window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mobil Ramah Lingkungan Suzuki di Indonesia Pakai Mild Hybrid, Harganya Bisa Lebih Murah?

Yongki Sanjaya · 18 Nov, 2021 08:30

Mobil Ramah Lingkungan Suzuki di Indonesia Pakai Mild Hybrid, Harganya Bisa Lebih Murah? 01

Suzuki sebagai salah satu pemain otomotif kawakan di Indonesia tentu tak tinggal diam melihat industri kendaraan bermotor mulai beralih ke mobil listrik dan mobil ramah lingkungan. Sebenarnya, pabrikan berlogo S ini sudah memiliki teknologi platform HEARTECT dan SHVS atau Smart Hybrid Vehicle by Suzuki. 

Keduanya merupakan terapan yang paling tepat guna dan terjangkau untuk masyarakat. Bagi PT Suzuki Indomobil Sales, teknologi SVHS yang dulu sempat hadir di Ertiga menjadi transisi teknologi secara bertahap sebelum beralih ke fase elektrifikasi secara penuh.

Dalam pemaparannya, Mahardian Ismadi Brata selaku Asst To Design Development, Engineering Administration & Homologation Dept. Head PT. Suzuki Indomobil Motor menyebut bila mild hybrid pada SVHS ini cukup ideal sebagai kendaraan ramah lingkungan di masa transisi menuju elektrifikasi. Sebagaimana kita ketahui, Suzuki dikenal sebagai merek dengan produk yang terjangkau bagi masyarakat.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mobil Ramah Lingkungan Suzuki di Indonesia Pakai Mild Hybrid, Harganya Bisa Lebih Murah? 01

"Kami sangat berharap melalui riset-riset berikutnya sistem SHVS ini dapat diterapkan untuk kendaraan-kendaraan Suzuki, khususnya yang ada di Indonesia, sebagai komitmen kami memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen Suzuki,” sambung Mahardian.

Saat ini, SHVS dibangun dengan kombinasi perangkat ISG atau Integrated Starter Generator serta Lithium-Ion Battery. Ia melihat potensi besar mild hybrid ini karena memakai baterai yang kecil sehingga tidak membuat harga kendaraan jadi jauh lebih mahal.

Sistem SHVS akan bekerja ketika pedal kopling ditekan dan mesin berhenti otomatis. Kemudian, motor penggerak ISG menghidupkan mesin kembali, belt drive akan menghasilkan restart yang mulus dan tenang tanpa suara. 

Saat akselerasi, listrik yang disimpan selama deselerasi akan menggerakkan motor yang membantu mesin menghasilkan torsi cukup tanpa harus mencapai putaran yang lebih tinggi. Karena ukuran motor elektrik dan baterainya cukup kecil, maka cocok untuk jenis kendaraan compact yang ada di Indonesia.

Platform Heartect Suzuki, Bobot Ringan dan Kuat Demi Kendaraan Ramah Lingkungan

Mobil Ramah Lingkungan Suzuki di Indonesia Pakai Mild Hybrid, Harganya Bisa Lebih Murah? 02

Membahas soal utilitas ramah lingkungan pada kendaraan bermotor, dapat dicapai dengan berbagai cara. Mulai dari menekan tingkat emisi bahan bakar, hingga efisiensi konsumsi bahan bakar melalui rancang bangun kendaraan yang ringan namun kokoh.

Hal inilah yang mendasari Suzuki mengembangkan platform HEARTECT yang lebih rigid 10%. Bobot kendaraan secara keseluruhan lebih ringan hingga 15%, sehingga peningkatan performa dapat terwujud secara optimal.

Mobil Ramah Lingkungan Suzuki di Indonesia Pakai Mild Hybrid, Harganya Bisa Lebih Murah? 03

Kendaraan yang dirancang lebih ringan lantas dapat mengurangi beban mesin, sasis, suspensi dan komponen lainnya. Dengan demikian tercipta efisiensi bahan bakar yang lebih baik serta peningkatan kinerja saat dikemudikan. Kondisi menikung jadi lebih stabil, selain itu mobil memiliki kemampuan berhenti dengan jarak yang lebih pendek.

"Kami menggunakan konsep “Kecil, Sedikit, Ringan, Pendek dan Rapi” sebagai inisiatif untuk mengatasi masalah lingkungan. Suzuki ingin menciptakan kendaraaan yang lebih rendah konsumsi bahan bakar dan bobot lebih ringan sehingga tercipta efisiensi secara berkesinambungan," beber Mahardian. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Suzuki Ertiga GA MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil