window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Molor Lagi, Pemerintah Umumkan Besaran Subsidi Mobil Listrik jadi 1 April 2023

Herdi · 21 Mar, 2023 11:01

Molor Lagi, Pemerintah Umumkan Besaran Subsidi Mobil Listrik jadi 1 April 2023 01

Pemerintah mengumumkan pemberian subsidi mobil listrik melalui program bantuan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) untuk bus dan mobil listrik menjadi 1 April 2023 mendatang. Informasi ini disampaikan langsung Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

"Saat ini proses finalisasi (untuk mobil listrik) tengah kami rampungkan bersama,"ungkap Luhut saat mengumumkan pemberian bantuan KBLBB di kantor Kemenko Marves, di Jakarta, Senin malam (20/3/2023).

Baca juga: Subsidi Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air ev Bakal Dikisaran Rp25-80 Juta

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meluncurkan bantuan percepatan program KBLBB, di kantor Kemenko Marves, Jakarta, Senin (20/3/2023).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meluncurkan bantuan percepatan program KBLBB

Kata Luhut, ekosistem industri KBLBB merupakan sektor strategis yang memiliki potensi besar untuk mendukung pembangunan berkelanjutan, mempercepat inovasi, dan mempercepat dekarbonisasi di Indonesia. 

Maka dari itu jika mobil listrik diberikan bantuan, maka hal ini juga bisa mempermudah masyarakat untuk memiliki dengan harga yang lebih terjangkau dari sekarang. Alhasil, subsidi mobil listrik bisa mendorong percepatan ekosistem elektrifikasi.

Baca juga: Pengisian Mobil Listrik Tercepat di Indonesia, Hyundai Ultra Fast Charging untuk 0-80 Persen Hanya Cukup 18 Menit

Keuntungan Diterapkannya Subsidi Mobil Listrik

Ilustrasi mobil listrik sedang dilakukan pengesan

Ekosistem mobil listrik akan berkembang

Luhut menyatakan, berbagai kebijakan yang mendukung program KBLBB termasuk mobil listrik, diharapkan industri transportasi Indonesia dapat bertransformasi menuju ke arah industri yang lebih hijau. Sebab kata dia, industri yang terbangun nantinya juga akan memperkuat posisi Indonesia di rantai nilai sumber daya mineral, baterai, serta kendaraan.

Oleh sebab itu, Luhut menyatakan bahwa Indonesia harus cepat bergerak memberikan insentif untuk mobil listrik, agar di kemudian hari Indonesia bisa memimpin pasar kendaraan elektrifikasi. Dia juga mengatakan, dengan pemberian subsidi mobil listrik maka program merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam meningkatkan kemandirian energi Indonesia.

Ilustrasi mobil listrik sedang dilakukan pengesan

Biar harga mobil listrik makin terjangkau

"Saat ini, Indonesia merupakan negara importir BBM fosil sehingga peningkatan adopsi KBLBB dapat mengurangi ketergantungan terhadap BBM fosil tersebut, dan dapat memperkuat neraca perdagangan Indonesia," jelas Luhut.

Luhut menyebutkan, jika Indonesia berhasil mentransformasi dan mengelektrifikasi sektor transportasi, maka hal ini dapat mengurangi dampak negatif emisi gas rumah kaca yang membantu pemenuhan komitmen Net Zero Emission dan memberikan kualitas lingkungan yang lebih baik di masa depan.

Baca juga: 11 Mobil Listrik yang Tak Dapat Subsidi dari Pemerintah

Program KBLBB Membuka Lapangan Kerja

Deretan mobil listrik yang belum mendapatkan subsidi

Deretan mobil listrik yang belum mendapatkan subsidi

Selain menyoal lingkungan yang lebih hijau, diaturnya program KBLBB oleh pemerintah, maka dipercaya dapat memberikan dampak positif lainnya bagi masyarakat di Tanah Air. Khususnya perihal lapangan kerja.

"Percepatan program KBLBB ini nantinya juga akan memberikan dampak positif bagi membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya khususnya di ekosistem industri KBLBB," tambahnya.

Syarat Mendapatkan Bantuan Pemerintah

Hyundai ioniq 5 dan Wuling Air ev

Hyundai ioniq 5 dan Wuling Air ev

Karena kebijakan mobil listrik akan diterapkan pada 1 April 2023, maka untuk detail syaratnya memang belum disebutkan. Akan tetapi, saat pertemuan sebelumnya, untuk mendapatkan bantuan pemerintah dari pemerintah, setidaknya ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi.

Ya, syarat tersebut adalah brand harus melakukan proses produksi di dalam negeri, selain itu brand tersebut memenuhi ketentuan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) minimal 40 persen yang dibuktikan dengan adanya sertifikat dan sesuai undang-undang. 

Nah, dari sejumlah mobil listrik yang sudah ada di Indonesia, namun saat ini hanya ada dua brand yang memenuhi syarat yaitu, Hyundai dengan Ioniq 5 dan Wuling melalui Air ev. Kedua mobil ini diklaim diproduksi secara lokal dan TKDN sudah mencapai 40 persen.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia