window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mobil Terlalu Lama Parkir Awas Bisa Kena Flat Spot, Apa Itu?

Prasetyo · 21 Okt, 2022 19:06

Mobil Terlalu Lama Parkir Awas Bisa Kena Flat Spot, Apa Itu? 01

  • Ban mobil flat spot akibat terlalu lama diparkir.
  • Penyebabnya tekanan di satu titik untuk waktu yang lama.
  • Ciri ban mobil flat spot akan tak nyaman saat digunakan.

Mobil yang dibiarkan lama terparkir di garasi bukan berarti malah jadi awet. Sebab beberapa komponen tetap memasuki masa pakainya walau kendaraan itu jarang digunakan. Satu dari beberapa komponen yang wajib rutin diganti adalah ban.

Kendaraan yang lama tidak digunakan juga berdampak pada kondisi ban. Mulai dari tekanan angin berkurang sedikit demi sedikit, hingga rentan mengalami ban mobil flat spot. Pernah dengar istilah ini?

Mobil Terlalu Lama Parkir Awas Bisa Kena Flat Spot, Apa Itu? 02

Titik tumpu mobil ada di satu lokasi permukaan ban

Flat spot adalah kondisi saat tapak ban mengalami kerusakan atau keausan. Penyebabnya tekanan secara terus menerus pada satu bagian ban yang sama. Kondisi ban yang dingin karena cuaca dan kondisi ruang penyimpanan yang lembab juga turut menyumbang terjadinya flat spot.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Kerikil Nyempil di Ban Mobil Jangan Diabaikan, Bisa Bikin Celaka!

Ciri-ciri Ban Mobil Flat Spot

Apriyanto Yuwono, National Sales Manager Passenger Car Radial (PCR) PT Hankook Tire Sales Indonesia menjelaskan sedikit tentang ciri-ciri ban mengalami flat spot. Menurutnya kondisi itu akan diketahui oleh pengemudi mobil itu sendiri.

Mobil Terlalu Lama Parkir Awas Bisa Kena Flat Spot, Apa Itu? 01

Ban mobil terkena flat spot

"Secara fisik ban yang mengalami flat spot susah untuk diketahui karena bagian yang mengalami flat spot berada pada bagian yang berkontak langsung dengan lantai garasi atau permukaan jalan," katanya.

Namun ia menambahkan saat mengemudi, jika Anda merasakan ada getaran, handling yang tidak nyaman, hingga dentuman halus yang berasal dari ban, maka itu pertanda sudah terjadi flat spot.

Mobil Terlalu Lama Parkir Awas Bisa Kena Flat Spot, Apa Itu? 02

Mobil jadi tak nyaman dikendarai

Apriyanto juga menjelaskan ada dua tipe flat spot pada ban yaitu yang bersifat sementara dan permanen. Jika yang terjadi adalah flat spot sementara fenomena ini bisa hilang ketika kita berkendara dan ban menjadi lebih panas. Namun kalau tidak hilang, maka itu adalah flat spot permanen, sehingga ban sebaiknya diganti baru.

Baca juga: Sering Jadi Polemik, Tekanan Angin Ban Mobil Sebaiknya Lebih atau Kurang?

Cara Mencegah Ban Flat Spot

Karena gejala flat spot bisa mengenai semua pemilik mobil, maka Apriyanto membagikan tips mencegah ban flat spot.

1. Gunakan Jack Stand Mobil

Mobil Terlalu Lama Parkir Awas Bisa Kena Flat Spot, Apa Itu? 03

Permukaan ban tak menempel di lantai garasi

Kalau kendaraan diparkir untuk waktu yang sangat lama, misalnya Anda hendak dinas keluar kota atau luar negeri, atau itu memang mobil koleksi yang jarang dipakai, maka sebaiknya gunakan penyanggah ban (jack sand mobil). Alat ini akan membuat ban bertahan dalam bentuk aslinya akibat titik tumpu mobil berpindah ke jack stand bukan pada ban.

2. Tambah Tekanan Angin Ban

Sebelum meninggalkan kendaraan Anda dalam waktu lama, cobalah untuk menaikan tekanan ban hingga lebih kurang 3 psi dari yang direkomendasikan. Hal ini diperuntukan ketika Anda ingin menggunakan kendaraan tersebut tidak ada risiko ban kekurangan tekanan angin.

Baca juga: Daftar Ukuran Tekanan Angin Sesuai Ukuran Velg, Apakah Ban Mobilmu Sesuai?

3. Rutin Cek Tekanan Angin Ban

Mobil Terlalu Lama Parkir Awas Bisa Kena Flat Spot, Apa Itu? 04

Periksa selalu tekanan angin ban

Meski kendaraan itu jarang digunakan bukan berarti tidak perlu perawatan, termasuk pada bagian ban. Untuk itulah Anda perlu rutin memeriksa kondisi ban termasuk tekanan anginnya jangan sampai kurang dari batas yang direkomendasikan.

4. Periksa TWI

Di setiap permukaan ban mobil pasti ada simbol segitiga kecil. Ini adalah TWI (Tread Wear Indicator) yang menjadi tanda apakah ban sudah mengalami keausan atau belum. Periksa tanda segitiga TWI ini, jika terlihat makin menghilang, berarti ban sudah waktunya diganti.

5. Bawa Jalan Mobil Sesekali

Mobil Terlalu Lama Parkir Awas Bisa Kena Flat Spot, Apa Itu? 05

Mobil perlu dibawa jalan secara rutin

Memanaskan kendaraan bukan cuma bagus untuk mesin tapi juga kesehatan ban. Karena itu jangan hanya dipanaskan dalam keadaan mobil diam, gunakan kendaraan Anda untuk berkeliling selama 5 - 7 menit di sekitar rumah. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga suhu ban agar tetap stabil sehingga struktur ban tersebut tidak berubah.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil