Modifikasi: Suzuki Swift Tampil Makin Sporty, Enggak Kalah Ganteng Dibanding Mini Cooper S

Joe · 3 Jan 2021 08:00

Mobil hatchback Suzuki Swift jelas sudah tak asing bagi konsumen mobil di Indonesia.

Pasalnya mobil lansiran merek asal Jepang ini sempat di pasarkan di Tanah Air.

Hadir di segmen city car dengan bodi ringkas, Suzuki Swift di Indonesia sebelumnya hadir sebagai pesaing Honda Jazz dan Toyota Yaris termasuk Volkswagen Polo.

Untuk pasar Indonesia saat ini Suzuki Swift memang sudah tak dijual secara resmi dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), namun untuk pasar India dan Jepang, hatchback ini masih tersedia dan terus mendapatkan penyegaran.

Bahkan di pasar India, sampai sekarang Suzuki Swift masih dijual di bawah naungan keluarga besar Maruti Suzuki.

Maruti Suzuki Swift di India bersaing dengan beberapa kompetitor di segmen hatchback lima pintu seperti Honda Jazz, Hyundai i20 dan Volkswagen Polo.

Tingginya peminat dan pengguna mobil hatchback ini, membuat Maruti Suzuki Swift juga populer sebagai mobil yang kerap dimodifikasi.

Seperti yang diaplikasikan pada Maruti Suzuki Swift berkelir kuning ini.

Hal ini ditunjukkan oleh Rahul Singh melalui channel Youtubenya yang menggarap modifikasi hatchback lansiran Maruti Suzuki.

Unggahan modifikasi Maruti Suzuki Swift ini dibagi menjadi dua video.

Video pertama menunjukkan komponen-komponen mobil yang diganti, sedangkan video kedua mempertunjukkan pengecatan mobil serta finisihingnya.

Hasilnya, mobil berkapasitas lima penumpang ini mendapat cukup banyak ubahan yang mengusung gaya sporty.

Bahkan jika dilihat secara sepintas, mobil hatchback mungil ini malah tampak seperti sebuah Mini Cooper S, mobil sporty mewah lansiran merek asal Inggris.

Mari simak bagaimana proses detil pengerjaan modifikasi Maruti Suzuki Swift menjadi lebih sporty dengan gaya mirip Mini Cooper S ini.

Modifikasi Eksterior Suzuki Swift 

Dalam video yang diunggah Rahul Singh terlihat ada cukup banyak bagian eksterior yang diganti untuk Suzuki Swift yang digarapnya.

Bisa dibilang, hampir seluruh bagian yang bisa dicopot pada bagian eksterior digantinya.

Mulai dari grille, bumper depan, side skirt, dan bumper belakang diganti. Ia menggunakan Body Kit Maruti Suzuki Swift Sport yang meliputi bumper depan, bumper belakang, side skirt, dan grille. Termasuk garnish untuk bagian fog lamp.

Semua komponen tersebut terbuat dari bahan plastik ABS yang kualitasnya bisa dibilang cukup bagus. Dalam proses pemasangannya sensor parkir dari bumper bawaan harus dicopot. Lalu body kit Maruti Suzuki Swift Sport yang sudah dibeli tadi mau tak mau harus dilubangi secara manual karena body kit tersebut belum dilengkapi dengan lubang penempatan sensor parkir baik di depan maupun belakang. 

Proses pengerjaannya memang tak terlalu sulit, namun disarankan jika ingin mencoba melakukannya, lebih baik jika dibawa ke bengkel saja.

Selain itu, ia juga sedikit mengubah dudukan knalpot dan lubang pada bumper belakang. Tujuannya jelas untuk menyesuaikan bentuk dan memudahkan tail pipe masuk dan selaras dengan bagian bumpernya.

Perlu diketahui, dalam video tersebut hanya memperlihatkan pekerjaan yang mayoritas di bagian body kit saja.

Sementara, sebelumnya eksterior mobil sudah mendapat beberapa ubahan, seperti penyematan wing besar di bagian belakang yang sangat mencolok.

Begitu juga bagian kaki-kaki yang sudah direndahkan agar tampil lebih rata dengan tanah, sesuai dengan penggunaan pelek palang 10 bi-spoke berukuran 16 inci yang dibalut dengan ban bergaya rally  look.

Spion pun juga telah diganti dengan model after market bertema karbon untuk menguatkan kesan sporty-nya.

Perubahan Warna Two Tone Meningkatkan Aura Sporty

Perlu kembali diingat bahwa sebelum dilakukan penggantian body kit, Maruti Suzuki Swift ini sudah mendapat sejumlah perubahan termasuk warna.

Maruti Suzuki Swift dengan warna dasar kuning ini telah ditambahi beberapa aksen berwarna hitam, seperti pada bagian atap dan wing belakang yang mengusung kelir hitam serta spion dengan garnish karbon.

Dengan kombinasi warna tersebut jelas aura sporty Maruti Suzuki Swift ini semakin keluar.

Untuk part body kit yang baru diboyongnya, ia hanya mengubah cat dasarnya dari putih, dan mewarnainya dengan membalut sticker pada bagian utama seperti bumber depan dan belakang.

Sedangkan grille dicat ulang dengan kelir hitam glossy agar tampak makin macho termasuk pada emblem Suzukinya.

Begitu halnya dengan beberapa bagian garnish seperti side skirt, diffuser belakang, dan splitternya. Tentu tujuannya agar senada dengan aksen di atap dan wing belakang dan menegaskan gaya sporty. 

Spesifikasi Singkat Suzuki Swift

Dimensi
Kapasitas 5 Penumpang
Panjang 3.840 mm
Lebar 1.735 mm
Tinggi 1.530 mm
Sumbu Roda 2.450 mm
Mesin
Kapasitas 1.197 cc
Silinder 4
Power 82,9 PS / 6.000 rpm
Torsi 113 Nm / 4.200 rpm
Suspensi Depan Mac Pherson Strut
Suspensi Belakang Torsion Beam

Komentar

Mobil Terbaru