window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mobil Patroli Pakai ETLE Mobile Mulai Bertugas, Siap Rekam Pelanggar Lalu Lintas

Herdi · 7 Des, 2022 13:09

Mobil Patroli Pakai ETLE Mobile Mulai Bertugas, Siap Rekam Pelanggar Lalu Lintas 01

Hari ini, Rabu, 6 Desember 2022, Ditlantas Polda Metro Jaya melakukan uji coba penggunaan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile di sekitar wilayah DKI Jakarta.

Hal ini diungkapkan langsung Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Usman Latif. Menurut dia, sedikitnya 11 mobil patroli telah dilengkapi kamera ETLE Mobile.

"Ini sudah trial (coba) ke masyarakat, untuk melakukan penindakan pada Rabu (7/12/2022)," ungkap Latif dilansir NTMC Polri.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Kapolri Larang Tilang Manual, Kalau Kena Tilang Elektronik Bagaimana Prosesnya?

Mobil Patroli Pakai ETLE Mobile Mulai Bertugas, Siap Rekam Pelanggar Lalu Lintas 01

Kendaraan polisi dilengkapi kamera ETLE

Dia menyebutkan, mobil patroli yang dilengkapi kamera ETLE akan merekam para pengguna kendaraan bermotor di sejumlah ruas jalan di Ibukota, tak terkecuali di jalan protokol.

Tentu saja, mobil patroli ini akan merekam para pengendara mobil maupun sepeda motor yang melanggar aturan lalu lintas.

Baca juga: Tilang Manual Ditiadakan, Pelanggaran Lalu Lintas Semakin Meningkat

Kamera ETLE Mobile Dilengkapi Teknologi Pengenal Wajah

Mobil Patroli Pakai ETLE Mobile Mulai Bertugas, Siap Rekam Pelanggar Lalu Lintas 02

Penindakan mulai berlaku hari ini

Anda yang merasa tak pernah ditindak lagi oleh petugas kepolisian pasca dihilangkannya tilang manual ketika melanggar aturan, sebaiknya hilangkan pikiran tersebut.

Sebab, kamera ETLE Mobile sejatinya sudah dibekali teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dan juga Face Recognition (Pengenalan Wajah), yang nantinya kamera tersebut mampu mendeteksi pelanggar lalu lintas secara otomatis. 

Petugas patroli merekam pelaku pelanggaran menggunakan smartphone

Petugas patroli merekam pelaku pelanggaran menggunakan smartphone

Disebutkan, beberapa pelanggar yang bisa terekam dengan kamera ETLE Mobile, yaitu tidak menggunakan helm, tidak menggunakan sabuk pengaman, menggunakan ponsel saat berkendara, melawan arus lalu lintas, melanggar rambu, sepeda motor bonceng tiga hingga pelanggaran ganjil genap.

Tidak hanya itu, pengendara yang melanggar dan memacu kendaraan dengan kecepatan 5-40 km per jam juga masih bisa tertangkap kamera ETLE Mobile.

Dengan teknologi ini, polisi juga bisa melakukan pelacakan terhadap pelaku kejahatan, dan gambar yang terekam terintegrasi dengan big data milik Polri.

Baca juga: Ditlantas Polda Metro Jaya Tarik Surat Tilang yang Ada di Seluruh Anggota Polisi

Mobil Patroli Pakai ETLE Mobile Mulai Bertugas, Siap Rekam Pelanggar Lalu Lintas 04

Pusat pemantau kamera ETLE

Sebelumnya Latif menyatakan, kehadiran ETLE Mobile bukan untuk mencari kesalahan pengendara, melainkan dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya keselamatan berkendara.

Adapun kamera ETLE yang dipasang di wilayah Jakarta ini merupakan pelengkap dari kamera ETLE Statis. Dimana pada saat ini sudah ada 57 unit kamera ETLE Statis dan akan ditambah 70 unit di tahun 2023.

Kamera ETLE Statis

Kamera ETLE Statis

Sedangkan untuk ETLE Mobile sendiri, mulai Rabu 12 Desember 2022, sudah ada 11 kamera. Namun tidak menutup kemungkinan jumlah ini juga akan bertambah lagi.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil