Mobilnya Orang Kaya, Ini Keunggulan Mazda CX-9 AWD 2021 Vs Hyundai Palisade 2021

Enda · 12 Mar, 2021 17:00

Mobilnya Orang Kaya, Ini Keunggulan Mazda CX-9 AWD 2021 Vs Hyundai Palisade 2021 01

Mazda CX-9 AWD 2021 Vs Hyundai Palisade 2021

Selain meluncurkan versi teranyar CX-5 GT, diwaktu yang bersamaan PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku agen pemegang merek mobil Mazda di Tanah Air juga memperkenalkan lini full size SUV premium terbarunya, yaitu Mazda CX-9 AWD 2021. Sebagai SUV yang menyuguhkan kesan kemewahan, varian terbaru CX-9 kini ditawarkan dengan harga hampir menyentuh Rp1 miliar.

Adapun pesaing terdekat CX-9 AWD saat ini, ialah Hyundai Palisade 2021 yang meluncur di penghujung tahun lalu. PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) meluncurkan Palisade yang membawa tampilan mewah dan berkelas.

Penasaran ingin mengetahui lebih dekat perbandingan antara Mazda CX-9 AWD 2021 dengan Hyundai Palisade 2021? Simak ulasannya di bawah ini.

Karakter Agresif di Mazda CX-9 AWD 2021 

Mobilnya Orang Kaya, Ini Keunggulan Mazda CX-9 AWD 2021 Vs Hyundai Palisade 2021 02

Tampilan luar Mazda CX-9 AWD 2021

Seperti beberapa lini produk Mazda saat ini, Mazda CX-9 AWD 2021 juga menganut gaya bahasa desain KODO-Soul of Motion. Tampilan samping serta buritan SUV besutan Mazda ini menampilkan garis-garis tegas yang merupakan Implementasi dari KODO desain, gabungan dari elemen kecepatan, kekuatan dan pesona.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

New Mazda CX-9 di Indonesia saat ini dijual dalam dua pilihan sistem penggerak, yaitu 2WD (front wheel drive) dan All-Wheel Drive (AWD). Kedua varian CX-9 itu lah yang mendapatkan beberapa penyegaran untuk penampilannya.

Ubahannya yaitu grille dengan warna dan desain baru, velg berbahan dasar alloy berukuran 20 inci dengan desain dan warna baru yang terlihat lebih cerah. Tidak ketinggalan penggunaan tailpipe yang lebih besar dari sebelumnya di bagian belakang.

Agar lebih terlihat futuristik, mobil ini dilengkapi dengan lampu utama projector berteknologi LED Automatic Levelling. Pada bagian buritan, Mazda CX-9 juga berhasil disematkan Stop Lamp LED serta Lightning Signature.

Mobilnya Orang Kaya, Ini Keunggulan Mazda CX-9 AWD 2021 Vs Hyundai Palisade 2021 01

Tampilan luar Hyundai Palisade 2021

Berbeda dengan CX-9, Hyundai Palisade 2021 ditawarkan dengan tiga varian, yakni Prime, Signature dan Signature AWD. Menempati kasta palng bawah, yaitu varian Prime dibekali velg alloy berukuran 18 inci.

Sedangkan tipe Signature dan Signature AWD berhasil disematkan velg alloy berukuran 20 inci. Melihat sisi eksteriornya, SUV premium jenama Negeri Gingseng ini memperlihatkan tampilan yang begitu berkarakter dan berotot. Lekukan garisnya dibuat lebih tegas seperti layaknya SUV buatan Negara Paman Sam.

Lampu utamannya menggunakan LED headlights composite dibuat terpisah dengan desain kap mobil yang panjang serta kokoh, serta lampu belakangnya dibuat vertikal dengan bentuk yang unik.

Mazda CX-9 AWD 2021 Punya Dimensi Lebih Besar Dari Hyundai Palisade

Mobilnya Orang Kaya, Ini Keunggulan Mazda CX-9 AWD 2021 Vs Hyundai Palisade 2021 02

Tampilan belakang Mazda CX-9 AWD 2021

Membandingkan ukuran keduanya, Mazda CX-9 AWD 2021 memiliki dimensi lebih besar dari Palisade. Tak heran bila ruang kabin CX-9 AWD dirasa lebih lega dibandingkan kompetitornya tersebut. Padahal bila dilihat sekilas, sosok Palisade ini terkesan bongsor dan panjang.

Perbandingan Dimensi Mazda CX-9 AWD 2021 Vs Hyundai Palisade 2021
Keterangan Mazda CX-9 AWD 2021 Hyundai Palisade 2021
Panjang 5.075 mm 4.980 mm
Lebar 1.969 mm 1.975 mm
Tinggi 1.747 mm 1.750 mm

Sisi Kenyamanan Mazda CX-9 AWD 2021 Vs Hyundai Palisade 2021

Mobilnya Orang Kaya, Ini Keunggulan Mazda CX-9 AWD 2021 Vs Hyundai Palisade 2021 03

Tampilan dashboard Mazda CX-9 AWD 2021

New Mazda CX-9 mendapatkan perubahan desain di bagian samping jok dan beberapa sentuhan baru pada bagian panel interiornya.

Kenyamanan di dalam kabin SUV termahal Mazda ini semakin bertamabah dengan diberikannya sentuhan lapisan Nappa Leather berwarna Brown pada keseluruhan bagian jok. Penggunaan Real Wood Panel pada beberapa bagian interior yang mempertegas sentuhan kemewahan di dalam kabin SUV premium Mazda ini.

Untuk menambah tingkat kenyamanan, varian terbaru CX-9 AWD mendapatkan Adjustable Head Restraints yang bisa diatur menyesuaikan sandaran kepala, pengaturan jok elektrik pada sisi samping jok pengemudi dan penumpang bagian depan untuk mengatur tinggi rendahnya jok, serta ventilasi kursi dan pemanas kursi.

Mobilnya Orang Kaya, Ini Keunggulan Mazda CX-9 AWD 2021 Vs Hyundai Palisade 2021 04

Interior Mazda CX-9 AWD 2021

Pada baris keduanya, CX-9 AWD mendapatkan sandaran tangan di bagian tengah yang sudah dilengkapi colokan USB port untuk pengisian daya pada ponsel. Agar lebih meningkatkan gaya berkendara, pesaing utama Hyundai Palisade ini mendapatkan Sunroof yang membuka dan menutupnya hanya dengan menekan pada tombol.

Baca juga: Daftar Mobil Baru yang Meluncur Selama Januari - Februari 2021

Selain itu ada juga fitur elektrik tailgate yang dapat membuka pintu belakang hanya dengan mendekatkan kaki ke bumper saja.

Melihat sisi kenyamanan berkendara lainnya, Mazda juga sudah melengkapinya dengan Tilt & Telescopic di balik lingkar kemudi yang dapat disesuaikan dengan kenyamanan si pengendara. Pada stir juga sudah dilengkapi dengan tombol control untuk menjalankan berbagai perintah dalam fitur.

Bicara sistem infotaimentnya, CX-9 AWD disematkan head unit layar sentuh berukuran 8-inch center display yang menghasilkan kualitas suara terbaik dari BOSE dengan 12 speaker premium sound system, Apple CarPlay, Android Auto, serta kamera 360 derajat yang ditampilkan di MZD Connect.

Fitur MZD Connect ini memberikan kalian koneksi serbaguna melalui bluetooth pada smartphone saat sedang berkendara. Tidak tertinggal wireless smartphone charger yang dapat dengan mudah mengisi daya pada gawai tanpa perlu menyambungkan kabel.

Mobilnya Orang Kaya, Ini Keunggulan Mazda CX-9 AWD 2021 Vs Hyundai Palisade 2021 05

Tampilan dashboard Hyundai Palisade 2021

Mobil dengan harga jual baru yang lebih malah dari CX-9 AWD, Hyundai Palisade 2021 juga dibalut kulit premium jenis Nappa pada joknya. Sama seperti CX-9, Large SUV kebanggan Hyundai ini berhasil disematkan dual sunroof.

Pada bagian panel instrumen Hyundai Palisade 2021 dibalut woodgrain trim untuk menciptakan desain yang luas namun tetap elegan. Perlu kalian ketahui, mobil ini juga didukung fitur pintar seperti smart power tailgate.

Dengan adanya fitur ini, pintu dapat terbuka secara otomatis yang memungkinkan pemilik mobil untuk mengatur kecepatan membuka serta menutup ketinggian pintu bagasi sesuai dengan keinginan.

Selain itu, jendela kanan pengemudi dan bagian kiri penumpang depan didukung dengan double-laminated glass yang mana dapat menggerakan jendela secara otomatis.

Mobilnya Orang Kaya, Ini Keunggulan Mazda CX-9 AWD 2021 Vs Hyundai Palisade 2021 06

USB Port Hyundai Palisade 2021

Pada seluruh baris tempat duduknya, Palisade telah disematkan 6 port USB untuk pengisian daya baterai. Selain itu, Hyundai Palisade 2021 dilengkapi wireless charger dan touch display audio berukuran 8 inci.

Apabila pengemudi dan penumpang di kursi depan ingin menikmati musik selama perjalanan, maka pengemudi dapat mengaktifkan Quiet Mode (Mode tenang) yang akan mematikan speaker di bagian belakang hanya dengan menekan satu tombol.

Hyundai Palisade 2021 juga dilengkapi sistem pengaturan AC secara otomatis 3 zon dengan kontrol independen dan Cluster. Baris pertama dan keduanya juga dilengkapi heated & ventilated seats.

Mazda CX-9 AWD 2021 Punya Fitur Keselamatan yang Tak Kalah Canggih dari Palisade

Mobilnya Orang Kaya, Ini Keunggulan Mazda CX-9 AWD 2021 Vs Hyundai Palisade 2021 07

Fitur  i-ACTIVSENSE Mazda CX-9 AWD 2021

Bicara menyoal fitur keselamatan, New Mazda CX-9 AWD disematkan banyak fitur keselamatan kepada penggunannya. Seperti, fitur G-Vectoring Control Plus atau GVC+ yang menyuguhkan kemampuan terbaiknya untuk membantu pengendaraan di berbagai kondisi jalan.

Hal ini juga terkait dengan jaminan keselamatan bagi pengguna New Mazda CX-9 yang sesuai dengan filosofi Mazda Proactive Safety yang terangkum dalam paket teknologi canggih pada i-ACTIVSENSE.

Pada i-ACTIVSENSE CX-9 AWD meliputi Adaptive Front-lighting System (AFS), Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Lane Departure Warning System (LDWS), Lane Keep Assist System (LAS), Smart City Brake Support (Forward & Reverse) (SCBS F & R), Pedestrian Brake (F) dan terakhir Driver Attention Alert (DAA). Tidak ketinggalan fitur keselamatan standar seperti sistem pengereman ABS, EBD dan Brake Assist (BA), Dynamic Stability Control dan Traction Control, Hill Launch Assist (HLA) dan Emergency Stop Signal (ESS).

Termasuk juga fitur keselamatan pasif berupa 6 titik airbag, Side-impact door beams, Collapsible steering Shaft & injury-minimizing brake pedal, Neck injury mitigation front seats, ISOFIX child-seat anchors For rear seats dan juga struktur rangka kuat Ring Structure unibody construction SKYACTIV-BODY.

Mobilnya Orang Kaya, Ini Keunggulan Mazda CX-9 AWD 2021 Vs Hyundai Palisade 2021 08

Airbag Hyundai Palisade 2021

Hyundai Palisade sendiri berhasil mendapatkan fitur keselamatan 6 buah airbag, ditambah sepasang airbag di samping untuk melindungi area dada dan panggul. Sedangkan curtain airbag di bagian kiri dan kanan memberikan perlindungan untuk kepala bagi seluruh penumpang.

Baca juga: Perbandingan Mazda CX-5 2021 VS Honda CR-V 2021

Tidak sampai disitu, SUV flagship Hyundai ini juga disematkan Blind-Spot Collision Warning (BCW), Rear Cross-Traffic Collision Warning (RCCW). Selain itu, terdapat Safe Exit Assist (SEA) dan Rear Occupant Alert (ROA).

Perbandingan Mesin Mazda CX-9 AWD Vs Hyundai Palisade

Mobilnya Orang Kaya, Ini Keunggulan Mazda CX-9 AWD 2021 Vs Hyundai Palisade 2021 09

Mesin Mazda CX-9 AWD 2021

Mazda CX-9 AWD menggunakan mesin bensin 2.5 liter dengan imbuhan turbocharger di balik bonnet panjangnya. Teknologi Mesin SKYACTIV-G 2.5T yang dianutnya menyuguhkan performa istimewa untuk berkendara sehari-hari. Berikut perbandingan mesin Mazda CX-9 AWD Vs Hyundai Palisade.

Perbandingan Spesifikasi Mesin

Keterangan

Mazda CX-9 AWD 2021

Hyundai Palisade 2021

Mesin

2.5L In-line, 4-cylinder DOHC 16 valve Turbocharged

R 2.2L CRDi inline 4-cylinder diesel with e-VGT

Kapasitas

2.488 cc

2.199 cc

Tenaga

231 PS @5.000 Rpm

200 PS @3.800 Rpm

Torsi

420 Nm @2.000 Rpm

440Nm @1.750-2.750 Rpm

Transmisi

Otomatis SKYACTIV-DRIVE 6-Percepatan

Otomatis 8-percepatan

Sebagai kendaraan SUV premium, Mazda CX-9 dianggap lebih nyaman untuk pemakaian harian. Karena SUV terbaru Mazda ini menggunakan mesin bensin konvensional, sedangkan Palisade memakai jantung mekanis jenis diesel commonrail. Tidak sampai disitu, Mazda CX-9 AWD 2021 juga memiliki angka tenaga yang lebih besar dibandingkan Hyundai Palisade 2021.

Harga Mazda CX-9 2021 Lebih Murah dari Hyundai Palisade 2021

Membandingkan harga terbaru dari keduanya, diketahui CX-9 AWD dibandrol lebih murah dari Palisade. Berikut harga dari masing-masing model:

Harga Mazda CX-9 2021 On The Road Jakarta

Mazda CX-9 2WD

Rp869.900.000

Mazda CX-9 4WD

Rp998.800.000

 

Harga Hyundai Palisade 2021 On The Road Jakarta

Hyundai Palisade Prime

Rp777.000.000

Hyundai Palisade Signature

Rp888.000.000

Hyundai Palisade Signature AWD

Rp1.078.000.000

Kesimpulan

PT EMI baru-baru ini memperkenalkan varian terbaru dari Mazda CX-9 AWD 2021 dengan tampilan lebih segar dan penambahan beberarapa fitur unggulan. Dibandingkan dengan pesaingnya, yaitu Hyundai Palisade 2021, CX-9 dianggap lebih baik dari sektor dapur pacunya, dimensi, kenyamanan berkendara dan harga jual.

Baca juga: Perbandingan Mazda CX-9 VS Peugeot 5008

 

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Mazda CX 9 SKYACTIV-G

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru