Model LMPV 2020: Wuling Confero dan Toyota Avanza, LMPV RWD yang Diminati

Enda · 4 Des, 2020 08:00

Model LMPV 2020: Wuling Confero dan Toyota Avanza, LMPV RWD yang Diminati 01

Model LMPV 2020

Low Multi Purpose Vehicle atau yang biasa disebut LMPV merupakan segmen mobil keluarga yang banyak diminati saat ini. Tidak hanya konsen disitu, pasalnya mobil golongan ini juga kerap kali digunakan sebagai mobil operasional yang serba bisa.

Di Indonesia, (hampir) setiap brand otomotif kendaraan roda empat memiliki produk LMPV khususnya mobil Jepangan.

Ingin tahu model LMPV 2020 apa saja yang dijual sampai detik ini? Simak terus ulasannya.

Model LMPV 2020

Berikut data mobil LMPV 2020 7-seater yang berhasil dirangkum dari sumber data GAIKINDO 2020.

1. Toyota New Avanza

2. Daihatsu Grand New Xenia

3. Honda New Mobilio

4. Mitsubishi Xpander

5. Nissan All New Livina

6. Renault Triber

7. Suzuki All New Ertiga

8. Wuling Confero

Alasan memilih model LMPV ini

1. Alasan memilih Toyota New Avanza

Nama Toyota Avanza memang sudah sangat melekat di hati keluarga Indonesia. Rebadge dari Daihatsu Grand New Xenia ini kembali mendapat penyegaran pada awal 2019 dengan tampilan fascia dan buritan yang lebih fresh dinamis.

Alasan utama Toyota New Avanza dipilih sebagian konsumen di Tanah Air, karena memiliki sistem penggerak Rear Wheel Drive (RWD) yang membuat mobil dengan mudahnya melahap berbagai trek jalan berkontur.

Selain itu, Toyota New Avanza ditawarkan dengan dua pilihan mesin 1.3L dan 1.5L yang cukup bertenaga. Secara spesfikasi, 1.329 cc 1NR-VE IL, 4 Cylinder, 16V, DOHC, Dual VVT-I mampu menghasilkan tenaga 96.5 PS @ 6.000 Rpm dan torsi 12.3 kgm @4.200 Rpm. Untuk 1.496 cc 2NR-VE IL, 4 Cylinder, 16V, DOHC, Dual VVT-I melecutkan tenaga 104 PS @6.000 Rom di angka torsi 13.9 kgm @4.200 Rpm. Keduanya sama-sama ditawarkan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Model LMPV 2020: Wuling Confero dan Toyota Avanza, LMPV RWD yang Diminati 03

2NR-VE mesin Toyota Avanza

Untuk memberikan kenyaman lebih, Toyota New Avanza disematkan fitur lebih lengkap dibanding generasi sebelumnya.

2. Alasan memilih Daihatsu Grand New Xenia

Model LMPV 2020: Wuling Confero dan Toyota Avanza, LMPV RWD yang Diminati 04

Daihatsu Xenia 2020

Memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan Toyota New Avanza, membuat sebagian calon konsumen Toyota New Avanza lebih memilih untuk memboyong Daihatsu Grand New Xenia.

Model LMPV 2020: Wuling Confero dan Toyota Avanza, LMPV RWD yang Diminati 05

Interior Daihatsu Xenia 2020

Alasan memilih Daihatsu Grand New Xenia karena ditawarkannya harga kendaraan baru yang lebih murah dibanding Toyota New Avanza. Selain alasan tadi, Daihatsu Grand New Xenia kini meninggalkan mesin 1.0L, dan menggantinya menjadi 1.3L & 1.5L persis seperti Toyota New Avanza.

3. Alasan memilih Honda New Mobilio

Honda New Mobilio dianggap sebagai LMPV paling Fun-to-Drive saat ini. Terlebih ketika generasi terbarunya berhasil disematkan Stability Control, yang membuat kestabilannya semakin baik lagi.

Menggunakan platform yang sama dengan Honda Brio, menjadikan Honda New Mobilio sebagai satu-satunya LMPV dengan ground clearance terendah saat ini. Punya jarak yang rendah dengan permukaan aspal, menjadikan Honda New Mobilio lebih aerodinamis dan unggul ketika bicara handling.

Honda New Mobilio juga digadang-gadang mempunyai mesin 1.5L dengan tenaga paling besar diantara kompetitornya.

Model LMPV 2020: Wuling Confero dan Toyota Avanza, LMPV RWD yang Diminati 07

Transmisi CVT Honda Mobilio 2020

L15Z1 SOHC berteknologi i-VTEC+DBW 4-silinder 1.496cc ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 118 PS @6.600 Rpm dan torsi 145 Nm @4.600 Rpm. Transmisi yang diberikan Honda kepada New Mobilio terkesan lebih smooth, karena menggunakan CVT dan manualnya memiliki 5 tingkat percepatan.

4. Alasan memilih Mitsubishi Xpander

Model LMPV 2020: Wuling Confero dan Toyota Avanza, LMPV RWD yang Diminati 08

Mitsubishi Xpander 2020

Sejak Mitsubishi menghadirkan Xpander pada 2017, sontak menarik banyak perhatian para pecinta otomotif Tanah Air. Tidak sedikit calon konsumen Toyota Avanza menjatuhkan pilihannya kepada Mitsubishi Xpander.

Alasan Mitsubishi Xpander banyak dipilih karena memiliki tampilan sangat atraktif, dinamis, dan mewah untuk urusan eksterior dan interiornya dibandingkan Toyota New Avanza.

Model LMPV 2020: Wuling Confero dan Toyota Avanza, LMPV RWD yang Diminati 09

Fitur Mitsubishi Xpander 2020

Selain itu, alasan lainnya ialah adanya fitur menarik seperti Brake Assist, Dual SRS Airbags, Active Stability Control (ASC), Traction Control (TCL), Hill Start Assist (HSA) Immobilizer hingga Cruise Control.

Mitsubishi Xpander, memiliki jantung mekanik 4A91 berkapasitas 1.500 cc.

Mesin berteknologi MIVEC dengan konfigurasi 4 silinder ini mampu menghasilkan tenaga 104 Hp dan torsi 141 Nm yang disalurkan melalui transmisi manual 5-percepatan ataupun otomatis 4-percepatan. Putaran tenaga yang dihasilkan diarahkan ke penggerak roda depan yang membuatnya lebih nyaman dibandingkan Avanza maupun Xenia.

5. Alasan Memilih Nissan All New Livina

Menggunakan platform yang sama dengan Mitsubishi Xpander, bukan berarti Nissan All New Livina kehilangan calon konusmennya. Pasalnya ada beberapa faktor yang membuat masyarakat lebih memilih Nissan All New Livina dibandingkan saudara kembarnya.

Nissan All New Livina sendiri diketahui dibandrol Rp208.3 juta - Rp272.1 juta. Harga yang ditawarkan ini lebih murah dari Mitsubishi Xpander tipe terendah maupun teratasnya.

Selain itu, Nissan All New Livina ditanami fitur yang terbilang lebih lengkap ketimbang Mitsubishi Xpander.

Model LMPV 2020: Wuling Confero dan Toyota Avanza, LMPV RWD yang Diminati 11

Buritan Nissan Livina 2020

Baik fitur keselamatan dan hiburannya, Nissan All New Livina berhasil disematkan Hill Start Assist, Vehicle Dynamic Control, Traction Control, Sensor Parkir dan layar sentuh berukuran 7 inci yang dapat tersambung pada Android auto dan Apple carplay.

Karena Nissan All New Livina memiliki spesifikasi yang sama dengan Mitsubishi Xpander, maka soal tenaga dan kenyamanannya tidak jauh berbeda.

6. Alasan memilih Renault Triber

Model LMPV 2020: Wuling Confero dan Toyota Avanza, LMPV RWD yang Diminati 12

Renault Triber 2020

Pabrikan otomotif jenama Perancis, Renault mencoba peruntukannya di kancah otomotif nasional dengan menghadirkan Triber. Renault Triber sendiri diketahui merupakan LMPV yang paling kecil diantara kompetitornya.

Renault Triber hanya memiliki dimensi panjang 3.990 mm, lebar 1.793 mm dan tinggi 1.643 mm. Oiya, Renault Triber ini sudah dilengkapi sistem pengaman berbentuk Keyless. Bicara sistem hiburan, sudah dibenamkan head unit sebesar 8 inci yang bisa dikoneksikan dengan smartphone berbasis Android dan iOS.

Model LMPV 2020: Wuling Confero dan Toyota Avanza, LMPV RWD yang Diminati 13

Interior Renault Triber 2020

Mesinya cuma 1.000 cc berteknologi dual VVT dengan tenaga 72 Bhp @6.250 Rpm serta 96 Nm @3.500 Rpm. Transmisinya ada dua, 5 percepatan manual dan automatic dengan easy-R technology. Dengan begitu konsumsi BBMnya mampu menempuh jarak 20 km/liter.

Sebagai alasan lainnya mengapa Renault Triber dipilih, bangku paling belakangnya bisa dicopot, loh! Ketika bangku dilepas, kapasitas bagasinya menjadi 625 liter, hebat bukan?

7. Alasan memilih Suzuki All New Ertiga

Suzuki All New Ertiga kini mendapatkan ubahan model secara kseluruhan yang terlihat lebih luxury dan agresif. Selain itu interiornya terlhat lebih mewah berkat adanya aksen kayu yang mengelilinginya.  

Sejak mendapatkan mesin baru K15B, Suzuki All New Ertiga mampu mencatat angka konsumsi BBM 16,73 km/liter untuk transmisi automatic dan 18,09 km/liter untuk transmisi manual, Berdasarkan ujicoba tes BT2MP.

Kenyataan lainnya, Suzuki All New Ertiga bisa lebih irit lagi. LMPV buatan Suzuki ini bisa mencatatkan angka 25 km/liter. Padahal mesin yang digunakan tergolong sepadan dengan LMPV lainnya 1.5L.

Model LMPV 2020: Wuling Confero dan Toyota Avanza, LMPV RWD yang Diminati 15

Konfigurasi Suzuki Ertiga 2020

Suzuki All New Ertiga juga terbilang lebih nyaman dibanding generasi sebelumnya, di mana mobil ini juga dilengkapi Hill Hold Control yang berfungsi menahan laju mobil pada saat berhenti di jalanan menanjak atau menurun, dan ada juga fitur Electronic Stability Program (ESP).

Bicara dapur pacu, Suzuki All New Ertiga masih dipilih karena menggunakan penggerak roda depannya yang bisa memberikan rasa nyaman berkendara. Secara spesifikasi, Suzuki All New Ertiga ditanami mesin K15B berteknologi DOHC VVT 1.462 cc yang dapat merilis tenaga hingga 105 PS @6.000 Rpm serta torsi puncak sebesar 138 Nm @4.400 Rpm.

Transmisi yang diberikan ada dua, manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

8. Alasan memilih Wuling Confero

Model LMPV 2020: Wuling Confero dan Toyota Avanza, LMPV RWD yang Diminati 16

Wuling Confero 2020

Di segmen kendaraan LMPV, Wuling Confero sebagai satu-satunya mobil China yang masuk dalam kelas ini.

Wuling Confero masih menjadi opsi utama calon konsumen yang mendambakan LMPV berpenggerak roda belakang. Alasan lainnya datang ketika bicara faktor kenyamanan, Wuling Confero dianggap lebih nyaman dan empuk dibandingkan Toyota New Avanza cs, berkat dihadirkannya jok model captain seat di baris keduanya.

Wuling Confero hadir hanya dalam satu pilihan mesin saja. Mesin berkubikas 1.485 cc P-TEC DOHC, DVVT ini mampu merilis tenaga 109 PS @5.800 Rpm di angka torsi 142 Nm @3.800-4.400 Rpm. Tenaga yang dihasilkan juga terbilang lebih besar dari Toyota New Avanza maupun Daihatsu Grand New Xenia.

Model LMPV 2020: Wuling Confero dan Toyota Avanza, LMPV RWD yang Diminati 17

Dashboard Wuling Confero 2020

Wuling Confero kini dihadrikan dua pilihan transmisi, manual 5 percepatan dan 6 speed with E-Clutch.

Selain itu, alasan mengapa Wuling Confero dipilih karena dibandrol dengan harga paling murah, fitur melimpah di segmen LMPV 1.500 cc.

Harga LMPV 2020

Berikut informasi harga LMPV 2020 On The Road Jakarta.

Harga LMPV 2020
Model Harga
Toyota New Avanza Rp197.700.000 - Rp230.350.000
Daihatsu Grand New Xenia Rp194.250.000 - Rp238.150.000
Honda New Mobilio Rp203.400.000 - Rp259.000.000
Mitsubishi Xpander Rp217.800.000 - Rp275.100.000
Nissan All New Livina Rp208.300.000 - Rp272.100.000
Renault Triber Rp133.000.000 - Rp184.900.000
Suzuki All New Ertiga Rp207.000.000 - Rp251.000.000
Wuling Confero Rp150.800.000 - Rp197.500.000

Kesimpulan

Hingga Kuartal III 2020, berdasarkan data penjualan kendaraan bermotor roda empat dari pabrik ke dealer (wholesales) menurut Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota Avanza berhasil menempati posisi kedua di bawah Honda Brio, dengan angka penjualan 25.104 unit sampai dengan Oktober.

Itu artinya mobil berpenggerak roda belakang ini masih menjadi alasan sebagian besar orang untuk dimiliki.

Mitsubishi Xpander, LMPV dengan penggerak roda depan, posisinya berada di bawah Toyota Avanza sebagai mobil nyaman, dengan fitur berlimpah, serta tampilan lebih atraktif dan luxury dibandingkan Toyota Avanza cs.

Komentar