Modal Kuat Honda City Hatchback RS Bisa Bikin Toyota Yaris TRD Sportivo Minder

Enda · 4 Mar, 2021 09:00

Modal Kuat Honda City Hatchback RS Bisa Bikin Toyota Yaris TRD Sportivo Minder 01

Honda City Hatchback RS

Setelah sekian lama dinanti-nanti dan menjadi perbincangan hangat di tengah para pegiat otomotif Tanah Air, akhirnya PT Honda Prospect Motor secara resmi meluncurkan lini terbarunya yang bermain di segmen hatchback kompak, yakni Honda City Hatchback RS pada Rabu (3/3). Pesaing dari Toyota Yaris TRD Sportivo ini juga terlihat begitu sporty dan agresif dengan mengusung konsep "Energetic, the H Atchback”.

Pada dasarnya, Honda City Hatchback RS mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ciri khas model City sekaligus karakter hatchback Honda. Semua ini terlihat dari tampilan luar yang stylish, desain interior yang futuristk, panel instrument berkualitas tinggi serta fitur canggih yang dianggap melebihi ekspektasi dikelasnya.

Hal ini tentunya menjadi salah satu daya tarik untuk model ini, terutama di kalangan konsumen anak muda yang memiliki keseharian yang aktif, dan bergaya hidup sporty.  

Baca juga: Fakta Menarik Tentang Honda City Hatchback RS

Honda City Hatchback RS tampil dengan desain sporty dan fitur-fitur unggulan terkini. Akankah City Hatchback ini nantinya bisa menggeser kepopuleran Yaris di Tanah Air? Simak perbandingan Honda City Hatchback RS vs Toyota yaris TRD Sportivo.

Tampilan luar Honda City Hatchback RS Begitu Agresif

Modal Kuat Honda City Hatchback RS Bisa Bikin Toyota Yaris TRD Sportivo Minder 02

Tampilan samping Honda City Hatchback RS

Menggunakan emblem RS sebagai ikonik yang berasal dari kata “Road Sailing”, ini merupakan pengembangan khusus untuk varian Honda yang memiliki karakter lebih sporty dalam hal desain dan performa.

Pada tampilan luarnya, Honda City Hatchback RS memiliki tarikan garis yang terlihat menampilkan kesan sporty, dengan menerapkan cutting edge design. Dengan garis karakter yang kuat, hatchback kompak ini berhasil dipadukan sistem pencahayaan berteknologi Full LED Headlight with LED Daytime Running Light “In-line shell”, LED Foglight, dan Rear Combi Light with LED light bars.

Baca juga: Honda City Hatchback RS Gantikan Posisi Jazz

Pada mobil ini juga terdapat beberapa item eksklusif seperti bumper belakang dengan diffuser, fog garnish, bumper depan, dan lower mesh grille yang semakin menonjolkan kesan sporty. Pada lampu belakangnya, City Hatchback menggunakan LED untuk tail lights dan lampu rem, sedangkan rear turning signal & reverse light menggunakan bulb lamp.

Modal Kuat Honda City Hatchback RS Bisa Bikin Toyota Yaris TRD Sportivo Minder 03

Tampilan belakang Honda City Hatchback RS

Selain itu, warna hitam glossy pada grille depan atas, kaca spion, shark fin antenna dan lingkar roda 16 inci dengan two tone cutting dengan warna black clear serta berlina black ini, semakin memperlihatkan aura sportynya.

Sebagai informasi, City Hatchback secara dimensi memiliki panjang 4.349 mm, lebar 1.748 mm dan tinggi 1.488 mm.

Modal Kuat Honda City Hatchback RS Bisa Bikin Toyota Yaris TRD Sportivo Minder 04

Toyota Yaris TRD Sportivo

Bicara mengenai tampilan eksterior Toyota Yaris TRD Sportivo, hatchback kompak berlogokan tiga oval ini berhasil mendapat penyegaran pada 2020 lalu. Bagian fascianya kini dibalut dengan desain baru, yang telah disematkan dengan Attractive New Front Grille and Bumper, New Striking LED Headlamp Design, dan New LED Fog Lamp Design.

Tampilan depan New Yaris didesain untuk meningkatkan aura yang stylish serta bernuansa youthful sesuai dengan karakter penguna dari generasi muda maupun yang berjiwa muda. Mobil ini pun secara dimensi mempunyai panjang 4.145 mm, lebar 1.730 dan tinggi 1.500 mm.

Tampilan Interior Honda Hatchback RS Berkarakter Sporty dan Stylish

Modal Kuat Honda City Hatchback RS Bisa Bikin Toyota Yaris TRD Sportivo Minder 05

Interior Honda City Hatchback RS

Melihat bagian dalam Hatchback terbaru Honda ini, kalian langsung bisa menyimpulkan bahwa desain dan bentuk yang dimilikinya terlihat lebih sporty dan maskulin dibandingkan Toyota Yaris dengan bentuknya yang lebih kalem.

Pada bagian depan kabin, panel instrumen didesain dengan Sporty Meter Cluster with Red Accent yang juga terintegrasi dengan 8” Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio. Gawai kalian juga dapat dengan mudah ditautkan pada bagian audio dengan fitur Smartphone Connection yang dapat menunjang aktivitas pengguna.

City Hatchback RS juga dilengkapi dengan 8 buah speaker yang ada pada bagian depan dan belakang kabin serta Auto A/C with Red Illumination. Fitur canggih lainnya pun telah disematkan pada mobil ini seperti fitur Multi-Angle Rear View Camera yang dapat menampilkan 3 tampilan: Normal View, Wide View, and Top View untuk membantu pengguna saat memarkir mobilnya.

Untuk menunjang gaya berkendara, mobil ini dilengkapi dengan One Push Ignition System, Cruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch dengan Voice Recognition. Selain itu, pada beberapa bagiannya dihadirkan dengan nuansa metalik yang realistis untuk menciptakan panel instrumen dengan tampilan yang kuat.

Pembungkus jok dengan Suede-Fabric-Leather Combi Trimmed Seats, Leather Door Lining, Audio Steering Switch, dan Shift Knob juga dilabur dengan warna hitam yang dikombinasikan warna merah, menghadirkan sensasi mobil yang lebih sporty. Tidak hanya itu, area kabin juga dirancang dengan fungsionalitas tinggi untuk memenuhi gaya hidup konsumen dan kebutuhan anak muda yang sangat dinamis.

Modal Kuat Honda City Hatchback RS Bisa Bikin Toyota Yaris TRD Sportivo Minder 06

Seat Honda City Hatchback RS

Kabin mobil ini menerapkan fungsi ULTRA Seat, dimana penumpang dapat mengatur 4 mode berbeda pada kursi depan dan belakang yang terdiri dari Utility Mode, Tall Mode, Refresh Mode, dan Long Mode.

Untuk memberikan kemudahan ketika ingin menyalakan mesin, City Hatchback juga dilengkapi dengan fitur Remote Engine Start yang dapat menghidupkan mesin kendaraan dan A/C secara otomatis sebelum memasuki kendaraan.

Modal Kuat Honda City Hatchback RS Bisa Bikin Toyota Yaris TRD Sportivo Minder 07

Interior Toyota Yaris TRD Sportivo

Dilain sisi, Toyota Yaris TRD Sportivo dibekali dengan New Advanced Infotainment System with Smartphone Connection layar sentuh 7 inci dengan HD display untuk memutar DVD, Radio FM/AM, SUV, Aux, dan Bluetooth.

Pada tipe ini juga disematkan fitur iPod Ready, Miracast, Web link, dan remote apps melalui smartphone yang mampu membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan. Tidak ketinggalan New Rear Parking Camera yang akan semakin memudahkan pelanggan ketika parkir.

Fitur Keselamatan City Hatchback Semakin Baik

Modal Kuat Honda City Hatchback RS Bisa Bikin Toyota Yaris TRD Sportivo Minder 08

Fitur keselamatan ABS+EBD

Diketahui hatchback kompak terbaru Honda ini berhasil meraih lima bintang dalam pengujian tes keselamatan ASEAN NCAP. Catatan perlindungan yang sempurna tak lepas dari 6 airbags yang disematkan dengan masing-masing kursi telah dibenamkan ELR (Emergency Locking Retractor) sebagai sabuk pengaman pretensioner dan juga ISOFIX.

Fitur keselamatan lainnya yang berhasil dilengkapi untuk mobil ini antara lain, ABS, EBD + BA, Brake Override System, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist, Parking Sensor, Seatbelt Reminder Emergency Stop Signal, hingga APAR.

Untuk struktur rangkanya sendiri Honda City Hatchback RS dirancang menggunakan rangka G-CON + ACETM yang dapat memberikan perlindungan terhadap pengguna didalamnya ketika mengalami benturan dari luar.

Tidak hanya itu, mobil ini juga telah disematkan fitur Multi-Angle Rear View Camera yang dapat menampilkan Normal View dengan angle 130°, Wide View dengan angle 180°, dan Top View untuk membantu pengguna saat memarkir mobilnya.

Bicara fitur keamanan, mobil ini juga sudah dilengkapi Smart Key with Keyless Entry, Immobilizer, dan Alarm System.

Modal Kuat Honda City Hatchback RS Bisa Bikin Toyota Yaris TRD Sportivo Minder 09

7 Airbags Toyota Yaris TRD Sportivo

Pada sisi fitur safety Toyota Yaris TRD Sportivo, Toyota Astra Motor memberikan perlindungan yang tak kalah lengkap kepada pelanggannya. Pihaknya kini menawarkan varian teratas Yaris ini dengan 7 buah airbags sebagai tingkat perlindungan utamanya.

Selain itu, ada juga Vehicle Stabilly Control (VSC), Brake Assist (BA), Traction Control (TRAC), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Anti Lock Braking System (ABS) dan Smart Stop Technology (SST).

Untuk mengecek besarannya tekanan angin pada ban, mobil ini juga dilengkapi dengan Tire Pressure Monitor System (TPMS).

Bicara tentang sistem pengereman, pesaing  City Hatchback ini juga sudah dilengkapi ABS (Anti Lock Breaking System) di semua variannya yang dikombinasikan dengan EBD ( Electronic Breaking Distribution dan BA atau (Brake Assist). Ada juga fitur Hill-Start Asisst (HSA) yang dapat mencegah mobil mundur seketika ketika berada diposisi jalan yang miring.

City Hatchback RS Punya Tenaga yang Lebih Besar Dari Yaris TRD Sportivo

Modal Kuat Honda City Hatchback RS Bisa Bikin Toyota Yaris TRD Sportivo Minder 10

Mesin Honda City Hatchback RS

Mengenai jantung mekanis, Honda City Hatchback RS dibenamkan mesin yang berbeda dengan beberapa produk Honda lainnya. Jika kebanyakan produknya menggunakan mesin jenis SOHC, hatchback kompak terbarunya ini dibenamkan mesin 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW.

Mesinnya dapat meletupkan tenaga hingga 121 PS @6.600 Rpm dan torsi maksimum 145 Nm @4.300 Rpm. City Hatchback tersedia dengan dua transmisi, manual 6-percepatan dan CVT.

Modal Kuat Honda City Hatchback RS Bisa Bikin Toyota Yaris TRD Sportivo Minder 11

Mesin Toyota Yaris

Bicara jantung pacu pada Toyota Yaris, hatchback kompak jenama Toyota ini ditanamkan mesin 2NR-VE In-line 4 Cyl, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-I. Menurut spesifikasi, mesin berkubikasi 1.496 cc yang digunakan mampu melecutkan tenaga hingga 107 PS @6.000 Rpm dengan torsi maksimal mencapai 140 Nm @4.200 Rpm. Toyota Yaris juga ditawarkan dua pilihan transmisi, manual 5-percepatan dan otomatis CVT 7-percepatan.

Pilihan Warna Menarik Honda City Hatchback RS, Seleranya Anak Muda

Modal Kuat Honda City Hatchback RS Bisa Bikin Toyota Yaris TRD Sportivo Minder 12

7 opsi warna Toyota Yaris TRD Sportivo

Honda City Hatchback RS untuk pasar di Indonesia tersedia dalam 6 pilihan warna, yaitu Phoenix Orange Pearl, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Platinum White Pearl, dan varian warna terbaru adalah Meteoroid Gray Metallic.

Mengnai rival utamanya saat ini, Toyota Yaris dihadirkan dengan pilihan warna lebih banyak. Diantaranya Citrus Mica Metallic, Silver Metallic, Grey Metallic, Red Mica Metallic, Orange Metallic, Super White dan Attitude Black Mica.

Baca juga: Kelebihan Toyota Yaris 2021

Kesimpulan

HPM meluncurkan lini terbarunya, Honda City Hatchback RS ke Tanah Air untuk menggantikan posisi Jazz. Di segmen ini City hatchback akan bersaing secara ketat dengan Toyota Yaris TRD Sportivo yang notabene bekas musuh bebuyutan Jazz. Melihat dimensi dari keduanya, City Hatchback mempunyai total ukuran body yang lebih proper.

Selain itu, dari segi tampilannya hatchback kompak garapan pabrikan berlogo ‘H’ tegak ini juga terlihat lebih agresif dan sporty. Jangan heran bila nantinya mobil ini bisa meneruskan hegemoni Honda dan mengalahkan kepopuleran Yaris di Tanah Air karena lebih diminati.

Bicara mengenai jantung pacunya, City Hatchback juga memiliki angka tenaga yang lebih besar dari Yaris. Namun sebagai catatan, Yaris tipe teratas cukup unggul pada fitur keselamatan dan pilihan yang lebih lengkap dari City Hatchback RS.

Komentar