window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mobil Sering Terjebak Macet, Ini Masalah Teknis yang Akan Terjadi

Enda · 11 Apr, 2023 09:00

Mobil kejebak macet

Sering terjebak kemacetan dalam jangka waktu cukup lama dapat menyebabkan dampak buruk pada kendaraan. Hal tersebut dikarenakan beberapa sistem yang ada pada mobil saat kondisi macet bekerja lebih keras.

Untuk itu sebaiknya selalu mengecek dan melakukan perawatan secara berkala guna mendapatkan kondisi yang selalu optimal. Jika kalian sering terjebak dalam kemacetan, berikut ini adalah masalah yang akan sering kali muncul pada kendaraan.

Baca juga: Jangan Disepelekan, Ban Mobil Berdecit Tanda Ada Komponen Kaki-kaki yang Bermasalah

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Kampas Rem Cepat Habis

Mobil kejebak macet

Sebagaimana fungsi utamanya, rem berfungsi untuk mengontrol laju kendaraan. Bagian ini cepat sekali habis jika mobil sering terjebak dalam kemacetan terlebih mobil bertransmisi matic.

Hal ini dikarenakan sistem kerja mobil matic yang dapat bergerak maju tanpa harus menginjak pedal gas. Dengan begitu pengemudi diharuskan untuk selalu menginjak pedal rem untuk berhenti dan melepas perlahan guna memajukan kendaraan tanpa harus mengangkat kaki seutuhnya dari pedal.

2. Mesin Overhat

Macet dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan gejala overhat pada mesin. Ini dikarenakan mobil posisinya cenderung diam serta extra fan tidak bekerja secara optimal sehingga menyebabkam suhu pada mesin meningkat.

Mesin yang overheat tentu dapat menyebabkan kerusakan total yang berujung mesin tidak bisa dihidupkan. Untuk itu ada baiknya selalu memeriksa kondisi extra van, serta sirkulasi pendingin air.

Baca juga: Mobil Dengan Transmisi Otomatis Bisa Lebih Irit Dari Manual, Apa Benar Begitu?

3. Memperpendek Usia Kampas Kopling

Mobil kejebak macet

Hal lainnya yang dapat menimbulkan kerusakan lebih cepat akibat mobil sering terjebak kemacetan adalah kampas kopling. Dalam kondisi macet, untuk mobil manual pengemudi diwajibkan memainkan kopling supaya mesin tidak mati.

Bagi beberapa pengemudi yang sering menggantung kopling tentunya akan memperpendek usia kampas kopling. Dengan begitu saat terjebak macet dalam kondisi yang lama ada baiknya memposisikan gigi ke netral yang kemudian menginjak rem atau mengaktifkan rem tangan.

4. Kerusakan Magnet Clutch Kompresor AC

Terakhir bagian yang akan mudah rusak ketika terjebak macet adalah magnet clutch kompresor AC. Kerusakan disebabkan karena magnet clutch secara otomatis sering nyala dan hidup untuk menggerakan kompresor.

Baca juga: AC Mobil Keluar Asap Jangan Dibiarkan, Bisa Merembet ke Komponen Lain!

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil