window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Model GR Sport Resmi Diperkenalkan, Apakah Bakal Ada Toyota Innova GR Sport Juga?

Prasetyo · 19 Agu, 2021 18:02

Toyota Kijang Innova GR Sport

Indonesia kini punya 6 model Toyota GR Sport. Yaitu Agya GR Sport, Raize GR Sport, Rush GR Sport, Fortuner GR Sport, Yaris GR Sport, dan Veloz GR Limited. Dari semuanya, hanya Veloz yang berjenis MPV, bagaimana dengan model MPV Toyota lain seperti Calya dan Toyota Innova? Apakah akan juga punya varian GR Sport?

Anton Jimmny Suwandi, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) mengakui, kalau latar belakang munculnya varian GR Sport juga karena permintaan dari konsumen di dalam negeri. Namun tidak semua produk bakal dapat varian GR Sport.

Toyota Kijang Innova GR Sport -1

Lini produk GR Sport terbaru di Indonesia

"Tidak bisa semua produk ditempel GR Sport. Kita lihat segmen mana yang punya animo tinggi terhadap model sporty stylish," ucap Anton melalui video conference, Kamis (19/08/2021).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Peminat Hatchback dan SUV Paling Banyak yang Ingin Tampilan Lebih Sporty

Lebih lanjut Anton juga menceritakan jika sebelum merilis model GR Sport, TAM mencari tahu dulu seperti apa keinginan konsumen Toyota di Indonesia. "Kita cek juga ke konsumen, ternyata lebih banyak minta yang hatchback dan SUV. Berdasarkan itulah kita tentukan juga sesuai kebutuhan konsumen di Indonesia," kata dia.

Toyota Kijang Innova GR Sport -2

Veloz jadi satu-satunya MPV yang tersentuh GR Sport

Sejak model TRD Sportivo hadir di 2008 sebagai varian lebih sporty dari produk Toyota di Indonesia, Anton menjelaskan terjadi peningkatan permintaan untuk varian sporty stylish. Kemudian jika dahulu peminat model-model seperti ini datang dari pembeli pria, maka belakangan konsumen wanita pun banyak yang tertarik.

Bahkan kini penjualan varian TRD Sportivo bisa 70% menyumbang penjualan dari keseluruhan model tersebut. Misalnya yang terjadi pada Toyota Raize dimana varian GR Sport paling banyak dicari.

Toyota Kijang Innova GR Sport -3

Raize GR Sport penjualannya mendominasi

Baca juga : Tampilan Toyota Veloz GR Sport Dinilai Membosankan, Sudah Waktunya Lahir Avanza Generasi Baru

Toyota Kijang Innova dan Calya Bakal Dapat Sentuhan GR Sport?

Jika model hatchback seperti Agya dan Yaris sudah, lalu untuk tipe SUV yakni Rush dan Fortuner pun mendapatkan varian GR Sport, bagaimana dengan model MPV seperti Cayla dan Kijang Innova? Sementara Veloz sudah dipasangan label GR Sport.

"Yang minta model sporty stylish untuk hatchback ternyata lebih banyak dibanding MPV. Kalau untuk Innova belum ada rencana, tapi kita terus mendengar kebutuhan stylish model dari konsumen. Jadi tidak menutup kemungkinan juga tapi saat ini belum ada rencana," sebut Anton.

Toyota Kijang Innova GR Sport -4

Venturer mewakili varian sporty dari Toyota Innova

Walau begitu, menurut dia khusus untuk Innova, kebutuhan akan model yang stylish saat ini bisa terpenuhi dari varian Toyota Innova Venturer.

Toyota GR Sport Bakal Diekspor Juga

Anton juga menyebut Indonesia wajib berbanga sebab meskipun dipasarkan secara lokal, semua lini produk Toyota GR Sport harus melalui tahap persetujuan dari prinsipal Toyota di Jepang. "Ini bukti kemampuan SDM (Sumber Daya Manusia) di Indonesia bisa diakui juga oleh prinsipal Jepang," katanya.

Toyota Kijang Innova GR Sport -5

Beberapa negara tetangga mulai melirik model GR Sport di Indonesia

Bahkan ia juga menyebut beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina sudah tertarik dengan Toyota GR Sport. Negara-negara ini katanya sudah meminta contoh unit untuk dikirim dan menanyakan harga jika sampai negara masing-masing.

"Kalau sudah minta sample biasanya sudah tertarik, tinggal kita tunggu saja konfirmasinya. Kalau ada permintaan dari negara lain mengapa tidak untuk kita ekspor juga model GR Sport ini," tukas Anton.

Baca juga : Toyota Veloz GR Limited Vs Veloz Biasa, Tambah Fitur Sedikit Harganya Makin Mahal

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil