window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Modifikasi Toyota Raize Tampil Beda Ala SUV Klasik Amerika

Prasetyo · 18 Jan, 2023 20:03

Modifikasi Toyota Raize Tampil Beda Ala SUV Klasik Amerika 01

Modifikasi Toyota Raize yang umum dilakukan di Indonesia diantaranya bergaya alto atau city slicker. Bisa juga dengan penyematan velg diamater besar serta terpasang suspensi udara atau coilover agar tubuhnya makin dekat ke aspal.

Namun modifiksi Toyota Raize yang satu ini jauh berbeda. Perkenalkan, inilah Apline Style Havana yang muncul di Tokyo Auto Salon 2023, Jepang. Sekilas dari luar ia tampak seperti mobil SUV Amerika tahun 1980-an. Padahal basisnya adalah Toyota Raize.

Baca juga: 5 Modifikasi Daihatsu di Tokyo Auto Salon 2023, Kei Car Juga Bisa Buat Camping

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Modifikasi Toyota Raize Merombak Total Tampilan Luar

Modifikasi Toyota Raize Tampil Beda Ala SUV Klasik Amerika 01

Basisnya Toyota Raize

Alpine Style Havana sepertinya terinspirasi dari sosok Mitsuoka Buddy. Sebuah SUV bertampang klaisk yang juga dipasarkan di Jepang. Desain klasiknya terlihat dari fascia depan.

Modifikasi Toyota Raize Tampil Beda Ala SUV Klasik Amerika 02

Mitsuoka Buddy di Jepang

Misalnya di bagian gril depan bermotif persegi panjang ukuran kecil lantas bentuk bempernya juga mirip. Bedanya pada Havana dipasang lampu utama berbentuk kotak besar. Sementara aksen pada gril dan lampu utama serta bemper depan tetap chrome seperti Mitsuoka Buddy.

Modifikasi Toyota Raize Tampil Beda Ala SUV Klasik Amerika 03

Garis atap dan pilar masih mempertahankan mobil aslinya

Lanjut ke samping, kalau Anda melihat bagian ini baru bisa yakin kalau basis mobil ini kembaran Daihatsu Rocky. Hal tersebut tampak dari lengkung fender roda, garis atap, dan posisi pilar-pilar yang ternyata masih dipertahankan dari mobil aslinya.

Modifikasi Toyota Raize Tampil Beda Ala SUV Klasik Amerika 04

Dibelakang tambah ornamen kayu yang terlihat klasik

Sementara itu di bagian belakang Alpine Style ikut merombak layaknya front fascia. Desain lampu dan bemper mobil aslinya direvisi yang kini menggunakan aksen chrome. Kemudian pada pintu bagasi diberi pula tambahan ornamen kayu yang turut mengentalkan nuansa mobil-mobil Amerika klasik.

Baca juga: Modifikasi Honda Jazz, Tampil Ekstrim Cangkok Mesin V8

Interiornya Tak Banyak Berubah

Modifikasi Toyota Raize Tampil Beda Ala SUV Klasik Amerika 05

Pakai ban AT namun suspensi direndahkan

Kalau bagian luar perombakannya cukup radikal, maka tidak dengan ruang kabin Alpine Star Havana ini. Nuansa Toyota Raize masih sangat terasa disana.

Modifikasi Toyota Raize Tampil Beda Ala SUV Klasik Amerika 06

Cuma jok yang dilapis kulit baru

Lihat saja bagaimana layout dasbornya sama, konsol tengah juga sama, pun setirnya masih mempertahankan mobil aslinya. Hanya saja headunit sudah pakai produk aftermarket berukuran 9 inci yang terhubung dengan audio system dari Alpine. Kemudian joknya juga dilapis ulang dengan warna cokelat.

Modifikasi Toyota Raize Tampil Beda Ala SUV Klasik Amerika 07

Tampang Raize tak tersisa lagi

Sama seperti bagian interior, ruang mesinnya juga tetap dipertahankan kondisi asli. Yakni mesin 1.0-liter Turbo berkode 1KR-VET. Mesin Raize dan Rocky Turbo ini mampu menghasilkan tenaga 98 PS dengan torsi 143 Nm.

Baca juga: 5 Inspirasi Modifikasi Suzuki S-Presso, Biar Gak Keliatan Culun Lagi!

Harganya Rp470 Jutaan

Jika Anda bertanya-tanya apakah perusahaan ini memiliki hubungan dengan perusahaan audio asal Jepang? Benar. Alpine Style memang merupakan sub-divisi aftermarket dari perusahaan in-car entertainment Alpine.

Modifikasi Toyota Raize Tampil Beda Ala SUV Klasik Amerika 08

Muncul di Tokyo Auto Salon 2023

Dan modifikasi Toyota Raize ini bukan cuma dipajang. Kalau berminat pihak Alpine Star akan menyediakannya buat Anda. Cukup siapkan dana 4 juta Yen atau kira-kira Rp472 juta. Angka ini sudah termasuk unit mobilnya, jadi konsumen akan mendapatkan satu unit Alpine Star Havana yang sudah jadi, termasuk kostumisasi warna eksterior dan interior sesuai selera pemesan.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil