisi, yakni manual dan semi otomatis (Hondamatic).

3. Generasi Ketiga Honda Civic

Untuk generasi ketiganya, Honda Civic menggunakan desain yang lebih boxy atau mengotak dibanding dengan dua mobil sebelumnya. Generasi ketiga Honda Civic ini diproduksi mulai tahun 1983 hingga tahun 1987.

Honda Civic generasi ketiga yang disebut dengan nama Honda Civic Wonder ini dibekali dengan mesin empat sillinder berkapasitas 1.500 cc. Kemudian pada tahun 1984, Honda juga merilis varian Si dari mobil ini, yang merupakan varian tertinggi untuk pasar Jepang. Varian ini dilengkapi dengan fitur FWD yang bisa diaktifkan menggunakan tombol.

4. Generasi Keempat Honda Civic

Kemudian pada tahun 1987, tepatnya pada bulan September, Honda Civic generasi keempat pun meluncur. Di Indonesia sendiri, Honda Civic generasi keempat ini dikenal dengan nama Honda Grand Civic. Desainnya pun semakin modern, dan mobil ini diproduksi hingga tahun 1991.

Mobil Honda Civic yang satu ini menggunakan mesin berkode B16A dengan teknologi DOHC dan VTEC. Mesin empat silinder ini memiliki kapasitas mesin 1.600 cc, dan dikenal memiliki efisiensi bahan bakar yang cukup tinggi.

5. Generasi Kelima Honda Civic

Pada generasi kelimanya, Honda Civic tidak lagi menggunakan desain boxy yang dibawanya dari Honda Civic generasi ketiga. Honda Civic generasi kelima ini memiliki desain eksterior yang fresh, serta terlihat menekankan sisi aerodinamis dengan lekukan bodi yang lebih indah.

Honda Civic generasi kelima ini diproduksi dari tahun 1991 hingga tahun 1995. Di Indonesia sendiri, Honda Civic generasi kelima ini disebut dengan nama Honda Genio, dan berhasil menjadi model yang paling diminati oleh para tuner modifikasi dan sering turun di berbagai ajang balap mobil.

6. Generasi Keenam Honda Civic

Honda Civic generasi keenam menggunakan model hatchback untuk pasar global. Generasi keenam Honda Civic ini diproduksi mulai tahun 1995 hingga tahun 2000. Sayangnya, di Indonesia sendiri, hanya ada model sedan untuk Honda Civic generasi keenam ini.

Di Indonesia, Honda Civic generasi keenam ini disebut dengan nama Honda Civic Verio. Sama seperti generasi sebelumnya, mobil Honda Civic yang satu ini juga cukup populer dan menjadi mobil favorit dari para tuner modifikator.

7. Generasi Ketujuh Honda Civic

Model Honda Civic generasi ketujuh yang hadir pada tahun 2000 ini disebut sebagai model yang memiliki peminat paling sedikit. Padahal, model Honda Civic generasi ketujuh ini mendapatkan banyak ubahan dari generasi sebelumnya. Suspensi depannya sudah menggunakan MacPherson Strut, dan mesinnya pun sudah menggunakan mesin K Series yang terkenal lebih bertenaga.

8. Generasi Kedelapan Honda Civic

Generasi kedelapan Honda Civic diperkenalkan pada akhir tahun 2005, menggantikan posisi Honda Civic generasi ketujuh. Berbeda dengan pendahulunya, Honda Civic generasi kedelapan ini berhasil menjadi model yang sukses berkat tampilan sporty yang diusungnya. Mobil ini pun diproduksi hingga tahun 2011.

Tak tanggung-tanggung, Honda Civic yang satu ini berhasil mencatatkan angka penjualan sebanyak 7,3 unit untuk pasar Amerika Serikat saja. Mobil yang memiliki nama lain Honda Civic FD ini langsung menjadi salah satu model terpopuler di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, Honda Civic generasi kedelapan ini menawarkan pilihan mesin 1.800 cc dan 2.000 cc.

9. Generasi Kesembilan Honda Civic

Honda Civic generasi kesembilan diperkenalkan pada tahun 2011 dan terus diproduksi hingga tahun 2016. Generasi kesembilan dari Honda Civic ini menampilkan desain eksterior baru yang lebih energik, elegan, namun menekankan sisi aerodinamisnya. Anehnya, Honda Civic yang satu ini justru kurang diminati di pasar Indonesia.

10. Generasi Kesepuluh Honda Civic

Honda Civic generasi kesepuluh pertama kali diluncurkan pada tahun 2016. Mobil ini menggunakan mesin empat silinder berkapasitas 1.500 cc dan sudah dilengkapi dengan turbocharger. Tampilan Honda Civic generasi kesepuluh ini mengusung bahasa desain yang sporty, sehingga mobil ini sangat diminati di pasar otomotif Tanah Air.

Honda Civic generasi kesepuluh ini memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan dengan pendahulunya. Alhasil, ruang kabin yang dimiliki mobil ini pun jadi lebih leluasa dan nyaman untuk para penumpangnya. Honda Civic generasi kesepuluh ini ditawarkan dengan harga Rp500 jutaan hingga Rp600 jutaan. Sedangkan untuk varian tertingginya, Honda Civic Type-R, ditawarkan dengan harga Rp1 miliar.

Honda Civic 2021 Akan Jadi Generasi Kesebelas

Kiprah Honda Civic di kancah otomotif global memang membuat mobil ini populer di seluruh dunia. Honda Civic ini bahkan selalu berhasil mencatatkan angka penjualan yang mengesankan di pasar Amerika Serikat. Dan jika Honda Civic 2021 meluncur, maka mobil ini akan menjadi generasi kesebelas dari Honda Civic.

Honda meluncurkan prototipe terbaru untuk menggambarkan desain yang diusung Honda Civic 2021 ini melalui akun resmi Honda di Twitter. Adapun untuk peluncurannya sendiri akan disiarkan secara daring melalui platform Twitch pada tanggal 17 November 2020, mulai pukul 17.00 zona waktu GMT -8 atau pukul 8 pagi di Indonesia.

Honda menyatakan bahwa Honda Civic 2021 ini akan memiliki banyak sekali perkembangan untuk generasi terbarunya, yang didasarkan dari keberagaman kebudayaan yang semakin beragam. Honda Civic 2021 ini akan menjadi model yang mendapatkan banyak ubahan dalam hal desain, performa, serta teknologi pendukung fitur keselamatan.

Apa Yang Bisa Kita Ketahui Dari Peluncuran Honda Civic 2021 Ini?

Desain dari prototipe Honda Civic 2021 ini mungkin tidak akan terlihat sama persis dengan mobil aslinya. Dari video teaser, akan terlihat bahwa Honda Civic 2021 ini telah mengurangi kesan mengotak dari bodinya. Mobil ini akan menggunakan bahasa desain yang lengkungannya lebih halus, seperti yang juga digunakan pada Honda City. Alhasil, desainnya ini juga akan menghasilkan tampilan yang lebih sporty.

Pihak Honda sendiri juga sudah menambahkan beberapa detail desain untuk menekankan kesan garang dari Honda Civic 2021. Hal ini termasuk dengan penggunaan velg hitam baru bermaterial Alloy, frame lampu depan baru yang lebih tajam dan lebar, serta frame tail lamp yang hadir dengan lampu LED.

Perpaduan detail-detail ini dengan desain Honda Civic 2021 secara keseluruhan membuat mobil ini terlihat atraktif dan tidak membosankan. Nah, bagaimana? Jadi semakin tidak sabar kan menunggu kehadiran Honda Civic 2021 di Indonesia?

Video Teaser Honda Civic 2021

Komentar

Mobil Terbaru